16 Metode dan Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

10 Sep 2021 by Laruan

Setiap wanita ingin tahu cara memutihkan wajah dalam waktu singkat. Salah satu langkah yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan kulit. Sobat Pintar memang bisa tampil cantik dengan memakai make-up, tetapi tentu Sobat Pintar ingin tampil cantik yang paripurna. Cantik tidak selalu milik mereka yang aslinya sudah berkulit putih. Sobat Pintar yang berkulit eksotis juga bisa memutihkan wajah. 

Metode Pemutihan Wajah

Berikut ini metode memutihkan wajah yang bisa Sobat Pintar coba:

1. Rutin membersihkan wajah

Biasakan rutin membersihkan wajah minimal dua kali sehari, yaitu di pagi hari dan malam sebelum tidur. Meski terdengar sepele, membersihkan wajah secara teratur dapat memutihkan kulit Sobat Pintar. Bilasan air akan mengangkat debu, make-up, dan sisa kotoran lain dari wajah.

2. Memakai masker wajah

Kemajuan teknologi dan menjamurnya pedagang online memudahkan semua wanita untuk membeli masker wajah. Salah satu efek dari menggunakan masker wajah adalah mencerahkan warna kulit. Pilih produk masker wajah yang mengandung formula brightening atau whitening.

Apabila memungkinkan, gunakan masker wajah dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

3. Oleskan pelembab dan sunscreen

Sesuai namanya, pelembab berguna untuk melembabkan kulit dan terhindar dari kulit kusam. Kandungan vitamin C pada pelembab bermanfaat untuk mencerahkan warna kulit wajah. 

Untuk perlindungan maksimal, gunakan sunscreen saat melakukan aktivitas di luar rumah. Sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan dampak negatif pada kulit, seperti kulit kusam dan penuaan dini.

4. Tidak merokok

Seringkali Sobat Pintar menemukan perokok yang terlihat lebih tua dari usianya. Hal ini tidak mengherankan karena kandungan kimia dalam rokok membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Kulit menjadi kendur dan berkerut. Beberapa perokok bahkan memiliki warna kulit yang tidak rata.

5. Menjaga kualitas tidur

Durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7-9 jam per hari. Kualitas tidur yang cukup dapat mencegah kemunculan kulit kusam, jerawat, dan lingkaran hitam di bawah mata. Alhasil, wajah Sobat Pintar akan terlihat segar dan cantik. 

6. Menjaga makanan

Konsumsi buah dan sayur setiap hari agar tubuh Sobat Pintar mendapatkan nutrisi yang cukup. Beberapa contoh buah yang mengandung antioksidan tinggi antara lain ceri, blueberry, dan strawberry

Selain itu, kulit sehat dapat dicapai dengan minum air putih minimal delapan gelas sehari. Selalu ingat untuk membuka dan menutup hari dengan minum segelas air putih bersuhu ruangan (bukan air es).

16 Metode dan Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Cara Memutihkan Wajah dengan Masker Berbahan Alami

Berbicara mengenai masker wajah, ada banyak bahan yang bisa Sobat Pintar jadikan masker alami demi mendapatkan kulit wajah putih. Selain aman karena berbahan alami, masker ini juga mudah dibuat mengingat bahan-bahannya tersedia di sekitar.

Berikut ini beberapa masker yang bisa Sobat Pintar coba:

1. Madu

Madu dapat membuat kulit kencang dan awet muda. Pasalnya, madu bisa menghambat masuknya bakteri ke dalam kulit. 

Untuk membuat masker wajah, campurkan madu dengan satu putih telur (tanpa kuning telur). Aduk hingga merata, oleskan dan diamkan di wajah selama 15 menit. 

2. Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan tinggi, sehingga baik untuk mencegah serangan zat radikal bebas. Selain menjadi bahan masakan dan meminumnya sebagai jus, ternyata Sobat Pintar juga bisa membuatnya sebagai masker wajah.

Untuk membuat masker wajah, peras setengah bagian tomat dan campurkan dengan minyak zaitun. Oleskan pada permukaan wajah dan diamkan selama 15 menit. Meski terasa lengket, tetapi masker ini diyakini bisa membuat wajah Sobat Pintar cantik alami.

3. Cuka apel

Masker berbahan dasar cuka apel sangat mudah dibuat karena Sobat Pintar hanya cukup mencampurnya dengan air. Celupkan kapas dan oleskan pada wajah. Diamkan selama beberapa saat lalu bilas dengan air hangat.

Dengan sifatnya yang asam, cuka apel sanggup meregenerasi kulit dan mengangkat sel kulit mati. Selain itu, cuka apel mampu meluruhkan minyak berlebih pada lapisan kulit.

4. Jeruk nipis

Kandungan antioksidan di dalam jeruk nipis dipercaya dapat menangkal zat radikal bebas. Jika digunakan sebagai bahan masker, jeruk nipis bisa membantu mengatasi jerawat dan flek hitam pada wajah. 

Cara membuat masker wajah sangat mudah, cukup belah jeruk nipis dan oleskan pada wajah. Setelah 30 menit, bilas hingga bersih. Sangat disarankan untuk melakukan ini 2-3 kali dalam seminggu.

5. Kunyit

Kunyit sudah sejak lama digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan flek hitam dan mencerahkan warna kulit. Bahan ini hampir selalu ada di dapur, sehingga gampang dicari. Caranya campur air perasan kunyit dengan susu dan air lemon. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Lakukan beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil optimal.

6. Daun jambu biji

Selain buahnya yang enak dibuat jus, ternyata daun jambu biji juga bermanfaat untuk dibuat masker wajah alami. Cara memutihkan wajah di poin ini cukup unik karena kita menggunakan daun, bukan buahnya.

Ambil beberapa lembar daun jambu biji kering, kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan air dan aduk hingga menjadi seperti bubur. Oleskan pada kulit wajah selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

7. Lemon

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon tidak hanya berguna untuk diminum, melainkan juga dipakai sebagai bahan masker. Selain vitamin C, kandungan asam alpha hidroksi pada lemon bisa menangkal zat radikal bebas pada kulit.

Oleskan air perasan lemon pada wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Jika sudah dirasa cukup, bilas wajah Sobat Pintar dengan air hangat.

8. Air beras

Air cucian beras sudah lama dikenal mengandung nutrisi untuk wajah, kulit, dan rambut. Air rendaman beras juga banyak digunakan sebagai bahan dasar make-up karena mengandung zat gamma-oryzanol

Celupkan bola kapas ke dalam air cucian beras, lalu pijat dia dengan lembut ke kulit wajah. Biarkan air rendaman beras terserap sepenuhnya ke dalam kulit. Setelah kering, bilas wajah dengan air bersih. Larutan ini berguna untuk mendinginkan kulit yang berjerawat dan iritasi.

9. Pisang

Pisang mengandung vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit. Haluskan pisang hingga lembut, kemudian campur dengan satu sendok madu. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Setelah bilas dengan air bersih, Sobat Pintar akan merasakan sedikit perbedaan kulit wajah yang halus.

10. Susu

Susu mengandung berbagai nutrisi untuk kesehatan tubuh, mulai dari vitamin A, vitamin D, zat besi, kalsium, antioksidan, hingga asam beta hidroksi. Dengan meminum susu, kulit Sobat Pintar menjadi kencang, lebih putih, dan sel kulit matinya akan digantikan dengan yang baru.

Selain diminum, campuran susu dan madu juga bisa dijadikan sebagai masker wajah.

Itulah berbagai metode pemutihan wajah yang bisa Sobat Pintar coba. Sebaiknya hindari penggunaan obat-obatan atau suntikan karena memiliki efek samping ke tubuh. Masih banyak cara memutihkan wajah secara alami yang lebih aman. Selamat mencoba dan semoga wajah Sobat Pintar semakin cerah!

Memahami bahaya SIM Swap Agar Tidak Menjadi Korban

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload