5 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

21 Jul 2021 by Laruan

Banyak orang yang menginginkan kulit mulus, tanpa bekas luka atau gigitan hewan. Namun, kadang kita juga tidak dapat mencegah adanya luka pada wajah, tangan atau kaki. Apalagi bekas gigitan hewan, misalnya saja bekas gigitan nyamuk. Akan sangat menyebalkan jika bekas gigitan nyamuk sulit hilang. Sobat Pintar pasti segera mencari cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Biasanya, seseorang akan secara reflek menepuk nyamuk. Jika mendengar bunyi nyamuk disekitar, menepuk nyamuk memang cara terbaik demi menghindari gigitan nyamuk yang bisa menyebabkan bekas pada kulit. Tapi, pernahkah Sobat Pintar mencari tahu mengapa gigitan nyamuk bisa menyebabkan bekas?. Ternyata, seperti ini penjelasannya.

Nyamuk menghisap bukan menggigit.

Nyamuk yang menggigit manusia adalah jenis nyamuk betina. Mengapa?. Darah manusia mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh anak-anak nyamuk, jadi dengan mengambil darah manusia, nutrisi nyamuk akan terpenuhi. 

Sebenarnya, istilah ‘digigit’ nyamuk tidaklah tepat, karena nyamuk tidak menggigit melainkan menghisap darah. Menggunakan moncongnya yang tajam, nyamuk akan mengeluarkan air liur untuk menjaga darah agar tidak cepat menggumpal. Air liur nyamuk  mengandung enzim dan protein asing bagi tubuh manusia, sehingga dianggap membahayakan tubuh. 

Sebagai perlindungan, histamin yang ada pada tubuh akan meningkatkan aliran darah dan jumlah sel darah putih di area gigitan. Karena perlindungan tersebut, maka menyebabkan peradangan pada kulit atau yang biasa disebut bentol. Nah, bentol ini yang akan menyebabkan bekas jika digaruk secara berlebihan. Kalau sudah ada bekas, maka menghilangkannya membutuhkan waktu. Bagaimana tips memudarkan gigitan nyamuk?

Ikuti cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk berikut ini

  1. Menggunakan lidah buaya

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang pertama adalah menggunakan lidah buaya. Lidah buaya adalah antiinflamasi yang digunakan untuk menenangkan gigitan dan mengurangi rasa gatal, serta membantu menyembuhkan trauma kulit. Caranya, oleskan gel lidah buaya pada gigitan.

  1. Cuka apel

Cara yang bisa Sobat Pintar lakukan, ambil bola kapas, lalu tuangkan cuka apel secukupnya ke bola kapas. Langkah selanjutnya adalah kompres bekas gigitan nyamuk itu dengan bola kapas sampai rasa gatal dan nyerinya hilang. Sobat Pintar bisa melakukan beberapa kali agar bekas gigitan hilang.

  1. Minyak

Minyak diyakini bisa menghilangkan bekas gigitan dengan efektif.  Sobat Pintar bisa coba dengan mengoleskan minyak atau krim yang mengandung vitamin E minimal dua kali sehari. Fungsi dari vitamin E adalah mengurangi kemerahan sekaligus mempercepat penyembuhan iritasi kulit.

  1. Putih Telur

Mungkin cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang satu ini masih jarang dilakukan, namun ternyata terbukti bisa menghilangkan bekas gigitan. Oleskan putih telur pada bekas gigitan. Sobat Pintar juga bisa mencampur putih telur dengan madu. Setelah itu, Sobat Pintar bisa mendiamkan bagian yang dioles semalaman.

  1. Krim dokter

Cara ini bisa menjadi cara terakhir untuk menghilangkan bekas gigitan. Jika bekas sudah dalam kondisi parah, dokter mungkin akan meresepkan krim kortikosteroid atau retinoid untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk di kulit.

Walaupun beberapa cara di atas dapat menghilangkan bekas gigitan, mencegah munculnya bekas gigitan lebih baik daripada mengobati. Beberapa bahan di atas bisa Sobat Pintar beli melalui uang dari pinjaman online. Salah pinjaman online yang terpercaya adalah Kredit Pintar. Melalui Kredit Pintar, kebutuhan apa saja bisa terpenuhi dengan mudah dan cepat. Registrasi yang mudah, dan uang pinjaman bisa dengan cepat masuk ke rekening Sobat Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload