Ini 5 Tips Menyiram Tanaman yang Baik dan Benar

Ini 5 Tips Menyiram Tanaman yang Baik dan Benar

02 Jun 2021 by kreditpintar
Ini 5 Tips Menyiram Tanaman yang Baik dan Benar

Salah satu hobi yang populer di masa pandemi ini adalah memelihara tanaman di rumah. Banyak orang yang berlomba-lomba memelihara berbagai macam jenis tanaman. Bahkan tidak tanggung-tanggung ada yang rela mengeluarkan biaya yang cukup besar hanya untuk mendapatkan satu jenis tanaman. Beberapa tanaman pun cukup viral di sosial media karena harganya yang cukup fantastis. Sangat disayangkan bukan ketika Sobat Pintar membeli tanaman mahal tetapi Sobat Pintar tidak tahu cara merawatnya dengan benar. Merawat tanaman juga memerlukan teknik dan cara yang benar agar tanaman Sobat Pintar bisa sehat. Tapi ternyata tidak semua orang tahu cara menyiram tanaman dengan benar. Banyak orang yang berpikir dengan melakukan penyiraman sesering mungkin dapat membuat tanaman tumbuh dengan subur. 

Padahal hal ini tidaklah benar karena jika terlalu sering melakukan penyiraman dapat menyebabkan tanaman cepat membusuk dan dapat menyebabkan akar tanaman tidak berkembang.

Oleh karena itu, tanaman harus disiram pada waktu yang tepat dengan jumlah air yang cukup sehingga tanaman juga bertumbuh dengan baik. Nah untuk mengetahui cara menyiram tanaman dengan benar, berikut ini adalah tips menyiram tanaman yang dapat Sobat Pintar lakukan.

1. Menyiram Tanaman Di Waktu Yang Tepat

Jika Sobat Pintar adalah salah satu orang yang hobi memelihara tanaman, tentu Sobat Pintar harus tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan penyiraman. Yang pertama tips menyiram tanaman di musim kemarau, waktu yang tepat untuk menyiram tanaman di musim kemarau adalah di pagi dan sore hari. Sedangkan di musim hujan, cukup menyiramnya satu kali saja di pagi atau sore hari. 

Dan hindari melakukan penyiraman di siang hari karena sinar matahari terlalu kuat sehingga menyebabkan air menguap sebelum terkena akar.

2. Perhatikan Jumlah Air

Memberikan jumlah air yang cukup dapat membuat tanaman tumbuh dengan lebih baik. Oleh karena itu Sobat Pintar harus pastikan memberi air yang cukup dan tidak berlebihan sehingga akar tanaman tidak mudah membusuk atau terkena hama.

3. Pastikan Mengenai Semua Bagian Tanaman

Pada saat Sobat Pintar menyiram tanaman pastikan mengenai semua bagian tanaman tidak hanya bagian akar saja. Siramlah mulai dari bagian daun dan batang supaya tanaman tidak mudah kering meskipun di tengah teriknya sinar matahari.

4. Menyiram Tanaman Dengan Air Bekas Cucian Beras

Siapa sangka air bekas cucian beras dapat dimanfaatkan untuk menyiram tanaman. Air bekas cucian beras dapat dijadikan pupuk organik cair. Hal ini dikarenakan air bekas cucian beras memiliki kandungan seperti protein dan zat perangsang tumbuh pada tanaman. Selain itu air cucian beras juga dapat membuat tanaman menjadi subur dan memperlancar pembuahan tanaman.

5. Menggunakan Alat Penyiraman Tanaman

Jika Sobat Pintar tidak mau ribet atau kesulitan dalam masalah ini, Sobat Pintar dapat memanfaatkan beberapa alat bantu penyiraman tanaman. Misalnya, alat bantu yang dapat digunakan yaitu, selang, gayung, dan penyiraman tanaman otomatis.

Nah itulah beberapa tips menyiram tanaman yang dapat Sobat Pintar terapkan dirumah. Tentunya Sobat Pintar mau tanaman Sobat Pintar sehat dan pasti Sobat Pintar melakukan perawatan ekstra.

Jangan sampai keliru yah, karena merawat tanaman yang berlebihan tidak baik untuk tanaman itu sendiri. Cukup lakukan tips diatas maka tanaman Sobat Pintar akan sehat dan terlihat segar.

Manakah tips menyiram tanaman yang sudah Sobat Pintarme lakukan selama ini?

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk