5 Investasi Yang Menguntungkan Tahun 2021

23 Jun 2021 by Laruan
5 Investasi Yang Menguntungkan Tahun 2021

Pandemi Covid-19 telah mengubah stigma masyarakat mengenai keuangan. Era sulit seperti sekarang ini menjadi pukulan keras bagi semua orang bahwa pengelolaan keuangan yang baik dan bijak jadi hal yang harus dilakukan sedari dini. Senada dengan hal tersebut, investasi merupakan satu-satunya cara yang paling efektif untuk menyelamatkan kita dari hal-hal yang tak terduga di masa yang akan datang. Kini banyak orang berbondong-bondong untuk mencari investasi yang menguntungkan di tahun 2021.

Sebelum melangkah begitu jauh, kita harus pahami bahwa investasi merupakan passive income yang dapat kita gunakan untuk dana pendidikan, dana darurat, dana kesehatan bahkan dana pensiun. Saat ini instrumen untuk melakukan investasi sangatlah beragam. Setiap instrumen memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing serta memiliki risiko yang berbeda-beda pula. Berdasarkan penjelasan diatas, berikut ini adalah 5 investasi yang menguntungkan di tahun 2021 yang dapat Sobat Pintar pelajari dan Sobat Pintar coba.

1. Saham

Investasi saham merupakan instrumen yang paling populer dan umum digunakan. Investasi saham adalah salah satu investasi yang high risk high return yakni punya risiko tinggi namun return atau hasil yang kita dapat juga besar. Itu sebabnya, saham ada pada urutan pertama dari daftar investasi yang menguntungkan tahun 2021. Sebelum investasi di dunia saham, Sobat Pintar harus benar-benar memahami alur kerja perusahaan yang Sobat Pintar bidik, laporan keuangan dan nilai-nilai yang sifatnya fundamental dari perusahaan tersebut. 

Jangan mudah tergiur dengan tawaran dengan iming-iming return atau hasil yang besar sebagai investasi yang menguntungkan di tahun 2021. Cobalah mengukur secara seimbang antara risiko dan hasil yang didapat. Investasi saham memang dapat memberikan keuntungan yang sangat besar, namun hal itu hanya terjadi jika kita memilih perusahaan yang tepat. Pastikan Sobat Pintar memiliki pengetahuan yang cukup sebelum terjun ke dunia investasi saham.

2. Emas

Sedari dulu emas jadi primadona bagi sejumlah orang untuk melakukan investasi. Harga emas yang cukup stabil dan cenderung naik setiap tahunnya jadi alasan utama mengapa investasi di segmentasi emas adalah investasi yang menguntungkan dan cukup aman di tahun 2021. Saat ini, Sobat Pintar juga dapat dengan mudah menemukan platform untuk melakukan investasi emas secara online. Namun pastikan Sobat Pintar memilih lembaga atau perusahaan yang kredibel dan bukan abal-abal.

3. Reksa Dana

Dari sejumlah investasi yang ada, Reksadana merupakan investasi yang memiliki risiko paling rendah. Walaupun risiko rendah, hasil yang kita dapat juga terbilang kecil. Kita bisa mulai berinvestasi di reksa dana dengan dana kecil yakni mulai dari ratusan ribu rupiah saja. Dana yang kita setorkan kemudian akan dikelola oleh Manajer Investasi untuk diinvestasikan kembali ke bursa atau portfolio yang lebih menjanjikan. Meskipun keuntungan yang diberikan tergolong kecil, namun jika investasi ini kita lakukan selama bertahun-tahun akan sangat menolong kita di masa depan. 

4. Peer to Peer (P2P) Lending

Investasi yang menguntungkan tahun 2021 berikutnya adalah Peer to Peer (P2P) Lending. Instrumen ini digadang-gadang akan menjadi salah satu cara untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Sederhananya P2P Lending adalah penyaluran dana untuk mengelola bisnis atau usaha dan tidak untuk keperluan yang sifatnya konsumtif. Sobat Pintar perlu berhati-hati untuk investasi di segmentasi P2P Lending karena banyak sekali website atau aplikasi yang terbukti menipu para penggunanya. Pastikan Sobat Pintar memilih platform P2P Lending yang telah lolos pengecekan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

5. Investasi Diri Sendiri 

investasi diri sendiri

Investasi yang menguntungkan di tahun 2021 yang terakhir adalah investasi diri sendiri. Dengan mengembangkan diri sendiri dari segala sisi mulai dari kesehatan dan skill atau kemampuan yang Sobat Pintar miliki, hal ini akan meningkatkan penghasilan Sobat Pintar di masa yang akan datang. 

Perbanyak pengetahuan dengan membaca buku, mengikuti seminar, atau menghabiskan waktu dengan orang yang lebih sukse. Investasi diri sendiri dapat Sobat Pintar lakukan berbarengan dengan investasi di instrumen lainnya. Dengan hal ini, keuangan jangka panjang Sobat Pintar akan meningkat sebanding dengan kualitas hidup Sobat Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload