4 Cara Melakukan Blokir Kartu ATM BRI

03 Sep 2021 by Laruan

Kehilangan kartu ATM memang sesuatu yang sangat menjengkelkan bagi kita. Namun bagaimanapun, jika kartu ATM kita hilang kita perlu memastikan bahwa siapapun tidak bisa memiliki akses terhadap kartu ATM kita. Untuk bisa menghalangi akses satu ini, kita bisa melakukan blokir kartu agar isi ATM kita tetap aman. Disini cara blokir atm BRI anda.

Apabila Anda adalah nasabah BRI, Anda bisa melakukan blokir kartu ATM tanpa bantuan customer service. Anda cukup memiliki aplikasi BRI Mobile, lalu lakukan disable pada kartu ATM Anda.

4 Cara Melakukan Blokir Kartu ATM BRI

Saat Anda sudah melakukan blokir kartu ATM, hal ini tentu cukup menjengkelkan dan merepotkan bagi Anda. Anda jadi tidak bisa melakukan tarik tunai tanpa teller dan melakukan pengurusan untuk mengaktifkan kembali. Proses aktivasi kembali ini juga tidak bisa Anda lakukan melalui ponsel. Anda jadi harus datang ke kantor cabang BRI terdekat.

Meski kartu BRI Anda terblokir, hal ini tidak terlalu merugikan. Anda justri bisa mengamankan data dan isi ATM Anda jika Anda melakukan blokir. Selain itu, penyalahgunaan oleh orang tak bertanggung jawab pun bisa Anda hindari. Berikut adalah beberapa cara melakukan blokir terhadap kartu ATM BRI Anda:

Persiapkan Persyaratan Pengurusan Kartu ATM BRI yang Hilang

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus Anda siapkan saat kartu ATM BRI Anda hilang atau tertelan:

  • Kartu identitas. Kartu ini dapat berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), atau Paspor.
  • Buku tabungan
  • Surat keterangan kehilangan dari kepolisian.
  • Uang kecil sekitar Rp10.000,00 untuk membayar biaya penggantian kartu ATM. Hal ini tidak wajib, karena biaya penggantian kartu ini bisa langsung ditarik dari saldo pada tabungan Anda.

Setelah persyaratan ini lengkap, Anda bisa segera mengurus blokir kartu ATM BRI Anda.

Metode Blokir Kartu ATM BRI

4 Cara Melakukan Blokir Kartu ATM BRI

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan blokir terhadap kartu ATM BRI Anda yang kebetulan hilang atau tertelan:

#1 Cara Blokir Kartu ATM BRI via Call Center

Apabila kartu ATM BRI Anda kebetulan hilang atau tertelan mesin, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi Call Center BRI. Namun sebelum Anda melakukan tahapan pertama ini, pastikan Anda memiliki waktu dan pulsa yang cukup. Ini dikarenakan proses blokir melalui call center membutuhkan waktu serta pulsa. Apabila kedua hal ini dirasa cukup Anda miliki, Anda tinggal menghubungi Call Center BRI secara langsung di nomor 14017 atau (021) 1500017.

Selain pulsa dan waktu, Anda pun perlu menyiapkan data-data penting terkait dengan rekening Anda. Ini dikarenakan pihak Call Center biasanya akan mengajukan pertanyaan terkait identitas kartu ATM BRI Anda. Tahapan ini perlu pihak Call Center lakukan untuk konfirmasi pemilik asli kartu ATM BRI yang hilang.

#2 Cara Blokir Kartu ATM BRI dengan Datang Langsung ke BRI Terdekat

Anda yang senang berjalan-jalan bisa memanfaatkan momen ini untuk mengurus blokir kartu ATM BRI Anda dengan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat. Namun sebelum Anda datang ke kantor cabang BRI terdekat, pastikan Anda telah membawa persyaratan yang diperlukan. Daftar persyaratan tersebut telah dicantumkan sebelumnya, seperti KTP, buku tabungan BRI, dll.

Berikut adalah cara melakukan blokir kartu ATM BRI dengan datang langsung ke cabang terdekat:

  1. Siapkan dan lengkapi persyaratan yang dibutuhkan untuk mengurus kartu ATM BRI Anda yang hilang dan akan diblokir.
  2. Datangi kantor cabang BRI terdekat, masuk, lalu ambil nomor antrian yang tersedia.
  3. Setelah nomor antrian Anda dipanggil, Anda akan berhadapan langsung dengan customer service.
  4. Sampaikan pada customer service bahwa Anda ingin melakukan blokir kartu ATM BRI secara sementara dikarenakan kartu yang hilang atau tertelan mesin.
  5. Customer service akan dengan senang hati membantu Anda, oleh karena itu ikuti arahan customer service tersebut untuk tahapan selanjutnya.
  6. Nantinya, kartu ATM BRI Anda akan terkena blokir dan Anda bisa mendapatkan kartu ATM yang baru.

#3 Cara Blokir Kartu ATM BRI dengan Aplikasi BRI Mobile

Anda yang tidak punya banyak waktu untuk mengurus blokir kartu ATM BRI Anda bisa mengandalkan aplikasi BRI Mobile yang Anda punya. Pastikan aplikasi ini sudah Anda unduh di smartphone Anda serta sudah Anda aktivasi sebelumnya. Berikut adalah tahapan melakukan blokir kartu ATM BRI dengan BRI Mobile:

  1. Buka aplikasi BRI Mobile yang sudah Anda unduh dan pasang dari Google Play atau App Store
  2. Log masuk menggunakan user dan password.
  3. Cari dan tekan menu “Pelayanan Nasabah”.
  4. Tekan submenu “Enable/Disable Kartu”.
  5. Masukkan PIN BRI Mobile Anda.
  6. Sistem akan mengirimkan pesan SMS otomatis yang merupakan pemberitahuan bahwa kartu ATM BRI Anda telah terkena blokir atau disable.

Kelebihan dari melakukan blokir kartu ATM BRI melalui aplikasi BRI Mobile adalah jika suatu hari kartu ATM Anda yang hilang ditemukan, Anda bisa mengaktifkannya kembali. Proses aktivasinya cukup melalui aplikasi BRI Mobile dan dengan cara yang sama seperti saat akan melakukan blokir.

#4 Cara Blokir Kartu ATM BRI dengan Internet Banking BRI

Anda juga bisa melakukan blokir ATM BRI melalui Internet Banking BRI. Ada dua cara blokir yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Cara Blokir Kartu ATM BRI dengan Internet Banking BRI versi Website

  1. Kunjungi dan buka Internet Banking BRI di https://ib.bri.co.id melalui browser
  2. Log masuk dan masukan user, password, serta nomor validasi
  3. Pilih dan klik “Layanan Nasabah”, lalu pilih submenu “Disable” dan “Enable“.
  4. Masukkan password Internet Banking BRI Anda, lalu klik “OK”.
  5. Proses blokir kartu ATM BRI Anda pun berhasil dilakukan.

Cara Blokir Kartu ATM BRI dengan Internet Banking BRI versi Aplikasi

  1. Buka aplikasi BRI Mobile yang sudah Anda unduh dari Play Store atau App Store.
  2. Pilih “Internet Banking”, lalu masukkan user serta password untuk log masuk.
  3. Pilih menu “Pelayanan”, kemudian klik menu “Disable Enable Kartu”.
  4. Pilih nomor rekening yang akan Anda disable.
  5. Masukkan password Internet Banking BRI sekali lagi, kemudian lanjutkan dengan menekan “OK”.

Pentingnya Melakukan Blokir Kartu ATM

Sebenarnya melakukan blokir kartu ATM tidak sesulit kelihatannya. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa cara-cara melakukan blokir kartu ATM cukup beragam dan bisa Anda pilih sendiri. Saat Anda kehilangan kartu ATM atau tak sengaja kartu ATM Anda tertelan mesin, Anda harus segera melakukan blokir kartu. Mengapa hal ini penting?

Di dalam kartu ATM Anda, ada data-data penting yang bisa disalahgunakan oleh berbagai pihak yang tak bertanggung jawab. Ada nomor kartu, nomor CVV, serta nama lengkap Anda yang bisa dimanfaatkan sembarang orang. Oleh karena itu, Anda perlu segera melakukan blokir kartu ini. 

Apabila Anda tidak segera melakukan blokir, berbagai hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Seperti pengurasan isi ATM, penyalahgunaan data oleh berbagai pihak tidak bertanggung jawab, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, untuk menjaga keamanan data Anda, ketika sesuatu terjadi pada kartu ATM Anda, Anda perlu segera melakukan blokir.
Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang beberapa cara melakukan blokir kartu ATM BRI. Cara-cara ini bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan keleluasaan Anda. Yang jelas, pastikan kartu ATM Anda ini benar-benar ditutup dan segera ganti dengan kartu yang baru. Setelah memiliki kartu ATM yang baru, pastikan Anda menjaga kartu baru Anda ini agar hal yang sama tidak terulang lagi.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload