Yamaha Fazzio: Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan, dan Harga

18 Jan 2024 by kreditpintar, Last edit: 31 Jan 2024

Apakah Sobat Pintar sedang mencari sepeda motor dengan harga sekitar Rp20 jutaan? Jika ya, sekarang harga Yamaha Fazzio berkisar di angka Rp22 jutaan untuk varian tertingginya.

Harga sepeda motor itu termasuk murah, mengingat teknologi mesin, spesifikasi, dan fitur yang dimiliki Yamaha Fazzio sangat lengkap. Menariknya, motor ini diketahui sebagai motor hybrid yang hemat bahan bakar.

Jika Sobat Pintar tertarik meminang sepeda motor hybrid dari Yamaha ini, berikut adalah spesifikasi dan harga Yamaha Fazzio yang wajib diketahui.

Apa Itu Yamaha Fazzio

Photo: Zigwheels / Alt Text: Harga Yamaha Fazzio Terbaru 2023

Yamaha Fazzio adalah salah satu kendaraan sepeda dua yang dikeluarkan oleh Yamaha. Motor ini menggunakan sistem hybrid yang dapat menggunakan bensin berjenis oktan 92 seperti Pertamax atau Shell Super.

Konsep hybrid pada motor ini masih menggunakan bantuan teknologi elektrifikasi, namun Yamaha Fazzio masih mengandalkan sistem pembakaran bensin sebagai sumber tenaga utamanya.

Adapun arti kata Fazzio diambil dari dua gabungan kata “fashion” dan “liscio”. Fashion diambil dari Bahasa Inggris yang berarti gaya sementara kata Liscio diambil dari Bahasa Italia yang berarti sederhana.

Spesifikasi Yamaha Fazzio

Sama seperti membeli smartphone atau gadget yang harus diperhatikan spesifikasi dan fitur yang dimiliki. Sobat Pintar juga harus mengetahui spesifikasi dan fitur yang dimiliki oleh kendaraan, apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Untuk mengetahui spesifikasi Yamaha Fazzio lebih lanjut, mari simak tabel di bawah ini.

Mesin
Tipe MesinSOHC
SilinderSingle Cylinder
Volume Silinder124,86 cc
Diameter52,4 mm x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi11.0:1
Daya Maksimum83,1 hp @ 6.500 rpm
Torsi Maksimum10,6 Nm @ 4.500 rpm
Sistem StarterElectric
Sistem PelumasanWet Sump
Kapasitas Oli Mesin0,84 liter
Tipe KoplingCentrifugal Clutch
Tipe TransmisiOtomatis
Rangka
Tipe RangkaUnderbone
Suspensi DepanTelekospik
SuspensiUnit Swing
Ban Depan110/70-12 47L
Ban Belakang110/70-12 47L
Tipe BanTubeless
Rem DepanDisc Brake
Rem BelakangDrum Brake
Dimensi
P x L x T1.820 mm x 685 mm x 1.125 mm
Jarak Sumbu Roda1.280 mm
Jarak Terendah ke Tanah135 mm
Tinggi Tempat Duduk750 mm
Berat Isi95 kg
Kapasitas Tangki Bensin5,1 L
Kelistrikan
Tipe BusiCR6HSA
Sistem PengapianTCI
BateraiYTZ6V

Berdasarkan tabel spesifikasi di atas diketahui bahwa sepeda motor Yamaha Fazzio menggunakan sistem hybrid. Pada dasarnya sistem ini tidak jauh berbeda dengan sepeda motor pada umumnya.

Namun sistem hybrid ini dapat memaksimalkan sistem komponen Smart Generator Motors (SMG) yang ada pada motornya. Perlu Sobat Pintar ketahui, komponen ini berfungsi untuk memaksimalkan sistem kerja electric starter dan juga berfungsi sebagai power assist.

Dengan adanya power assist dapat memberikan tenaga tambahan saat kendaraan hendak berakselerasi. Sistem ini akan aktif secara otomatis saat berada di 1.300 rpm dan nonaktif secara otomatis setelah 3 detik atau sudah mencapai 5.500 rpm.

Konsepnya sangat sederhana, namun pengemudi akan mendapat banyak keuntungan dari sisi performa dan tenaga. Selain itu, motor ini tidak memiliki komponen tambahan sehingga harga jualnya masih sangat terjangkau. 

Hal ini akan berbeda jika melihat sepeda motor lain yang memiliki komponen yang lebih kompleks yang harganya bisa mencapai lebih dari Rp20 jutaan.

Desain Yamaha Fazzio

Sepeda motor Yamaha Fazzio adalah skuter hybrid yang rilis pada awal tahun 2022. Motor ini mengkombinasikan unsur klasik modern dengan konsep desain terbaru Classy Yamaha.

Salah satu keunggulan sepeda motor ini dilengkapi dengan fitur Full Digital Speedometer dan LED headlight dengan desain yang unik. 

Adapun kapasitas tangki bensin motor ini sebesar 5,1 liter dan kapasitas bagasi 17,8 liter yang dapat menampung berbagai macam barang pribadi Sobat Pintar.

Tidak hanya itu, motor ini dilengkapi dengan sistem One Push Start yang memungkinkan pengguna untuk menyalakan mesin motor dengan satu sentuhan. Selain itu, sistem Stop & Start System yang ada di motor ini dapat secara otomatis dapat mematikan mesin motor saat tidak digunakan. Jadi lebih hemat bahan bakar.

Yamaha Fazzio tersedia dalam tiga varian warna untuk tipe Lux dan lima warna untuk tipe Neo. Salah satu varian warna terbaik tipe Lux adalah Lux White Pearl yang memberikan kesan premium. Dua warna lainnya ada Lux Matte Black dan Lux Prestige Silver.

Untuk tipe Neo hadir dalam lima warna, salah satunya adalah Neo Dull Blue dengan nuansa chill and relax. Sedangkan untuk warna Neo Orange memberikan kesan yang lebih segar.

Warna lainnya yang tersedia untuk tipe Neo ada Neo Red, Nei Beige, dan Neo Cyan. Semua warnanya memiliki nuansa yang berbeda-beda yang bisa dipilih oleh calon konsumen sesuai favoritnya masing-masing.

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Fazzio

Photo: MotoPH / Alt Text: Kelebihan dan kekurangan yamaha Fazzio

Untuk sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah kelebihan dan kekurangan Yamaha Fazzio yang harus Sobat Pintar ketahui:

KelebihanKekurangan
Yamaha Fazzio memiliki teknologi mesin hybridMemiliki penyakit reflektor belakang mudah lepas
Fitur tergolong lengkap dengan adanya konektivitas Y-ConnectDesainnya bukan selera semua orang
Performa mesin dapat diandalkan dengan kapasitas besarBentuk kaca spion kurang atraktif
Harga masih dapat bersaing di kelasnyaAyunan kaki-kaki relatif keras
Ruang kaki yang cukup luas

Harga Yamaha Fazzio Terbaru

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harga Yamaha Fazzio untuk varian tertingginya berkisar Rp22 jutaan. Sedangkan untuk varian di bawahnya dibanderol mulai dari Rp21 jutaan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar harga Yamaha Fazzio terbaru:

VarianHarga
Yamaha Fazzio Neo CyanRp21.890.000
Yamaha Fazzio Neo RedRp21.890.000
Yamaha Fazzio Neo BeigeRp21.890.000
Yamaha Fazzio Neo BlackRp21.890.000
Yamaha Fazzio Lux Prestige SilverRp22.190.000
Yamaha Fazzio Lux Matte BlackRp22.190.000

Melihat tabel harga Yamaha Fazzio diatas, sebenarnya harga sepeda motor ini selisih tipis dengan pesaing terdekatnya, yaitu Honda Scoopy.

Namun sepeda motor hybrid keluaran Yamaha ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitornya. Salah satunya adalah penggunaan sistem hybrid yang berfungsi untuk meningkatkan performanya.

Akhir Kata

Yamaha Fazzio menjadi transportasi roda dua pilihan terbaik untuk Sobat Pintar yang sedang mencari sepeda motor murah, berkualitas, dan irit bensin.

Sebab motor ini menggunakan sistem hybrid yang dibantu dengan teknologi elektrifikasi sehingga penggunaan bahan bakarnya jadi lebih hemat.

Itulah serba serbi tentang Yamaha Fazzio mulai dari spesifikasi, kelebihan, kekurangan dan harga terbarunya di tahun 2023. Semoga informasi ini dapat membantu Sobat Pintar dalam memilih kendaraan baru. Jangan lupa untuk terus ikuti blog kami untuk mendapat informasi bermanfaat seperti ini. Jangan lupa juga untuk unduh aplikasi Kredit Pintar di Google Play Store, ya.

31 Jan 2024
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download