Waspada Mulut Pahit! Ini 10 Cara Mengatasinya

26 Aug 2021 by Laruan

Manusia umumnya memiliki 5 indera, dan di antaranya ada indera perasa yaitu lidah. Asam, asin, manis, pahit bisa dirasa apabila tidak ada masalah. Namun, seringkali ketika sedang sakit kita merasakan mulut pahit dan menjadikannya tidak terasa nyaman. Lalu sebenarnya apa penyebab mulut menjadi terasa pahit?

Waspada Mulut Pahit! Ini 10 Cara Mengatasinya

Tentu saja kita semua sudah tahu bahwa selama ini ada makanan-makanan yang memang terasa pahit, seperti obat-obatan pada umumnya, jamu, kopi dan lain sebagainya. Selain itu, makanan memiliki rasa yang bervariatif sehingga memunculkan sensasi kenikmatan dalam memakannya. Namun, saat tubuh sedang tidak dalam kondisi fit seringkali terjadi gangguan dalam indera perasa yang menjadikan semuanya terasa pahit. 

Penyebab Mulut Pahit

Mulut yang pahit, dalam dunia kesehatan memiliki nama ilmiah yaitu Dysgeusia. Rasa pahit ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Lalu, apa saja faktornya? Simak penjelasan di bawah ini.

1.Mulut Pahit Akibat Efek Samping Obat-Obatan

Jika Sobat Pintar sedang mengkonsumsi obat, kemungkinan besar rasa pahit dalam mulut disebabkan karena efek samping obat ini. Namun tidak semua obat-obatan dapat memberikan efek ini. Sobat Pintar pasti sudah pernah menjumpai bahwa ada beberapa jenis obat yang sudah diberikan perisa, seperti strawberry, jeruk, dan rasa-rasa lain yang biasanya ditujukan untuk pasien anak-anak.

Biasanya, obat-obat yang menimbulkan efek pahit di mulut adalah seperti antibiotik, obat kemoterapi, obat untuk penyakit jantung, tablet zat besi dan masih banyak lagi lainnya.

2.Mulut Kering Menyebabkan Rasa Pahit Pada Mulut

Faktor kedua adalah karena mulut kering. Mulut yang kering biasanya timbul karena efek obat-obatan atau dehidrasi sehingga mulut menghasilkan air liur lebih sedikit. Dalam kondisi ini, mulut tidak dalam kondisi yang cukup baik sehingga menjadikan bakteri banyak yang menempel di dalam mulut. Oleh karena itulah mulut menjadi terasa pahit.

3.Gigi Bermasalah

Berikutnya ada masalah gigi, seperti gigi berlubang, gusi bengkak, infeksi dan lain sebagainya pun bisa menimbulkan rasa pahit di mulut. Sama halnya dengan kondisi di atas, bakteri bisa dengan mudah timbul dengan masalah-masalah tersebut, ditambah dengan nafsu makan yang menjadi berkurang. 

4.Asam Lambung Naik

Berikutnya masalah yang sudah sangat familiar adalah masalah asam lambung yang naik. Asam lambung biasanya disebabkan karena makan makanan yang pedas ataupun minuman berkafein. Hal ini menyebabkan asam lambung naik, dan menjadikan mulut menjadi terasa pahit.

Biasanya hal ini akan berlangsung beberapa saat. Untuk menguranginya, atasi masalah lambungnya terlebih dahulu yaitu dengan obat asam lambung, maka rasa pahit dalam mulut akan berkurang.

5.Efek Samping Kehamilan

Pada masa awal kehamilan, wanita lebih sering mendapatkan efek mulut yang terasa pahit. Hal ini merupakan hal yang wajar, ditambah dengan kondisi awal kehamilan yang masih sering mual dan tidak doyan makan. Hal ini disebabkan oleh hormon kehamilan.

Dari beberapa penyebab di atas, informasi yang ditanyakan selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi kepahitan mulut bisa kembali normal. Simak penjelasan selanjutnya di bawah ini.

Artikel lain yang menarik dibaca: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

Cara Mengatasi Mulut yang Pahit

Mulut yang terasa pahit sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Selain mengganggu nafsu makan juga dapat memberikan persepsi berlebih kepada otak bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja. Oleh karena itu, untuk mengurangi rasa pahit dalam mulut, sebaiknya coba cara-cara di bawah ini.

1.Perbanyak Makan

Memperbanyak makan akan menyeimbangkan sensor perasa dalam lidah sehingga rasa makanan yang dikunyah bisa dirasa normal. Makanlah makanan yang memiliki rasa manis, asin ataupun asam sehingga mulut bisa lebih peka terhadap rasa-rasa lain selain pahit yang ditimbulkan.

2.Sering Menyikat Gigi Agar Kebersihan Mulut Terjaga

Membersihkan gigi juga menjadi faktor utama kesehatan mulut. Bakteri yang ada di dalam mulut menjadi lebih minim sehingga tidak menyebabkan masalah-masalah. Sikatlah gigi Sobat Pintar minimal 2 kali dalam sehari untuk mengurangi bakteri-bakteri yang menempel di dalam mulut akibat mengkonsumsi banyak makanan.

3.Konsumsi Vitamin Kunyah

Vitamin merupakan suplemen yang sudah memiliki rasa yang bervariatif. Selain membantu menjaga kesehatan, rasa yang ada di dalam vitamin kunyah juga bisa menyeimbangkan sensor lidah menjadi lebih peka dalam macam-macam rasa. Konsumsilah vitamin berbentuk tablet kunyah agar lebih bertahan lama di dalam mulut dan membantu lidah lebih bisa merasakan banyak rasa.

4.Kumur Air Garam 

Selanjutnya, cara yang bisa Sobat Pintar coba adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Sobat Pintar bisa mencampurkan setengah gelas belimbing air putih hangat dengan satu sendok makan garam. Kumur-kumur selama satu menit, lalu buang. 

Rasa asin yang kuat bisa membantu menetralkan lidah Sobat Pintar agar rasa pahit dalam mulut hilang.

5.Konsumsi Makanan Asam 

Sama seperti air garam, mengonsumsi makanan yang asam juga bisa membantu menghilangkan rasa pahit. Sobat Pintar bisa mengonsumsi buah-buahan asam seperti jeruk ataupun yang lainnya namun perhatikan jumlahnya agar tidak mengganggu pencernaan Sobat Pintar.

6.Kunyah Permen Karet Bebas Gula

Selanjutnya, mengunyah permen karet bebas gula. Biasanya berupa permen karet mentol yang memberikan sensasi segar. Tujuannya adalah untuk meminimalisir bakteri-bakteri yang menempel di gigi.

Mungkin selama ini permen karet hanya dipandang sebagai camilan dengan sensasi yang berbeda. Rasa-rasa yang ditawarkan juga bervariatif. Namun untuk masalah ini, cobalah untuk menggunakan permen karet yang bebas gula agar mengurangi bakteri yang menempel di dalam mulut. 

7.Perbanyak Minum Air Putih

Mulut yang kering akan banyak mendatangkan bakteri-bakteri sehingga membuat mulut terasa pahit. Oleh karena itu, konsumsilah air putih secara rutin setiap hari minimal 8 gelas agar tubuh menjadi lebih sehat.

8.Kurangi Rokok

Siapa sangka rokok tidak hanya menimbulkan efek pada pernapasan, melainkan juga pada kesehatan mulut. Kandungan-kandungan yang terdapat pada rokok bisa bertahan pada mulut sehingga menimbulkan efek pahit. Jadi, sebaiknya kurangi mengkonsumsi rokok.

9.Istirahat yang Cukup

Berikutnya, seperti kunci kesehatan yang lain untuk tubuh adalah dengan beristirahat dengan cukup. Tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup yaitu 8 jam dalam sehari. 

10.Gunakan Produk Pencuci Mulut

Selanjutnya, adalah dengan menjaga kebersihan mulut dengan menambah menggunakan produk pencuci mulut atau biasa disebut mouthwash. Sekarang ini, produk mouthwash sudah sangat mudah ditemukan di toko-toko terdekat.

Awali dengan menyikat gigi secara rutin yaitu minimal 2 kali dalam sehari, terutama sebelum tidur. Setelah menyikat gigi, gunakan produk mouthwash untuk membantu mengurangi bakteri dan kotoran yang masih menempel di gigi.

Berikut tadi adalah penjelasan mengenai pemicu dan cara mengatasi mulut pahit. Pastikan agar Sobat Pintar selalu mengonsumsi makanan sehat setiap hari dan perbanyak minum air putih. Selain itu, Sobat Pintar juga harus mengurangi rokok karena itu juga bisa menjadi faktor mulut menjadi pahit. Semoga bermanfaat. 

Artikel lain yang menarik dibaca: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload