2 Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Dengan Mudah! Versi Android

07 Jun 2021 by kreditpintar
2 Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Dengan Mudah! Versi Android

Sudah bukan hal yang asing kalau ternyata kita sebagai manusia melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut dapat berupa berbagai macam hal, dan salah satunya adalah ceroboh. Kecerobohan di sini sampai-sampai kalian tanpa sengaja menghapus foto kenangan atau penting di dalam memori penyimpanan ponsel kalian. Untuk perangkat iOS yang notabene memiliki harga pasar yang cukup tinggi, perangkat ini menyediakan penyimpanan sampah, yang di mana penyimpanan ini akan menyimpan file yang telah kamu hapus selama 30 hari. Jadi kalau kalian melakukan kecerobohan dengan menghapus file foto yang tidak seharusnya dihapus, kalian tidak perlu khawatir. Namun hal tersebut berbeda dengan perangkat Android, mayoritas perangkat tersebut memerlukan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Nah, oleh karena itu berikut adalah bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus dengan mudah untuk versi Android:

1. Manfaatkan Google Foto

Sebenarnya sama halnya dengan perangkat iOS, pada perangkat Android pun sudah dilengkapi oleh integrasi Google. Hanya saja banyak orang yang mengetahui keberadaannya atau bahkan memang dalam perangkatnya tidak ada (karena secara tidak sengaja tersembunyikan oleh custom UI)

Oke, cara ini sebenarnya cukup muda. Begini:

  1. Di ponsel atau tablet, buka aplikasi Google Foto Foto.
  2. Di bagian bawah, pilih Galeri foto lalu Sampah Hapus .
  3. Sentuh lama foto atau video yang ingin dikembalikan.
  4. Di bagian bawah, pilih Pulihkan/Restore. 
  5. Foto atau video pun akan dikembalikan ke:
  • Aplikasi galeri di ponsel kalian
  • Galeri Google Foto kalian, atau ke Album tempatnya semula.

Tentunya ada syarat untuk menggunakan cara mengembalikan foto yang terhapus ini, yakni:

  1. Telah menghapus fotonya lebih dari 60 hari yang lalu.
  2. Menghapus foto dan folder sampah dikosongkan (sering terjadi).
  3. Kalian menghapusnya secara permanen dari sampah.
  4. Kalian menghapusnya secara permanen dari aplikasi Galeri di perangkat, tanpa mencadangkannya terlebih dahulu (sering terjadi).

2. Aplikasi pihak ketiga DiskDigger

Tips kedua dari cara mengembalikan foto yang terhapus adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti DiskDigger. 

DiskDigger adalah salah satu dari puluhan aplikasi pembantu membaca penyimpanan yang ada di Google Play Store. Aplikasi ini membantu pengguna untuk membaca memori maupun folder untuk menemukan sesuatu yang dicari agar lebih mudah. 

Nah, untuk menggunakan DiskDigger sebagai cara mengembalikan foto yang terhapus, terbilang cukup mudah:

  1. Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah mengunduh aplikasi DiskDigger di Google Play Store.
  2. Apabila sudah terinstall dengan sempurna, buka aplikasi dan pilih opsi izinkan ketika aplikasi meminta akses ke foto, media, dan file.
  3. Pilih start basic photo scan.
  4. Secara ajaib, kalian akan dapat melihat foto-foto yang dihapus muncul. Selanjutnya tinggal pilih kotak di sudut kiri atas untuk memilihnya kemudian ketuk pulihkan (recover) di bagian atas layar.
  5. Aplikasi akan menanyakan bagaimana pengguna ingin memulihkan file. Ketuk save file ke aplikasi di perangkat pengguna. Oh iya, Aplikasi akan memberikan opsi tempat penyimpanan foto. Pilih salah satu yang paling sesuai dan ikuti instruksi.

Setelah itu pun foto yang terhapus bisa kembali ke perangkat. Bagaimana, selamat mencoba!

Nah, itu dia tadi 2 (dua) cara mengembalikan foto yang terhapus. Bagaimana mudah bukan? Apabila memang ternyata foto maupun video nya tidak ditemukan, kemungkinan file tersebut sudah terhapus secara permanen.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload