13 Tips Cara Mudah Untuk Menjaga Keuangan Tetap Fit Saat PPKM Darurat ini

04 Jul 2021 by pujisukarryadi

Sobat Pintar!

Pemerintah baru saja mengeluarkan peraturan PPKM Darurat di Jawa dan Bali yang berlaku mulai tanggal 3-20 Juli 2021, mungkin kamu melihat di marketplace beberapa kebutuhan seperti susu, vitamin, oximeter yang harganya melonjak hingga 2x lipat akibat adanya panic buying.

Karena itu kita semua harus tetap objektif dan rasional menyikapinya dan jangan sampai membeli barang-barang untuk stok beberapa bulan ke depan yang menghabiskan  dana yang tidak sedikit. Nah supaya di masa PPKM Darurat ini keuangan kamu gak jebol, Pintar Discover punya beberapa tips untuk kamu bisa terapkan  dan pengeluaran yang tidak penting bisa kamu tunda dan bahkan stop.

1. Berhenti berlangganan/unsubscribe dari email-email penawaran marketing yang menggoda dari marketplace, kartu kredit, dan juga brand-brand tertentu.

2. Hapus info pembayaran otomatis seperti kartu kredit, debit atau bahkan akun paylater kamu dari situs jual beli online

3. Atur menu makanmu jangan sampai membeli sesuatu yang tidak ada di daftar belanjaan Sobat Pintar

4. Membeli barang bekas yang lebih murah untuk menghemat pengeluaran dan membantu lingkungan

5. Gunakan sistem amplop untuk pengeluaran, bagi keuangan kamu dalam beberapa kebutuhan. Ingat kebutuhan bukan keinginan ya Sobat Pintar.

6. Cek semua pengeluaran kamu secara berkala bisa perhari atau perminggu.

7. Kalau kamu punya keahlian khusus mungkin sudah saatnya kamu menjual bakatmu lewat social media atau situs professional dan lakukan kelas-kelas online (webinar) via Zoom ataupun Google Meet

8. Gunakan sim prabayar daripada pasca bayar untuk menghindari tagihan yang membludak

9. Buat produk pembersih sendiri kamu bisa gunakan air+cuka+minyak esensial sebagai pembersih multiguna di rumah

10. Habiskan produk kecantikan (perawatan kulit, wajah, rambut) sebelum membeli produk yang baru

11. Jangan memesan makan untuk dibawa pulang, tiru menu makanan yang sama seperti makanan restoran untuk menghemat pengeluaran. Untuk menu makanan kamu bisa download Cookpad, atau melihat menu pilihan yang dbuat beberapa influencer di social media.

12. Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan , tidak apa-apa untuk membeli barang yang kamu butuhkan tapi ketika berbicara barang yang kamu inginkan, hal yang terbaik adalah menabung, atau menunggu dan tunggu apakah harganya bisa lebih murah.

13. Jangan belanja di saat perut sedang lapar. Berdasarkan beberapa penelitian berbelanja di saat lapar akan membuat kamu membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan ini juga berlaku untuk berbelanja barang-barang di luar kebutuhan makanan ya.

Nah Sobat Pintar, itu saja tips-tips yang kamu bisa jalankan ya. Selamat mencoba  ya.

Berikan komentar kamu di bawah ini ya.

mobile-closeKredit PintarDownload