9 Tempat Wisata Purwakarta Terbaik untuk Liburan

14 Dec 2023 by kreditpintar, Last edit: 14 Dec 2023

Purwakarta, yang dulu terkenal sebagai daerah industri, sekarang mulai berubah menjadi kota wisata. Tak sedikit tempat wisata Purwakarta yang menarik perhatian wisatawan dari seluruh Indonesia, khususnya provinsi Jawa Barat. 

Baca juga: 7 Ide Tempat Wisata di Bandung yang Hits

Bagi Sobat Pintar yang berdomisili di Ibu Kota, Purwakarta juga bisa menjadi pilihan sebagai tempat beristirahat dari rutinitas sehari-hari. Jaraknya hanya sekitar 94 kilometer dan hanya butuh waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan saja. 

Rekomendasi Tempat Wisata Purwakarta

Mayoritas tempat wisata di Purwakarta merupakan wisata alam yang menawarkan pemandangan indah dan suasana yang sejuk. Sangan cocok untuk healing bersama keluarga, teman, dan kerabat, terutama jika kamu terlalu sibuk belakangan ini hingga tak punya waktu untuk orang-orang terdekat.

Penasaran apa saja tempat wisata Purwakarta yang worth it untuk dikunjungi? Simak rekomendasi yang sudah disiapkan oleh Kredit Pintar di bawah ini, ya!

Desa Sajuta Batu

Seperti namanya, Desa Sajuta Batu merupakan sebuah desa yang dipenuhi oleh batuan andesit. Batuan yang tersebar secara alami menghasilkan panorama menakjubkan yang bisa dijadikan spot foto. 

Selain itu, Sobat Pintar juga bisa bermalam di skylodge yang ada di dinding tebing Gunung Parang. Perlu kamu ketahui, skylodge ini menyabet titel sebagai hotel gantung paling tinggi di dunia! 

Kamu bisa datang kapan saja ke tempat ini karena buka setiap hari dan tidak memungut biaya masuk. Lokasinya berada di Jalan Taman Batu, Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. 

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur terkenal sebagai tempat wisata keluarga favorit di Purwakarta. Alam di sekitar waduk ini masih terjaga dengan baik dan dapat memberikan suasana baru bagi Sobat Pintar yang berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta. 

Tak cukup sampai di situ saja, kamu juga bisa menemukan banyak sekali spot foto estetik untuk ber-selfie bersama teman atau keluarga. Tenang, fasilitas di Waduk Jatiluhur terbilang lengkap jadi kamu bisa berlibur dengan tenang. 

Waduk yang indah ini berada di Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Untuk setiap wisatawan yang datang, harus membayar biaya tiket sebesar Rp5.000 hingga Rp20.000 tergantung waktu berkunjungnya. Sangat murah, bukan? 

Tebing Boyer

Selanjutnya ada Tebing Boyer yang lokasinya tak jauh dari Waduk Jatiluhur. Tebing ini menjadi perbincangan banyak wisatawan karena sangat cocok untuk camping dan berwisata alam. 

Bahkan meskipun fasilitas nya belum terlalu lengkap, Tebing Boyer tetap dikunjungi banyak wisatawan setiap hari. Salah satu daya tarik utamanya adalah pemandangan waduk dan juga city view yang indah. 

Untuk berlibur di sini, kamu bisa langsung menuju ke Jalan Kp. Talun Desa Tajursindang, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta. Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam dan kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000.

Bukit Katumbiri

Tempat wisata Purwakarta yang tak kalah indah adalah Bukit Katumbiri. Bukit ini menawarkan pemandangan hijau dan alam yang segar, sangat cocok untuk menenangkan pikiran serta tubuh yang lelah. 

Seperti objek wisata alam pada umumnya, Bukit Katumbiri juga dipenuhi spot foto instagramable dengan background ciamik. Jadi Sobat Pintar bisa berburu foto sepuasnya bersama orang-orang tercinta. Untuk lokasinya, Bukit Katumbiri terletak di Margaluyu, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. 

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Lembang

Curug Tilu

Curug Tilu terkenal sebagai air terjun yang mempesona dengan medan yang tidak terlalu sulit. Walaupun terbilang rendah, namun suara aliran airnya tetap terdengar jelas dan bisa menenangkan pikiran. 

Di sekelilingnya ada hutan pinus yang membuat udara di sekitar curug menjadi sejuk. Yang lebih menarik lagi, Sobat Pintar juga bisa mencoba beberapa wahana outdoor yang seru seperti flying fox, v bridge, elvis bridge, dan lain sebagainya. Sobat Pintar bakal betah menghabiskan waktu lama di tempat ini. 

Bahkan jika terlalu betah dan tak mau buru-buru meninggalkan tempat ini, kamu bisa membawa tenda dan berkemah di tempat-tempat yang telah disediakan. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung? 

Cikao Park

Tempat wisata menarik selanjutnya yang ada di Purwakarta adalah Cikao Park. Tempat ini sudah menjadi destinasi favorit wisatawan sejak lama karena daya tariknya. 

Di sini kamu bisa mencoba berenang dan mencoba berbagai wahana menarik yang ada, mulai dari waterpark, taman satwa dan dino park, hingga rumah ilusi! Tentunya, kamu harus membayar tiket masuk untuk setiap wahana yang ada. Tenang saja, harga tiket untuk setiap wahana tidak lebih dari Rp50.000 kok, jadi masih cukup terjangkau!

Jika tertarik untuk berkunjung ke Cikao Park, kamu bisa langsung datang ke Cisalada, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta. Tempatnya buka setiap hari mulai jam 8 pagi sampai jam 6 sore. 

Gunung Parang

Khusus buat Sobat Pintar yang senang liburan ke gunung, bisa coba mengunjungi Gunung Paran di Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta. Gunung ini menyimpan banyak keindahan yang akan memanjakan mata saat kamu melihatnya langsung. 

Di samping itu, kamu juga bisa merasakan tantangan. Sebab di sini ada pendakian via ferrata atau tangga besi yang tertancap di sepanjang tebing Gunung. Nah, ferrata Gunung Parang ini menjadi satu-satunya ferrata yang ada di Indonesia.

Setiap wisatawan yang berkunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang, belum termasuk biaya parkir. Sobat Pintar bisa berkunjung kapan saja karena tempat ini buka setiap hari selama 24 jam!

Curug Cipurut

Satu lagi curug alias air terjun yang menarik di Purwakarta. Tempat ini menawarkan panorama alam indah dan suasana yang cocok untuk menenangkan pikiran serta jiwa yang sedang lelah. 

Saat berada di Curug Cipurut, kamu akan merasakan kesegaran alam masuk secara perlahan ke tubuh dan menghilangkan semua penat yang ada. Tak lupa, ada banyak spot foto instagramable yang sayang untuk dilewatkan. 

Tempat wisata Purwakarta ini terletak di daerah Babakan, Kecamatan Wanayasa. Pengunjung bisa datang setiap hari, jam berapa saja karena lokasinya buka selama 24 jam. Namun, pengunjung harus membayar biaya masuk sebesar Rp5.000 saat weekday dan Rp20.000 saat weekend. 

Taman Air Mancur Sri Baduga

Tempat wisata Purwakarta yang terakhir ada Taman Air Mancur Sri Baduga di Jalan K. K Singawinata Nomor 73, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Taman air mancur terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini memiliki pertunjukkan spektakuler yang memanjakan mata. 

Saat pertunjukkan dimulai, kamu bisa menyaksikan air mancur “menari” selama 20 menit sambil diiringi lagu-lagu hits yang enak didengar. Ketika menonton pertunjukkan air mancur, Sobat Pintar dapat menjajal berbagai jenis kuliner lezat atau hunting foto estetik. 

Yang tak kalah menarik lagi, Sobat Pintar tidak perlu merogoh kocek untuk membayar tiket masuk saat berkunjung ke sini. Selain itu, lokasinya juga buka setiap hari selama 24 jam, jadi kamu bisa datang kapan saja. Tapi, jika ingin merasakan sensasi liburan yang menyenangkan, sebaiknya datang pada hari Sabtu pagi, ya!

Baca juga: 5 Wisata Kediri Romantis untuk Kamu dan Pasangan

Artikel tentang tempat wisata purwakarta ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Dec 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download