4 Teknik Menyulam Untuk Membuat Karya di Waktu Luang

31 May 2021 by kreditpintar
4 Teknik Menyulam Untuk Membuat Karya di Waktu Luang

Biasanya, pada saat kalian membeli baju, atau taplak meja, pasti kalian pernah menjumpai adanya pola sulaman yang khas dan menarik. Tentu saja, pola tersebut tidak dibuat secara sembarangan. Ada teknik menyulam untuk menyusun dan menghasilkan pola yang menarik.

Tapi, sebenarnya apa pengertian dari kegiatan menyulam itu sendiri? Sudahkah kalian familiar dengan kegiatan ini? Menyulam adalah kegiatan teknik hias yang dilakukan dengan metode menusuk agar pola atau desain tertentu bisa terbentuk secara sempurna.

Teknik tusuk atau teknik menyulam ini sebenarnya hampir sama dengan teknik border. Yang menjadi perbedaan adalah teknik tertentu akan menghasilkan pola yang berbeda juga. Maka dari itu, kombinasi pola sulaman bisa digunakan untuk menghasilkan desain yang luar biasa.

Apabila kalian tertarik dengan mempelajari pola-pola yang istimewa ini, berikut adalah beberapa teknik untuk menghasilkan pola yang patut kalian coba!

Belajar sulaman tangan itu sebenarnya merupakan kegiatan yang menenangkan, ditambah lagi ini adalah cara mudah untuk menciptakan seni dengan kombinasi perangkat yang sederhana. 

Jika kalian mempelajari beberapa pola jahitan yang utama ini, kalian akan siap untuk membuat karya yang menarik.

Teknik Membuat Sulaman yang Apik

1. Teknik Tusuk Tikam Jejak / Back Stitch

Backstitch sangat mudah dipelajari sehingga kalian akan bisa paham dalam beberapa jahitan pertama. Jahitan yang mendasar ini mungkin akan menjadi teknik yang paling sering kalian gunakan. Jahitan belakang ini sebenarnya cocok untuk segala desain jahitan, tetapi juga merupakan jahitan yang cocok dengan jahitan lain, menjadikannya jahitan kunci untuk dipelajari.

Teknik menyulam ini juga bisa dijadikan metode untuk membuat tenunan menjadi indah, dan dengan cepat bisa merubah pola jahitan sederhana menjadi jahitan ala-ala Peking yang terkenal akan desainnya yang lebih kaya dan dekoratif.

2. Tusuk Jelujur / Running Stitch

Metode jahitan dengan tusuk jelujur adalah jahitan sulam sederhana yang bagus untuk membuat pola sulaman yang berwujud garis lurus, dan berputus-putus. Teknik ini juga menjadi dasar dari sulaman Sashiko yang mana sangat terkenal di Negara Jepang sana.

Walaupun hanya menjadi metode yang mendasar, teknik ini merupakan teknik yang fleksibel, dan bisa menjadi kompleks apabila kalian mengkombinasikannya. Misalnya, kalian dapat memodifikasinya lewat jarak antar jahitan.

3. Tusuk Simpul Perancis / French Knot

Untuk penjahit yang profesional sekalipun, membuat jahitan dengan simpul gaya Perancis adalah sebuah tantangan tersendiri. Meskipun mungkin membutuhkan waktu untuk mempelajarinya, upaya itu akan sepadan dengan hasilnya. 

Jahitan ini tidak hanya umum ditemukan pada beragam pola sulam, tetapi juga jahitan yang bagus untuk dipakai sebagai elemen dasar untuk mendukung pola yang lainnya.

Metode tusuk simpul Perancis ini melibatkan bagian pembungkus jarum agar bisa membuat simpul pada bagian permukaan kain. Cara yang sederhana sekaligus utama adalah dengan menahan bedang agak sedikit lebih kencang. 

4. Tusuk Batang / Stem Stitch

Teknik menyulam yang terakhir adalah tusuk batang. Bagi kalian yang ingin membuat pola garis yang halus sekaligus bertekstur, ini adalah metode yang paling tepat. Kalian bisa menggunakannya untuk membuat pola kurva, ataupun garis lurus yang sederhana saja, jadi tak terbatas pada pola batang.

Seperti pola jahitan yang lainnya, kalian masih dapat menyesuaikan panjang dan lebar jahitan sesuai dengan keinginan kalian. Yang jelas, pertahankan konsistensi panjang jahitan agar bisa menciptakan karya yang menarik. 

Seperti hal nya dengan aktivitas lainnya, kegiatan menyulam pun membutuhkan modal untuk membeli kain, benang, dan jarum. Untuk memenuhi kebutuhan ini, kalian bisa mengandalkan Kredit Pintar.

Aplikasi ini memberikan dana cepat bagi kalian yang sedang tidak ada modal, jadi kalian masih bisa melanjutkan kreatifitas. Tunggu apa lagi? Lanjutkan kreasi kalian dengan Kredit Pintar!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload