5 Cara Memilih dan Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berjerawat

15 Jul 2021 by Laruan

Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang kerap dihadapi oleh sebagian orang. Untuk memulihkan atau menyembuhkan kulit berjerawat, selain mengatur pola makan dan gaya hidup sehat, Sobat Pintar juga harus menggunakan produk skincare untuk kulit berjerawat yang tepat. 

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berjerawat

Meski begitu, mencari perawatan produk berjerawat yang cocok di kulit bukan perkara mudah. Terlebih jika kulit wajah Sobat Pintar sensitif dengan bahan-bahan kimia tertentu sehingga tak boleh sembarangan menggunakan produk skincare. 

Bagi para acne fighter, tentu paham bahwa produk skincare untuk kulit berjerawat haruslah terdiri dari berbagai formula kompleks yang berfungsi tak hanya memulihkan kondisi kulit wajah tapi juga menghilangkan bekasnya, membuat kulit lebih sehat, dan cerah. 

Nah, dalam artikel ini, akan dijelaskan lebih lanjut mengenai tips mendapatkan, rekomendasi produk skincare untuk kulit berjerawat. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Cara Memilih dan Menggunakan Produk Skincare untuk Kulit Berjerawat

Ada sejumlah cara dan tips yang bisa Sobat Pintar ikuti sebelum membeli skincare untuk kulit berjerawat. Agar tidak salah pilih, ikuti cara dan tips berikut ini!

  1. Sabun Pembersih

Bersihkan wajah menggunakan sabun pembersih dengan takaran ujung jari lalu basahi wajah dan bersihkan dengan sabun secara menyeluruh termasuk bagian rahang, leher, dan di depan dan di belakang telinga. Selain itu, disarankan untuk memilih sabun pembersih wajah yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida.

Jika biasanya Sobat Pintar menggunakan obat jerawat resep dokter dan ingin beralih ke produk lain karena satu dan lain hal, sebaiknya Sobat Pintar memilih pembersih non-medis yang lembut sebagai gantinya.

Apabila Sobat Pintar termasuk yang aktif dalam menggunakan make up sehari-hari, pekerja lapangan, suka olahraga, maka perlu membersihkan wajah berulang di malam hari untuk memastikan semua sisa riasan, keringat, dan kotoran terangkat. 

  1. Gunakan Toner atau Astringent

Penggunaan toner atau astringent tergantung pada bahan yang dikandungnya. Astringents atau toner dapat membantu menghilangkan minyak berlebih, nada, dan hidrasi, atau membantu melawan komedo dan noda. Oleskan toner ke bola kapas atau pad dan ratakan dengan lembut di wajah dan leher untuk membantu menghilangkan sisa riasan, residu pembersih, dan minyak.

Astringents dirancang untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit, jadi, tentu saja, astringent paling baik untuk jenis kulit berminyak. Jika kulit Sobat Pintar cenderung kering, baik secara alami atau karena Sobat Pintar menggunakan perawatan jerawat yang mengering, toner yang menghidrasi adalah pilihan yang lebih baik untuk Sobat Pintar.

Perhatikan juga kandungan alkohol dalam produk karena alkohol dapat mengeringkan dan mengiritasi, terutama untuk jenis kulit sensitif. Produk skincare tanpa alkohol adalah pilihan terbaik jika kulit Sobat Pintar berjerawat dan kering atau mudah iritasi. Ketahuilah bahwa meskipun kulit Sobat Pintar tidak terlalu kering atau sensitif, toner berbahan dasar alkohol dapat menyengat jerawat yang terbuka.

Terlepas dari itu, jika toner atau astringents tampaknya terlalu membuat kulit kering atau iritasi kulit, maka tidak disarankan untuk menggunakannya. Begitu pula jika Sobat Pintar menggunakan resep obat jerawat yang sangat kering (seperti isotretinoin atau retinoid topikal). 

  1. Aplikasikan Obat Jerawat

Setelah menggunakan toner, aplikasikan obat jerawat secara menyeluruh dan sesuai petunjuk pemakaian. Obat jerawat tersebut bisa berasal dari resep dokter atau gel atau krim jerawat yang dijual bebas dan secara umum di pasaran. Biarkan obat menyerap atau benar-benar kering sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Butuh bantuan memilih obat perawatan jerawat? Hubungi dokter kulit atau klinik terdekat. 

  1. Oleskan Pelembab Bebas Minyak

Mungkin terdengar kontra-intuitif jika melembabkan kulit yang sudah berminyak, tetapi kulit berjerawat juga perlu memakai pelembab. Obat jerawat dapat mengeringkan kulit, membuatnya haus akan kelembaban. Untuk mengurangi efek kulit kering dan mengelupas, oleskan pelembab sebanyak dua kali sehari.

Gel dan lotion pelembab umumnya lebih ringan daripada krim. pilih satu yang berlabel bebas minyak dan non comedogenic. Sobat Pintar mungkin perlu mencoba beberapa merek berbeda untuk menemukan produk yang sesuai dengan jenis kulit. 

  1. Jangan Lewatkan Penggunaan Tabir Surya 

Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya di pagi hari. Selain itu, banyak obat perawatan jerawat dengan kandungan yang dapat membuat kulit mengelupas sehingga lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Pastikan memilih tabir surya dengan kandungan SPF 50 untuk pemakaian sehari-hari agar kulit tidak gosong, terbakar, atau memicu sel kanker pada wajah akibat paparan sinar matahari. 

Rekomendasi Produk Skincare untuk Kulit Berjerawat 

Setelah mengetahui tips mendapatkan dan mengaplikasikan produk perawatan kulit anti jerawat, kini saatnya mengetahui produk apa saja yang sekiranya bisa dijadikan referensi dan pilihan untuk kulit berjerawat. 

  1. Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum

Kandungan bakuchiol pada produk Somethinc disinyalir sebagai salah satu formula terbaik untuk mengatasi jerawat. Sebab, bakuchiol berperan sebagai anti inflamasi dan anti bakteri pada kulit berjerawat. Selain itu, kandungan serum ini juga terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman digunakan oleh remaja sampai ibu hamil.

  1. Avoskin Miraculous Refining Serum

Serum milik Avoskin ini mengandung chemical exfoliation yang berperan penting dalam mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori tanpa menyebabkan kulit terasa kering. Selain itu, serum jerawat ini juga memiliki kandungan untuk mencerahkan sekaligus membuat kulit lebih glowing. 

  1. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Spot Treatment

Kandungan lemon dan tea tree di dalam produk ini sangat efektif untuk meredakan jerawat secara menyeluruh. Selain itu, lemon juga bermanfaat untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Sedangkan tea tree berperan sebagai anti bakteri alami. 

  1. Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask

Masker wajah khusus kulit berjerawat ini sedang populer di kalangan beauty enthusiast. Sebab, formula dan kandungannya terbukti mampu  mendetoksifikasi kulit, mengencangkan pori-pori, meredakan breakout, whiteheads, serta menstimulais, mencerahkan dan melembutkan wajah secara alami. 

  1. The Aubree Centella Herb Serum

Untuk perawatan intensif kulit berjerawat, Sobat Pintar bisa memilih The Aubree Centella Herb Serum sebagai salah satu produk skincare pilihan. The Aubree Centella Herb Serum mampu mengurangi produksi minyak berlebih, mencerahkan kulit sekaligus menyamarkan bekas jerawat. Aplikasikan serum ini ke seluruh wajah secara teratur setelah menggunakan toner. 

Itulah tips mendapatkan, rekomendasi produk perawatan kulit anti jerawat. Apabila Sobat Pintar ingin membeli produk skincare untuk mengatasi kulit berjerawat namun terkendala masalah keuangan, tak perlu khawatir! Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman uang ke Kredit Pintar. 

Prosesnya pun mudah, Sobat Pintar hanya perlu mendaftarkan diri ke aplikasi Kredit Pintar pada ponsel Android Sobat Pintar, kemudian dalam waktu 10 menit uang tunai pun bisa segera didapatkan untuk keperluan membeli skincare. 

Berbeda dengan aplikasi pinjaman online lainnya, aplikasi tersebut menawarkan pinjaman bunga rendah dan terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga lebih terpercaya dan aman. Yuk, miliki produk skincare Sobat Pintar sekarang dengan memanfaatkan pinjaman bunga rendah agar penangan terhadap kulitmu lebih cepat dan segera diatasi.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload