10 Manfaat Granola Bagi Kesehatan Tubuh

31 Aug 2021 by Laruan

Granola adalah salah satu makanan sehat yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Cari tahu yuk apa saja manfaat granola yang bisa Sobat Pintar dapatkan! Granola adalah makanan dengan kombinasi antara kacang-kacangan, gandum serta pemanis seperti madu ataupun gula. 

Tidak hanya menyehatkan, granola juga memiliki rasa yang lezat. Hal inilah yang menjadi alasan banyak masyarakat menyukainya sebagai menu sarapan. Lantas apa saja manfaat granola untuk kesehatan? Dari pada penasaran, mari kita simak ulasannya berikut ini!

Dapatkan penghasilan tambahan dari survey berikut. 

10 Manfaat Granola Bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Granola untuk Kesehatan

Penelitian terhadap manfaat dari granola sendiri memang masih sangat terbatas. Akan tetapi, beberapa bahan yang ada di dalam granola memang sudah terbukti mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Sebagai sumber serat tinggi

Granola adalah salah satu sumber serat dan protein yang membantu menjadikan perut terasa kenyang. Dengan mengkonsumsi granola yang tinggi serat. maka tubuh akan lambat untuk mencerna makanan tersebut. Hasilnya nafsu makan menjadi lebih terkontrol sehingga cocok sekali untuk mendukung program diet Sobat Pintar.

2. Membantu menjaga tekanan darah

Serat yang terkandung di dalam granola tidak hanya bersifat mengenyangkan saja, akan tetapi juga membantu menjaga kestabilan tekanan darah. Selain itu, buah kering di dalam granola juga mengandung elektrolit dan kalium. Kandungan tersebut diketahui mampu membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat 

Sama seperti gandum, granola ini adalah sumber beta glucan yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh. Beta glucan adalah zat gizi yang membantu tubuh agar terhindar dari resiko serangan jantung.

4. Menurunkan kadar gula dalam darah 

Kacang-kacangan, gandum utuh dan biji-bijian adalah sumber makanan yang mempunyai kadar IG (indeks glikemik) rendah. Mengkonsumsi granola dengan IG rendah mampu menjadi cara tepat untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh agar selalu stabil.

5. Membantu menyehatkan saluran cerna

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan saluran cerna yaitu dengan memenuhi asupan serat harian. Sobat Pintar dapat mendapatkannya dengan cara memenuhi asupan serat dalam tubuh, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi granola. Dengan sistem saluran cerna yang lancar, maka tubuh akan terbebas dari resiko sembelit atau keluhan pencernaan yang lain.

6. Sebagai sumber antioksidan 

Kacang-kacangan yang terdapat di dalam granola adalah sumber antioksidan yang bagus untuk tubuh. Antioksidan ini berperan penting dalam menangkal radikal bebas serta membantu meredakan peradangan dalam tubuh.

7. Sebagai sumber tenaga

Granola memiliki kandungan karbohidrat yang dapat menjadi sumber tenaga dalam tubuh. Bagi Sobat Pintar yang gemar olahraga dan aktif bergerak di pagi hari, maka mengkonsumsi granola saat sarapan dapat menjadi sumber karbohidrat yang mampu melancarkan metabolisme tubuh. Meski memiliki kandungan karbohidrat, granola tidak akan memicu bertambahnya kadar gula maupun membuat lemas setelah anda mengkonsumsinya.

8. Mencegah masalah anemia

Dalam ¼ cangkir granola mengandung nutrisi penting antara lain folat, zat besi, zinc dan juga vitamin D. Kandungan folat dan zat besi dapat mencegah resiko anemia atau kurang darah. Zat besi di dalam granola mampu membantu proses pemulihan masalah anemia. Maka dari itu bagi penderita anemia sangat disarankan mengkonsumsi granola secara rutin.

9. Menyehatkan kulit

Manfaat granola berikutnya adalah menutrisi kulit agar tetap sehat dan segar. Kandungan vitamin E di dalam granola bagus untuk meregenerasi sel serta menjaga kulit supaya tetap lembab.

Akan tetapi, jangan hanya mengandalkan sumber vitamin E yang terdapat di dalam granola saja. Sobat Pintar juga perlu menutrisi kulit dari luar, contohnya dengan menggunakan skincare supaya selalu terjaga kesehatannya.

10. Membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Granola memiliki kandungan nutrisi lengkap. Misalnya saja seperti kandungan mineral, vitamin dan antioksidan yang bagus untuk menambah sistem imun dalam tubuh. Dengan asupan nutrisi yang cukup disertai dengan gaya hidup sehat yang lain, maka tubuh akan selalu sehat dan kuat. 

Meskipun mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan, namun granola juga mempunyai efek samping. Efek ini akan Sobat Pintar rasakan apabila Sobat Pintar mengkonsumsi granola dengan tambahan perasa, lemak, dan juga gula.Keberadaan tambahan lemak maupun gula dapat meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh. 

Sehingga, bukannya tubuh menjadi sehat, namun justru berisiko mengalami obesitas yang membahayakan tubuh. Obesitas dapat menjadi faktor resiko terjadinya penyakit lain. Misalnya saja seperti penyakit jantung dan diabetes. 

Untuk menurunkan efek samping berbahaya tersebut, ada baiknya Sobat Pintar membaca komposisi serta label nutrisi pada kemasan granola sebelum mengkonsumsinya.

10 Manfaat Granola Bagi Kesehatan Tubuh

Tips sebelum Mengkonsumsi Granola agar Mendapatkan Manfaat Optimal

Meskipun granola diberi label dengan makanan sehat, pastikan Sobat Pintar tidak melewatkan untuk membaca informasi gizi dan komposisi pada label kemasan. 

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi granola, antara lain:

1. Perhatikan kandungan gula

Tambahan gula dalam granola dapat menyamar sebagai madu, dekstrosa, high-fructose corn syrup (HFCS), corn syrup solids, anhydrous dextrose, dan fruktosa. Disamping itu, perhatikan pula jika terdapat kandungan maltosa, laktosa, molasses, sukrosa atau nectar.

Sebab beberapa bahan tersebut adalah pemanis tambahan untuk makanan. Maka dari itu jika dalam labelnya terdapat beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas, sebaiknya batasi jumlah konsumsinya.

Sehingga Sobat Pintar bisa mendapatkan manfaat yang lebih banyak dari yang diharapkan saat mengkonsumsi granola.

2. Pilih granola yang sesuai dengan jenis diet

Terdapat beberapa granola yang dibuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan dengan label “grain-free”. Bagi Sobat Pintar yang melakukan program diet, tentunya Sobat Pintar sudah tahu bahwa biji-bijian merupakan makanan yang tidak dianjurkan untuk dimakan.

Maka dari itu bila sedang menjalankan program diet, sebaiknya batasi jumlah konsumsi granola setiap hari. Ini penting sekali supaya Sobat Pintar sukses melakukan program diet seperti yang diharapkan.

3. Hindari kandungan lemak jenuh dan lemak trans

Lemak jenuh yang bisa saja terdapat di dalam granola melalui tambahan minyak tertentu bisa meningkatkan kolesterol jahat. Usahakan untuk menghindari konsumsi granola yang memiliki kandungan tersebut untuk menghindari resiko penyakit jantung.

Selain itu, pastikan pula untuk menghindari granola yang memiliki kandungan lemak trans yang bisa didapatkan dari bahan tambahan. Misalnya saja seperti partially hydrogenated palm oil atau minyak sawit terhidrogenasi parsial.

4. Perhatikan porsi ketika mengkonsumsi granola

Takaran untuk menyajikan granola dapat berbeda-beda sesuai merknya. Akan tetapi, porsi granola ideal yakni 1/3 cangkir. Maka dari itu sebelum menggunakannya, baca dulu panduan mengkonsumsi yang terdapat pada label kemasannya. Sehingga Sobat Pintar bisa mengkonsumsi ke dalam porsi yang tepat dan mendapatkan manfaat yang seharusnya.

Nah, itulah ulasan mengenai beberapa manfaat granola untuk kesehatan yang bisa Sobat Pintar dapatkan jika mengkonsumsinya dengan benar. Agar manfaat kesehatan tersebut bisa Sobat Pintar peroleh secara optimal, disarankan bagi Sobat Pintar untuk mengkombinasikan konsumsi granola dengan berbagai makanan bergizi seimbang yang lain, serta harus rajin berolahraga.

Waspadai penipuan dengan modus pembajakan kartu SIM

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload