Ingin Meraih Kebebasan Finansial? Mulai 5 Kebiasaan Ini!

10 Dec 2018 by Edwin
Ingin Meraih Kebebasan Finansial? Mulai 5 Kebiasaan Ini!

Kebebasan finansial bukan berarti Sobat Pintar harus kaya raya. Kebebasan finansial bisa diartikan sebagai bebas dari seluruh tanggungan maupun kekhawatiran akan kecukupan harta untuk hidup di masa depan. Mencapai kebebasan finansial adalah tujuan sebagian besar orang. Padahal, kebebasan finansial merupakan target yang berbeda-beda dari setiap orang. Jadi ini sebenarnya bergantung pada keinginan Sobat Pintar saja ingin hidup bagaimana. Kalau Sobat Pintar sudah punya banyak harta namun masih saja bekerja keras untuk mencapai hidup yang diinginkan, itu berarti Sobat Pintar belum bebas secara finansial.

Bila ingin merasakan kebebasan finansial, berikut ada 5 kebiasaan yang bisa membantu Sobat Pintar:

Lunasi semua hutang

Melunasi semua hutang yang Sobat Pintar miliki adalah langkah awal kebebasan finansial. Tanggungan hutang bagai rantai yang terikat di kaki, memberatkan Sobat Pintar dalam mencapai tujuan keuangan pribadi. Membebaskan diri dari hutang bisa dilakukan dengan mudah, sesuai dengan kemampuan finansial Sobat Pintar saat ini.

Jangan terbawa tren!

Di zaman ini mudah sekali untuk terpengaruh tren yang sedang berkembang. Baik tren fashion, tren smartphone terbaru, hingga tren Instastory makan di tempat mewah. Kalau Sobat Pintar tidak berhati-hati, bisa-bisa terjebak dalam lingkaran tren yang tak berkesudahan dan menimbulkan kerugian finansial yang besar.

Sah-sah saja kok kalau ingin mengikuti perkembangan tren, namun Sobat Pintar juga harus mempertimbangkan apakah tren yang sedang diikuti masuk ke dalam kebutuhan atau tidak. Jangan sampai rugi gara-gara mengikuti tren saja, Sobat Pintar!

Gunakan barang dengan baik

Hal ini perlu dilakukan demi menghindarkan diri dari biaya perawatan barang ataupun pengeluaran tak terduga lain akibat barang yang Sobat Pintar gunakan mengalami kerusakan. Misalnya saat musim hujan ini, demi menghindarkan dari biaya service kendaraan, Sobat Pintar lebih baik menggunakan moda transportasi umum. Atau wajib cuci kendaraan setelah dipakai untuk menerjang hujan agar tidak ada bagian yang karatan dan merusak kinerja mesin. Intinya, selalu gunakan barang milik Sobat Pintar dengan baik dan lakukan perawatan secara rutin agar terhindar dari pengeluaran tak terduga.

Cari penghasilan tambahan untuk ditabung!

Bekerja sampingan bisa jadi pilihan kalau Sobat Pintar ingin mendapat penghasilan tambahan guna meraih kebebasan finansial. Memang akan menambah beban kerja dan lebih menguras tenaga, namun penghasilan yang didapatkan jangan dipakai untuk memanjakan diri berlebihan! Penghasilan dari kerja sampingan harus Sobat Pintar tabung agar bisa mencapai kebebasan finansial lebih awal!

Berhenti bergantung dengan gaji

Ini sebenarnya salah satu indikasi ketika Sobat Pintar sudah mencapai kebebasan finansial. Kalau Sobat Pintar sudah tidak bergantung dengan gaji dan tidak pusing memikirkan kebutuhan hari esok, tandanya keuangan Sobat Pintar sudah mapan. Banyak caranya agar tidak bergantung dengan gaji, salah satu caranya adalah dengan mencari sumber passive income.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

mobile-closeKredit PintarDownload