Waspada Dampak Negatif Kuliah Sambil Kerja

30 Jul 2021 by Laruan

Setiap orang mempunyai alasan yang berbeda – beda saat memutuskan untuk kuliah sambil kerja, ada yang ingin cari pengalaman kerja, ingin membantu orangtua, terkendala biaya kuliah dan ingin membiayai sendiri kuliah, dan ada yang karena seperti teman – teman yang lain sudah kerja begitu lulus sekolah.

Dampak Negatif Kuliah Sambil Kerja

Tujuan mengambil kesempatan bekerja saat kuliah akan menentukan bagaimana cara seseorang menjalani aktivitas selama mengambil kesempatan bekerja saat kuliah dan bagaimana seseorang dalam menghadapi setiap tantangan yang terjadi. Sebelum memutuskan untuk mengambil kesempatan bekerja saat kuliah sebaiknya mempunyai tujuan yang kuat dan jelas sehingga apapun tantangan dan rintangannya yang akan dihadapi dan kerugian mengambil kesempatan bekerja saat kuliah bisa diatasi dengan baik. Dampak negatif mengambil kesempatan bekerja saat kuliah adalah semua resiko yang bisa terjadi selama kita menjalani mengambil kesempatan bekerja saat kuliah sehingga menghambat apa yang menjadi tujuan kita.

Dalam perkuliahan bukan hanya tentang belajar dan meningkatkan keahlian tetapi ada banyak hal yang akan dihadapi selama proses perkuliahan berlangsung yang sebelumnya bisa jadi tidak terprediksi seperti seminar, workshop, konsultasi, kegiatan kepanitiaan. Begitu pula dengan dunia kerja banyak hal yang terjadi diluar prediksi kita. Berikut kerugian  mengambil kesempatan bekerja saat kuliah yang biasa terjadi dan dialami oleh mereka yang mengambil kesempatan bekerja saat kuliah, dampak negatif setiap orang tidak sama, tetapi sebagian besar yang mengambil kesempatan bekerja saat kuliah mengalami hal – hal sebagai berikut :

  1. Kelelahan secara fisik 

Setiap orang mempunyai kondisi fisik dan mental yang berbeda dalam dirinya, ada yang kondisi fisiknya sehat dan kuat beraktivitas sepanjang hari, ada juga yang yang baru beraktifitas sedikit saja sudah capek dan lemah. Menurut ahli kesehatan dan sudut pandang ergonomi bahwa setiap beban kerja yang diterima seseorang harus sesuai dengan kemampuan fisik, kognitif, maupun keterbatasan kesehatan manusia dalam menerima beban kerja tersebut. Dan apabila hal tersebut dilakukan dalam jangka waktu yang lama selama beberapa tahun maka akan sangat membahayakan kesehatan secara jangka panjang. Tubuh manusia diberikan kemampuan untuk bekerja secara fisik 8 jam dalam sehari, Istirahat 8 jam dan melakukan aktivitas ringan dan santai 8 jam. Jadi pastikan bahwa pekerjaan yang diambil adalah pekerjaan yang tidak menyita fisik dan pikiran kita melebihi 8 jam tersebut. 

  1. Kelelahan secara Mental/ menimbulkan Stress

Dampak negatif mengambil kesempatan bekerja saat kuliah dengan beban pekerjaan yang besar akan sangat rawan menimbulkan kelelahan secara mental karena kita berhadapan dengan berbagai masalah dan manusia yang berbeda secara silih berganti, belum faktor lain seperti macet di jalan, konsultasi dengan dosen, masalah dengan pekerjaan deadline dan lainnya. Hal ini akan memicu kondisi mental yang tidak baik sehingga mudah tersinggung, dan emosi.

  1. Prestasi belajar bisa tidak maksimal

Setiap orang pasti ingin saat belajar mendapatkan hasil dan prestasi yang baik, akan sangat  di sayangkan apabila hasil belajar dan jerih payah selama kuliah hasilnya tidak maksimal karena kelelahan atau tidak fokus, jangan sampai ada penyesalan di kemudian hari yang akhirnya menyebabkan masalah baru mendapatkan pekerjaan dan karir yang lebih baik karena terbentur nilai  dan prestasi belajar yang tidak memadai . Untuk itu perlu sebaiknya dipikirkan baik – baik dalam memutuskan kuliah sambil kerja dan kerugiannya.

  1. Kehidupan masa muda yang tidak seimbang

Kuliah sambil kerja memang awal mungkin asyik untuk dijalani dan menyenangkan mempunyai pengalaman, namun setelah masuk tahun kedua dan seterusnya dimana banyak sekali tugas kampus, tugas pekerjaan yang bersamaan, masalah semakin banyak. Bahkan kadang kegiatan bersamaan maka ini akan membuat aktivitas semakin padat dan kadang lupa waktu untuk makan, lupa untuk istirahat, lupa untuk ibadah. Hal ini memberi kerugian terhadap ketidak seimbangan hidup.

  1. Kehilangan kesempatan mengikuti Kegiatan Ekstra kampus 

Kegiatan ekstra kampus sangat banyak dan variatif sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa, ada juga kegiatan seminar, workshop, yang diadakan untuk meningkatkan skill dan kemampuan mahasiswa. Apabila disibukkan dengan pekerjaan yang ada dengan waktu yang sangat ketat maka kita akan kehilangan kesempatan untuk memperluas jaringan, kesempatan peluang terlibat dalam kepanitiaan kegiatan, kegiatan luar yang akan meningkatkan kemampuan kita dalam mengorganisir event dan lainnya
Beberapa kerugian dan banyaknya masalah yang timbul tersebut harus segera diatas dan menjadi perhatian penting bagi yang ingin kuliah sambil kerja, jangan sampai kehilangan arah dan prioritas. 

Disarankan untuk mahasiswa memilih pekerjaan yang sifatnya Freelance yang melatih keahlian dan keterampilan seperti pekerjaan menulis, pekerjaan analisa data, pekerjaan konten kreator, web design, privat belajar, dan pekerjaan lain yang tidak menyita waktu dan fisik. Bagi mahasiswa yang ingin fokus belajar dan berprestasi maksimal dengan aktif dalam kegiatan kampus, ada program pembiayaan untuk kuliah yang bisa dicicil dengan proses yang mudah, cepat dan bunga ringan di Kredit Pintar. Kredit Pintar prosesnya sangat cepat dan angsurannya bisa di sesuaikan dengan jatuh tempo yang diperlukan. Proses pinjaman cepat, hanya perlu KTP dan tanpa agunan. Tapi harus disiplin soal pembayaran cicilan dan pastikan bayar tepat waktu. Sukses pendidikan bersama Kredit Pintar. Untuk info lebih lanjut silahkan klik disini.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload