5 Cara Meningkatkan Daya Saing Bisnis

15 Jul 2021 by Laruan

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang terus berubah-ubah, tak hanya mempengaruhi aspek kehidupan manusia dalam hal sosialisasi, namun juga berbisnis. 

Kini, banyak bisnis-bisnis baru yang tumbuh dengan pesat dengan ide-ide unik dan menarik. Tentunya hal ini membuat persaingan antar pebisnis lain meningkat. 

Nah, untuk bertahan di tengah meningkatnya daya saing bisnis ini, tentunya Sobat Pintar juga harus mempertahankan daya saing bisnis yang kuat dalam bisnis yang dimiliki agar bisa menghadapi persaingan bisnis yang lebih besar. 

Cara Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Ada sejumlah cara meningkatkan daya saing bisnis yang bisa dijadikan referensi untuk meningkatkan persaingan bisnis Sobat Pintar. Nah, untuk menyiasati hal itu ada tips dan cara meningkatkan daya saing bisnis dengan modal minim yang bisa Sobat Pintar implementasikan. 

Yuk, simak penjelasannya berikut ini. Semoga berhasil! 

  1. Fokus pada Apa yang Diinginkan dan Dibutuhkan

Mulailah memikirkan apa peran Sobat Pintar dan karyawan dalam bisnis sehingga dapat mencapai tujuan dari bisnis yang sedang dibangun? Menjawab pertanyaan ini mungkin tak sesederhana itu. Atau, kapan terakhir kali Sobat Pintar serius memikirkan rencana bisnis dan bagaimana teknologi berkontribusi dalam mencapai tujuan bisnis?

Ini tidak mengacu pada perencanaan dan penganggaran tahunan, melainkan penilaian dan diskusi serius tentang di mana perusahaan harus menghabiskan lebih banyak atau lebih sedikit modal untuk bisnis serta bagaimana hal itu berdampak pada biaya, pendapatan, dan keuntungan.

Habiskan waktu dengan rekan-rekan Sobat Pintar, luangkan waktu untuk mengamati cara bisnis sebenarnya beroperasi. Kemudian diskusikan apa saja yang dibutuhkan dari bisnis Sobat Pintar ini. 

  1. Memprediksi Masa Depan

Sobat Pintar tidak memerlukan bola kristal untuk memprediksi masa depan, tetapi dibutuhkan kreativitas dan pemikiran out of the box untuk memprediksi tren dan perilaku konsumen sehingga persaingan bisnis meningkat.

Pikirkan visi dan misi jangka panjang bisnis Sobat Pintar. Ada banyak contoh pengusaha yang ‘memprediksi masa depan’ dengan memperkuat visi misiya. Salah satunya ialah Henry Ford. sejak tahun 1903, ketika Henry Ford meluncurkan Ford Motor Company, pengusaha perintis ini menggunakan prediksinya yang out of the box untuk meningkatkan daya saing bisnisnya sehingga dapat bertahan sampai saat ini. 

Visi jangka panjang untuk bisnis Sobat Pintar sangat penting dan dalam banyak kasus, Sobat Pintar harus berinovasi dan mencari tahu tren apa yang mungkin muncul di pasar sebelum muncul. Menurut Steve Jobs: “Seringkali, orang tidak tahu apa yang mereka inginkan sampai Sobat Pintar menunjukkannya kepada mereka.”

  1. Menanggapi Perubahan Pasar

Pasar yang tak stabil, perubahan teknologi yang kian canggih adalah tantangan yang harus dihadapi para pengusaha supaya bisnisnya tetap memiliki daya saing tinggi. Dalam satu contoh kasus, Jon Rush, pendiri C7 Device Recycle mengalami harus berhadapan dengan perubahan pasar. Setelah berkarir selama 10 tahun di industri ponsel, Rush diberitahu bahwa Sprint tidak akan memperbarui kontraknya.

Rush pun sempat bankrut tanpa penghasilan atau rencana ke depan dengan beban keluarga yang harus dinafkahi. Jadi apa yang dia lakukan? Dia mulai berpikir cerdas dan menanggapi perubahan pasar dengan berkonsultasi dengan mantan pelanggan Sprint tentang cara meningkatkan komunikasi nirkabel mereka.

Dalam beberapa bulan, dia telah mengumpulkan cukup informasi untuk melihat celah di pasar untuk memperbarui ponsel lama dan mendirikan bisnis barunya, C7 Device Recycle. Dari startup bootstrap hingga menghasilkan hampir setengah juta pendapatan di tahun pertamanya. 

“Ketika saya menyadari bahwa lebih dari 100 juta perangkat berpindah tangan setiap tahun di AS saja, saya menyadari ini bukan hanya industri besar yang dapat menghasilkan arus kas yang luar biasa tetapi juga peluang daur ulang yang luar biasa. Bahkan ponsel lama yang sudah ketinggalan zaman biasanya dapat menemukan rumah dengan pemasaran yang tepat.” ujar Rush seperti yang dikutip dalam business.com. Oleh sebab itu, berinovasi dan selalu beradaptasi dengan perubahan pasar adalah cara meningkatkan daya saing bisnis terbaik. 

  1. Terbuka untuk Peluang Baru

Sobat Pintar mungkin telah memulai bisnis Sobat Pintar untuk satu tujuan, tetapi bukan berarti bahwa bisnis Sobat Pintar tidak boleh dan tidak dapat berkembang untuk menawarkan produk dan layanan lain juga.

Bisnis sukses adalah bisnis yang terus berkembang untuk memenuhi permintaan pasar yang berubah-ubah. Oleh karena itu, terbuka untuk peluang baru bisa jadi cara meningkatkan daya saing bisnis yang tepat. 

Sean Hopwood dari Day Translations memulai bisnisnya dengan menjadi translator di pasar layanan bahasa. Dia memulai dengan menawarkan layanan penerjemahan dari bahasa Spanyol ke bahasa Inggris.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi dunia yang semakin mengglobal dan komunikasi terus berkembang, dia dapat memanfaatkan peluang baru dengan menawarkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis internasional, seperti membuat situs web lokal dan SEO secara internasional.

Memang, tidak selalu mudah untuk menjaga bisnis Sobat Pintar tetap kompetitif di yang selalu berubah-ubah. Tetapi jika fokus Sobat Pintar terus-menerus membuka pasar baru, mengadaptasi produk atau layanan untuk memenuhi selera konsumen yang berubah-ubah dan terbuka terhadap peluang baru, kemungkinan Sobat Pintar tidak akan dibutakan oleh perubahan paradigma yang tiba-tiba, atau kehancuran bisnis. Sebaliknya, bisnis Sobat Pintar akan lebih sukses dan berkembang lebih kuat dari generasi ke generasi.

  1. Perluas Bisnis Secara Internasional

Penting untuk menjangkau pasar ini melalui ekspor dan/atau investasi. Dan dalam banyak kasus, membangun aliansi dan kemitraan strategis adalah strategi yang tepat untuk memahami permintaan pasar tertentu dan tren demografis, yang seringkali mengungkapkan selera konsumen dan kebiasaan belanja.

Sobat Pintar bisa menjangkau pasar luar negeri dengan membuka website atau berjualan di e-commerce luar negeri seperti Etsy atau Amazon. Dengan begini, akan lebih mudah menjangkau pasar bisnisn internasional dan produk Sobat Pintar pun akan dikenal banyak orang. 

Namun, terkadang persaingan bisnis yang kuat ini juga harus diimbangi dengan modal dan budget marketing yang tak sedikit. Tapi, kini Sobat Pintar tak perlu khawatir, di Indonesia telah hadir aplikasi pinjaman online yang prosesnya mudah, cepat, praktis, dan terpercaya yakni Kredit Pintar. 

Sebab, dengan Kredit Pintar, Sobat Pintar bisa mendapatkan uang tunai langsung cair dengan mudah dan praktis. Bahkan, Sobat Pintar bisa mengajukan modal bisnis hingga Rp 20 juta dalam waktu 10 menit saja. 

Selain itu, Kredit Pintar adalah salah satu aplikasi pinjaman online yang terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga data pribadi Sobat Pintar aman dan transaksi yang dilakukan juga sangat terpercaya. Yuk, tingkatkan daya saing bisnis Sobat Pintar tanpa hambatan biaya dengan Kredit Pintar. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk