Ini Dia 10 VPN Gratis Untuk Ponsel dan PC

06 Oct 2021 by Laruan

Pemerintah saat ini memang sedang gencar-gencarnya memblokir situs website yang dianggap berbahaya bagi pengguna internet di tanah air. Tetapi sobat pintar tidak perlu khawatir. Karena sobat pintar masih bisa menggunakan VPN gratis, apabila memang sangat perlu mengakses situs-situs tersebut.

Sebagaimana diketahui, VPN atau virtual private network bisa membantu sobat pintar untuk memperluas jaringan pribadi di jaringan publik. Hal ini membuat sobat pintar bisa tetap mengirim maupun menerima data di jaringan publik atau bersama, seolah-olah perangkat yang digunakan terhubung langsung ke jaringan pribadi.

Singkatnya, VPN adalah senjata yang bisa membantu sobat pintar untuk membuka situs website yang sudah diblokir. Bahkan dengan menggunakan VPN, sobat pintar bisa dengan nyaman mengakses internet tanpa perlu memperlihatkan IP.

Beberapa penyedia layanan VPN juga diketahui memiliki perlindungan yang ketat terhadap penggunanya, sehingga sobat pintar tidak perlu khawatir akan pencurian data maupun pelacakan aktivitas online oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Lalu, VPN apa sajakah yang bisa digunakan secara gratis dan aman? Yuk simak VPN gratis untuk ponsel dan PC yang sudah kami rangkum untuk sobat pintar di bawah ini.

Ini Dia 10 VPN Gratis Untuk Ponsel dan PC

VPN Gratis Untuk Ponsel

Sebenarnya ada banyak aplikasi VPN yang bisa digunakan secara gratis oleh pengguna ponsel, khususnya Android. Sayangnya, tidak semua aplikasi yang bisa diunduh dengan bebas tersebut memiliki performa yang baik dan aman untuk digunakan.

Jadi, untuk memudahkan sobat pintar dalam memilih, berikut sudah kami rangkum beberapa aplikasi VPN gratis untuk ponsel yang memiliki performa dan keamanan cukup baik:

  1. Turbo VPN

Pilihan pertama yang bisa sobat pintar pertimbangkan adalah Turbo VPN. Ini merupakan aplikasi VPN yang sudah sangat populer karena bisa digunakan secara gratis dan cukup ringan.

Aplikasi ini mengklaim memiliki kecepatan tinggi dan mendukung koneksi WiFi, 3G, 4G LTE, ataupun jaringan data lainnya. Selain itu, Turbo VPN juga cenderung mudah digunakan karena memiliki tampilan antar muka yang sederhana.

Sayangnya, aplikasi VPN ini masih memiliki beberapa kelemahan seperti performanya yang terkadang kurang stabil dan tidak adanya fitur privasi ekstra.

  1. Psiphon Pro

Aplikasi VPN gratis untuk ponsel yang selanjutnya adalah Psiphon Pro. Salah satu aplikasi yang juga mendapatkan rating tinggi dari pengguna Android.

Selain gratis, aplikasi VPN yang satu ini tergolong sangat mudah digunakan dan memiliki koneksi yang cukup gahar. Termasuk ketika digunakan untuk mengakses sejumlah situs yang sedang diblokir oleh pemerintah. Meskipun memang memiliki koneksi yang tidak terlalu cepat.

Kelemahan lain dari aplikasi VPN yang satu ini juga terletak pada pilihan jaringannya yang sangat terbatas.

Ini Dia 10 VPN Gratis Untuk Ponsel dan PC
  1. Cloudflare 1.1.1.1

Cloudflare 1.1.1.1 adalah aplikasi VPN yang memudahkan sobat pintar untuk menjelajah internet dengan lebih cepat tanpa perlu melakukan pengaturan DNS manual yang merepotkan.

Bahkan aplikasi ini diklaim bisa meningkatkan kecepatan internet rata-rata sobat pintar hingga 28%, jika dibandingkan dengan pengaturan DNS bawaan. Menariknya lagi, aplikasi VPN yang memiliki nama unik ini juga aman dari serangan hacker.

  1. VPN Master

Terkenal sebagai salah satu VPN gratis terfavorit untuk ponsel, aplikasi yang dikembangkan oleh developer All Connected ini bisa membantu sobat pintar mengakses situs apapun dengan lebih cepat dan mudah.

Aplikasi ini juga menyediakan beragam fitur unggulan yang bisa membantu sobat pintar untuk lebih nyaman menjelajah internet. Pilihan server yang disediakan juga cukup banyak, bahkan mencapai 20 negara.

Selain itu, tidak ada batasan bandwidth saat menjelajah internet menggunakan aplikasi VPN ini.

  1. NordVPN

VPN gratis dan terpercaya untuk ponsel yang terakhir adalah NordVPN. Aplikasi yang bukan hanya bisa digunakan secara cuma-cuma, tetapi juga membebaskan sobat pintar untuk mengakses internet dari beragam pilihan server yang sudah tersedia.

Ukuran aplikasi ini juga hanya sekitar 40 MB, sehingga tidak akan terlalu memakan ruang di ponsel sobat pintar.

Selain menyediakan versi gratis, NordVPN juga menawarkan versi premium yang memungkinkan pelanggannya untuk mengakses lebih banyak server dengan akses yang jauh lebih cepat.

VPN Gratis Untuk PC/Laptop

Lebih memilih untuk menggunakan VPN gratis di PC/laptop? Tenang, sobat pintar bisa menggunakan beberapa layanan VPN untuk PC/laptop berikut ini:

  1. Tunnel Bear

Bagi sobat pintar yang baru pertama kali akan menggunakan layanan VPN gratis untuk PC/ Laptop, Tunnel Bear bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh layanan VPN yang satu ini adalah tampilannya yang user-friendly. Selain itu, Tunnel Bear juga menyediakan sekitar 500 MB kuota yang bisa digunakan secara gratis setiap bulannya.

Masih belum cukup? Sobat pintar masih bisa mendapatkan 500MB tambahan kuota hanya dengan membagikan tautan ke Twitter.

  1. Hotspot Shield

Layanan VPN gratis yang dibuat oleh Anchor Free ini juga layak untuk sobat pintar pertimbangkan. Apalagi ini merupakan layanan VPN yang sudah ada dan digunakan oleh pengguna internet sejak bertahun-tahun yang lalu.

Sampai saat ini Hotspot Shield bahkan masih mempertahankan popularitasnya sebagai layanan VPN gratis terpercaya untuk PC/ laptop, di antara penyedia layanan serupa yang terus bermunculan.

  1. Hideme

Hideme adalah layanan VPN untuk PC/ laptop yang berbasis di Malaysia dan memiliki server yang berlokasi di tiga negara berbeda, yaitu Singapura, Belanda, dan Kanada.

Layanan ini juga bisa sobat pintar gunakan secara gratis, namun hanya terbatas untuk satu perangkat saja. Meskipun begitu, Hideme dilengkapi dengan privasi yang sangat kuat dan bebas dari iklan yang mengganggu. Bahkan kecepatannya cukup stabil dan cenderung bebas dari lag.

  1. Speedify

Butuh VPN gratis di banyak perangkat sekaligus? Maka Speedify bisa menjadi pilihan yang paling sesuai dengan kebutuhan sobat pintar.

Layanan VPN gratis yang satu ini memiliki 30 server yang tersebar di 20 kota besar di seluruh dunia dan bisa digunakan di 5 perangkat berbeda sekaligus. 

Speedify juga dikenal memiliki kecepatan dan enkripsi yang sangat kuat dengan memanfaatkan semua koneksi yang tersedia, sehingga bisa menghasilkan kinerja yang maksimal.

Ini Dia 10 VPN Gratis Untuk Ponsel dan PC
  1. Spotflux

Layanan VPN gratis untuk PC/ laptop terakhir yang sayang untuk dilewatkan adalah Spotflux.

Ini merupakan layanan VPN yang terkenal sangat aman digunakan untuk mengakses berbagai pilihan situs dan data. Tidak hanya melindungi koneksi dan data penggunanya, Spotflux bahkan dengan tegas memblokir perusahaan internet yang berusaha mencuri data atau melacak aktivitas online penggunanya. 

Nah, itu dia beberapa pilihan VPN gratis yang bisa digunakan di ponsel maupun PC/ laptop. Layanan VPN manakah yang akan sobat pintar gunakan?

Apa pun pilihannya, jangan lupa untuk selalu waspada dengan data-data digital yang sobat pintar miliki. Karena bagaimana pun, tidak semua VPN gratis memiliki dukungan terhadap data pribadi penggunanya. Jadi, bijaklah dalam memilih dan menggunakannya. Semoga bermanfaat!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload