3 Persiapan Agar Hari Pertama Puasa Dapat Berjalan Lancar

25 Mar 2021 by Laruan, Last edit: 25 Mar 2021
hari pertama puasa

Sebagai negara dengan umat Islam terbesar di dunia, suasana menjelang puasa akan sangat terasa di Indonesia. Banyak pedagang telah menyiapkan stok dagangannya untuk persiapan naiknya permintaan saat bulan puasa dan Idul Fitri tiba

Demikian juga dengan berbagai organsasi swasta maupun pemerintah, pada umumnya sibuk mencairkan anggaran untuk digunakan sebagai persiapan puasa dan Hari Raya Idul Fitri. Tidak ketinggalan juga, berbagai lembaga keagamaan turut sibuk untuk mencari dan menentukan kapan jatuhnya hari pertama puasa. Sehingga slogan-slogan Arab-Islami dapat dengan mudah ditemukan di berbagai tempat di Indonesia.

Begitu juga bagi kebanyakan orang pada umumnya, selain berusaha mencari tambahan penghasilan, juga berusaha menimbun bahan makanan untuk digunakan pada bulan puasa dan lebaran, walaupun dalam ajaran Islam tidak mengajarkan hal tersebut. Namun demi kenyamanan dan kesenangan banyak persiapan dilakukan orang-orang agar puasa tidak menghalangi kenyamanan aktivitas mereka.

Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan agar kesenangan dan kenyamanan kamu tidak terganggu selama puasa, menurut kredit pintar, aplikasi pinjaman uang yang sudah terdaftar di OJK dengan metode pinjaman tanpa jaminan.

1.    Persiapkan Mental

Tidak sedikit orang mengalami harap-harap cemas saat bulan puasa menjelang. Berharap mendapatkan kebaikan selama bulan tersebut, namun juga cemas karena harus menahan lapar dan haus selama siang hari di bulan puasa.

Tetapi bagi orang-orang yang meyakini bahwa puasa merupakan salah satu konsekuensi dari keimanannya, maka hal tersebut tidaklah akan terjadi, karena hal tersebut merupakan salah satu kewajiban yang perlu dijalaninya.

2.    Mempersiapkan Anggaran

Pada umumnya saat bulan puasa semakin banyak anggaran yang akan diperlukan selama puasa dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, untuk memenuhi tuntutan baju baru dan pernak-perniknya, segala cara dilakukan untuk menimbun dana sebagai persiapan menjelang puasa dan hari raya.

Padahal contoh-contoh yang diberikan oleh para Nabi dan Rasul, tidaklah demikian. Kalaupun persiapan anggaran diperlukan, gunanya untuk menyantuni dan memberi makan fakir miskin selama bulan puasa, terutama saat 1 Syawal tiba, sebagai bentuk realiasi atas tersentuhnya oleh nilai rangsangan yang didapatinya saat berpuasa. Tujuannya agar dapat terhindar dari penilaian sebagai pendusta Agama.

3.    Mempersiapkan Kondisi Fisik

Banyak orang berusaha agar tetap sehat selama menjelang puasa dan selama bulan puasa, agar pelaksanaan puasanya dapat lebih mudah dan nyaman. Demikian juga dengan mengkonsumsi suplemen selama melaksanakan puasa, dilakukan agar fisik tidak merasa lemas dan lapar selama berpuasa.

Namun bagi yang mencari nilai rangsangan dalam menjalani ibadah puasa, yaitu tersentuhnya atas apa yang dialami dan dirasakan oleh anak yatim maupun fakir miskin, sehingga mau menyantuni dan memperhatikan mereka, justru dengan rasa lapar dan dahaga tersebutlah yang dapat mempermudah diri kita untuk dapat tersentuh oleh hal tersebut.

Banyak hal lain yang dapat dipersiapkan diri saat menjelang hari pertama puasa, namun bila kita meyakini hal tersebut merupakan suatu kewajiban yang perlu dijalani, maka puasa tidak akan menjadi gangguan dalam melaksanakan akitvitas sehari-hari.

Kredit Pintar Aplikasi Pinjaman Uang – Pinjaman Tanpa Jaminan

Layanan fintech merupakan salah satu fakta unik terkini yang mulai berkembang di negara kita. Saat ini ada sekitar 127 perusahaan pinjaman online yang resmi terdaftar di OJK. Faktanya dengan teknologi fintech saat ini, untuk mendapatkan pinjaman dana dapat dilakukan hanya dalam waktu 30 menit. Perlu dana mendadak ? Pakai kredit pintar, aplikasi pinjaman uang yang membolehkan pinjaman tanpa jaminan yang sudah resmi terdaftar di OJK.

kredit pintar
25 Mar 2021
mobile-closeKredit PintarDownload