5 Tanda Sobat Pintar Butuh Ajukan Refinancing

06 Sep 2021 by Laruan

Ketahui cara Refinancing, atau pembiayaan ulang sebagai alternatif baru pelunasan pinjaman dengan cara yang mudah dengan bunga lebih rendah. Saat ini mulai banyak bank menawarkan layanan refinancing, atau secara gambling dibahasa Indonesiakan sebagai ‘mengatur keuangan ulang’. Bila dijelaskan lebih panjang, maka pembiayaan ulang adalah suatu layanan yang berfungsi untuk mengganti kewajiban hutang Sobat Pintar dengan melakukan kewajiban hutang lain yang memiliki ketentuan yang berbeda. Berbagai bank juga memiliki layanan serupa dengan nama lain seperti KPR ulang baik untuk transaksi jual-beli rumah atau mobil. Berikut kita bahas lengkap mengenai pembiayaan ulang, dan ketahui macam-macam kriteria, dan cara-caranya.

Bagaimana cara menjadi partisipan survey online? Cari tahu di sini.

5 Tanda Sobat Pintar Butuh Ajukan Refinancing

1. Kriteria Sobat Pintar butuh Refinancing:

5 Tanda Sobat Pintar Butuh Ajukan Refinancing

Walaupun pembiayaan ulang berkesan tidak berpengaruh pada keuangan Sobat Pintar, tetapi hal ini lumrah dilakukan, dikarenakan bunga yang lebih kecil dianggap mampu untuk meringankan pelunasan utang baik perorangan atau perusahaan. Skenarionya seperti ini, apabila Sobat Pintar membeli rumah 500 juta untuk tenor 15 tahun dengan bunga kumulatif 20%, maka Sobat Pintar harus membayar hingga 100 juta hanya untuk bunga bank itu sendiri. Disinilah fungsi pembiayaan ulang, yaitu untuk memotong bunga bank yang berlebih hingga 10% (tergantung dari lembaga penyedia pinjaman).

Berikut adalah hal-hal lain yang menjadikan Sobat Pintar butuh pembiayaan ulang:

a. Bangkrut karena Pandemi.

Sudah bukan hal yang asing lagi melihat banyak perusahaan yang gulung tikar karena terkena imbas pandemi. Bahkan perusahaan besar seperti department store pun juga tidak sanggup untuk membiayai berbagai maintenance serta berbagai macam kebutuhan lain di masa krisis ini. Apabila Sobat Pintar salah satunya, mungkin ini saat yang bijak untuk mulai perhitungan ulang.  

b. Bunga KPR terlampau tinggi.

Bunga KPR di bank konvensional memang terkenal tinggi, apalagi yang semakin meningkat setiap tahunnya. Disaat berjalan awal tahun mencicil, mungkin belum terasa perbedaannya, namun seiring waktu berjalan ketika mulai banyak kebutuhan menuntut, beban cicilan akan semakin terasa, dan mungkin akan mengacaukan beberapa rencanamu kedepan. Jika tidak segera dilakukan tindakan seperti pembiayaan ulang, maka Sobat Pintar harus menanggung akibatnya.

c. Membutuhkan dana lain.

Dana untuk cicilan KPR Sobat Pintar sekarang bisa ditekan lagi, karena angka 1% bisa sejumlah hingga Rp 500.000 dalam cicilan rumah.

d. Hutang menumpuk.

Sobat Pintar sudah menunggak kartu kredit hingga 5 bulan gaji Sobat Pintar, sehingga Sobat Pintar butuh pengelolaan dana ulang. 

e. Sobat Pintar memiliki dana lebih.

Alasan lain untuk pembiayaan ulang adalah, Sobat Pintar juga mampu untuk membayar cicilan lebih cepat daripada yang telah disepakati. Maka Sobat Pintar akan mendapat bunga yang lebih kecil untuk kedepannya. 

Beberapa hal yang perlu Sobat Pintar ingat adalah, pembiayaan ulang berarti Sobat Pintar mengajukan hutang baru, yang hanya akan meringankan hutang lama, tetapi tidak serta merta menghapus hutang Sobat Pintar.

Keringanan cicilan juga tidak akan secara signifikan hingga 50%, namun membantu Sobat Pintar untuk memiliki belanja bulanan yang sedikit lebih banyak tiap bulannya.  Pengajuan pembiayaan ulang juga membutuhkan agunan dari Sobat Pintar, untuk menjamin Sobat Pintar untuk membayar setiap bulannya 

Dua macam cara Refinancing

Kemudian bagaimana caranya saya bisa memulai pembiayaan ulang?

a. Pembiayaan ulang dengan orang terdekat.

Dengan cara kekeluargaan dan modal sayang dan anti gengsi, maka Sobat Pintar juga bisa meminjam uang ke keluarga, ataupun kerabat-kerabatmu yang kamu tau bisa dipercaya. Tumbuhkan rasa percaya dengan sekitarmu, maka mereka akan senantiasa membantu kamu. Bergembiralah, bahkan antar orang terdekat pun seringkali tidak akan menyertakan bunga. 

b. Ajukan Pinjaman baru ke lembaga penyedia pinjaman.

Pastikan Sobat Pintar mengajukan pinjaman ke sumber-sumber terpercaya seperti lembaga perbankan, ataupun segala lembaga penyedia pinjaman yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hindari pinjaman dari SMS, chat gelap, ataupun telepon aneh, karena hal tersebut kemungkinan besar adalah penipuan. Salah satu solusi terbaik dalam pinjaman online atau mencari jasa pembiayaan ulang adalah dengan Kredit Pintar.

Dalam lembaga penyedia pinjaman, terdapat tiga cara pembiayaan ulang yang kemungkinan ditawarkan kepada Sobat Pintar. Yaitu:

a. Rate-and-term, yaitu dengan melunasi hutang lama dengan hutang baru yang bunganya cenderung lebih rendah.

b. Cash-out, ketika aset yang diagunkan harganya meningkat. Tipe ini mengizinkan Sobat Pintar untuk menarik uang tunai dengan masih memiliki hak milik pada aset tersebut

c. Cash-in, yaitu membayar sebagian dari hutang Sobat Pintar agar nilai bunga kedepan menjadi lebih kecil.

Perbankan Nasional dengan Layanan KPR Refinancing

5 Tanda Sobat Pintar Butuh Ajukan Refinancing

Dalam rangka membantu Sobat Pintar dalam meringankan beban keuangan, maka banyak dari perbankan yang membuat layanan pembiayaan ulang. Syarat-syaratnya berupa persiapkan dokumen saja dan mental yang kuat untuk melunasi hutang. 

Lain ladang lain belalang, namun secara umum dokumen yang perlu Sobat Pintar siapkan adalah:

  • Slip gaji Penghasilan 1-3 bulan terakhir 
  • Fotokopi Rekening atau Tabungan 3 bulan terakhir
  • Fotokopi Kartu Keluarga 
  • Fotokopi KTP Pemohon 
  • Fotokopi KTP Suami/Istri 
  • Fotokopi Akte Nikah/ Cerai/ Akta Kematian Pasangan (Tentatif)
  • Fotokopi NPWP Pemohon

Hindari Berbagai macam layanan pembiayaan ulang yang ditawarkan oleh pihak-pihak tidak jelas. Selain melakukan pinjaman online yang kredibel oleh Kredit Pintar, berikut adalah  perusahaan perbankan yang menerima pembiayaan ulang KPR:

  1. KPR Refinancing BCA

Sobat Pintar bisa mempercayakan jasa KPR BCA Refinancing  untuk  berbagai kebutuhan seperti biaya  kesehatan, pernikahan, sampai pendidikan. KPR BCA Refinancing bebas penalti (dengan ketentuan berlaku lainnya) baik untuk pelunasan sebagian atau seluruhnya.

  1. BRI KPR Refinancing

Selain refinancing BRI juga memberikan layanan top up. Sobat Pintar hanya perlu memiliki rekening BRItama dan mengisi formulir KPR Refinancing. Domisili debitur harus berada di kota dimana Kantor Cabang Sobat Pintar mengajukan KPR. Terakhir melampirkan dokumen kredit yang diperlukan. 

  1. KPR Refinancing BNI

Melalui BNI GRIYA, Sobat Pintar bisa Refinancing berbagai property, seperti rumah tinggal, kondominium, villa, apartemen, rumah toko, rumah kantor, bahkan tanah kavling.

  1. Mandiri KPR Top Up 

Layanan ini merupakan penambahan limit kredit untuk cicilan KPR yang sudah berjalan minimal satu tahun, dan harus berjalan lancar selama enam bulan terakhir. 

  1. Panin KPR Refinancing

Panin Bank memberikan layanan KPR X-TRA, dengan fasilitas kredit refinancing yang berlaku untuk tanah dan bangunan atas nama calon debitur / keluarga. 

  1. Permata KPR Refinancing

Layanan refinancing berupa kebutuhan top up dana tunai dengan agunan KPR yang ada. Fasilitas top up lewat refinancing KPR memiliki fungsi untuk pembiayaan tambahan atas properti yang telah dijaminkan di Bank Permata.

  1. Danamon KPR Top Up

Penawaran program Top Up dari Bank Danamon, sebagai tambahan kredit yang diberikan kepada Sobat Pintar. Yaitu nasabah dengan cicilan KPR yang memiliki jaminan berupa properti dengan kondisi 100% bangunan jadi. 

  1. Refinancing KPR CIMB Niaga

Terakhir, Sobat Pintar bisa refinancing KPR di CIMB Niaga dengan Top Up pinjaman KPR setelah 1 tahun berjalan. Keunggulan refinancing di Niaga adalah memberikan pinjaman sampai dengan 25 tahun, dengan tenor yang juga mengikuti.

Belajar mengenai Refinancing baik dari fungsi hingga caranya, akan membantumu dalam mengatur keuanganmu di masa yang akan datang, dan menyiasati pinjaman online lainnya.

Waspadai SIM Swap Fraud!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload