Umroh; Estimasi Biaya dan Persiapannya

03 Sep 2021 by Laruan

Umroh adalah salah satu ziarah spiritual yang biasa dilakukan oleh umat Islam dari seluruh dunia. Indonesia sebagai negara dengan jumlah umat Islam terbesar di dunia mengirim banyak warganya untuk melakukan ibadah satu ini.

Menurut Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH), Indonesia merupakan negara yang menempati urutan kedua di dunia dalam hal jumlah jemaah Umroh. Tempat pertama diisi oleh Pakistan yang mengirim warganya sebanyak 1,5 juta jiwa per tahun untuk melaksanakan Umroh. Sedangkan Indonesia mengirimkan sekitar 946.962 jemaah per tahun untuk Umroh. Ini menunjukkan bahwa minat Indonesia untuk melaksanakan ibadah Umroh sangat tinggi.

Tingginya animo masyarakat Indonesia untuk melaksanakan ibadah Umroh mungkin membuat beberapa dari Anda bertanya, apa sebenarnya hukum dari Umroh itu sendiri menurut Islam?

Umroh; Estimasi Biaya dan Persiapannya

Hukum Melaksanakan Ibadah Umroh

Umroh sendiri adalah ibadah yang dilaksanakan oleh umat Islam dan hampir mirip dengan Haji. Perbedaan antara kedua ibadah ini ada pada rukunnya. Rukun dari Haji adalah niat ihram, wuquf di Arafah, tawaf, sa’i, dan memotong rambut. Sedangkan rukun Umroh hanya empat, yakni niat ihram, tawaf, sa’i, dan memotong rambut.

Selain itu, perbedaan antara Umroh dan Haji ada pada waktu pelaksanaannya. Haji dilaksanakan sejak awal bulan Syawal hingga Subuh pada Hari Raya Iduladha (10 Zulhijjah). Sedangkan Umroh boleh dilakukan umat Islam kapan saja sepanjang tahun. Fleksibilitas Umroh ini menjadi salah satu faktor mengapa banyak umat Islam tertarik untuk melaksanakan ibadah yang satu ini.

Hukum dari ibadah Umroh sendiri memiliki perbedaan di berbagai kalangan Ulama. Bagi mazhab Hanafi dan Maliki, Umroh memiliki hukum sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan untuk dilakukan. Kemudian bagi mazhab Syafi’i dan Hanbali, hukum Umroh adalah wajib sekali seumur hidup untuk umat Islam yang mampu.

Ketentuan Umroh tercantum dalam Alquran melalui firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 196:

Dan sempurnakanlah ibadah Haji dan Umrah karena Allah,” (Al-Baqarah [2]: 196).

Estimasi Biaya Umroh

Estimasi biaya yang diperlukan untuk melaksanakan ibadah Umroh cukup beragam. Berikut adalah beberapa pilihan estimasi biaya Umroh yang bisa Anda pilih dan pertimbangkan:

1. Estimasi Biaya Umroh Reguler

Paket Umroh reguler adalah paket pelaksanaan ibadah Umroh yang tidak menyertakan paket perjalanan lainnya. Biasanya, peserta akan dipandu untuk berangkat langsung dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Kota Mekah dan Medinah. Umroh reguler ini berlangsung selama 9-13 hari dan tergantung pada agen perjalanan yang Anda pilih.

Estimasi biaya Umroh reguler ini dimulai dari Rp23.750.000 sampai Rp30.450.000, dilansir dari beberapa agen perjalanan Umroh di Indonesia.

2. Estimasi Biaya Umroh Premium

Tidak terlalu berbeda dari paket Umroh reguler, paket Umroh premium juga merupakan paket perjalanan untuk ibadah Umroh tanpa ada tambahan perjalanan lain. Perbedaan antara kedua paket ini ada pada lokasi dan bintang pada hotel yang dipilih.

Biasanya, peserta Umroh paket reguler akan menginap di hotel berbintang empat. Lokasinya pun agak jauh dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Sedangkan peserta Umroh paket premium akan mendapatkan fasilitas menginap di hotel bintang lima. Lokasi hotel ini pun sangat dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Menurut beberapa agen perjalanan Umroh di Indonesia, estimasi biaya Umroh premium ini berada di angka Rp29.000.000 sampai Rp35.090.000.

3. Estimasi Biaya Umroh Hemat

Rupanya ada paket Umroh yang memiliki estimasi biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan paket reguler dan premium. Paket Umroh hemat ini memiliki harga terjangkau karena lokasi penginapannya yang lebih murah dan punya lokasi yang lebih jauh dari berbagai tempat ibadah. Anda hanya perlu menyiapkan biaya sebesar Rp23.000.000 untuk bisa menikmati paket perjalanan Umroh hemat satu ini.

4. Estimasi Biaya Umroh dengan Perjalanan ke Turki

Paket Umroh satu ini cocok untuk Anda yang tidak hanya ingin menjalankan ibadah Umroh, tetapi juga ingin berjalan-jalan mengunjungi negara Turki. Oleh karena itu, paket Umroh plus Turki adalah paket yang cocok untuk Anda yang senang berjalan-jalan ke luar negeri sekaligus ingin beribadah. Selain akan dijadwalkan untuk mengunjungi Mekah dan Madinah, Anda pun akan mengunjungi beberapa kota di Turki seperti Istanbul, Bursa, dan Capadoccia.

Dilansir agen perjalanan Umroh di Indonesia, estimasi biaya Umroh plus Turki ini sebesar Rp37.850.000 sampai Rp 40.750.000.

5. Estimasi Biaya Umroh dengan Perjalanan ke Dubai

Tidak hanya Umroh plus Turki, paket perjalanan Umroh plus Dubai ini juga cocok untuk Anda yang senang berjalan-jalan ke luar negeri sekaligus beribadah. Anda bisa menjalankan ibadah Umroh dengan khidmat dan mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Dubai. Menurut agen perjalanan Umroh di Indonesia, estimasi biaya Umroh plus Dubai ini ada di angka Rp41.000.000 sampai Rp43.900.000.

Tips Melakukan Perjalanan Umroh

Setelah Anda mengetahui estimasi biaya Umroh yang harus Anda keluarkan, tentu Anda makin tertarik untuk menjalani ibadah satu ini. Sebelum benar-benar menginjakkan kaki di Tanah Suci Mekah dan Madinah, berikut adalah beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan:

  1. Pelajari Tata Cara Ibadah Umroh yang Benar

Agar ibadah yang Anda laksanakan berlangsung khusyuk dan lancar, Anda harus lebih dulu mempelajari tata cara beribadah yang benar. Cara belajar ini bisa Anda pilih sendiri. Bisa dengan bertanya pada agen travel, membeli buku referensi, atau mengobrol dengan anggota keluarga yang sudah melaksanakan ibadah Umroh.

  1. Cari Tahu Perlengkapan Umroh yang Harus Dibawa

Layaknya perjalanan lainnya, Anda harus mempersiapkan segala perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan ibadah Umroh. Perlengkapan ini bisa berupa pakaian, pakaian ihram, alas kaki yang nyaman dan kuat, buku doa, gadget serta pengisi dayanya, masker, kacamata, serta obat-obatan. Batasi barang yang Anda bawa jika sepulang dari Umroh Anda ingin membawa banyak oleh-oleh.

  1. Siapkan Pakaian yang Diperlukan untuk Umroh

Anda pun perlu membawa pakaian lain selain kain ihrom saat akan melaksanakan ibadah Umroh. Anda disarankan membawa baju muslim untuk laki-laki, serta gamis dan mukena atasan bagi perempuan. Jangan lupa untuk membawa baju hangat jika Anda kebetulan melaksanakan Umroh di musim dingin. Apabila Anda menjalankan ibadah Umroh saat musim dingin, siapkan baju tipis tertutup.

Setelah Anda mengetahui beberapa hal tentang ibadah Umroh serta estimasi biaya yang diperlukan, tentu Anda akan jadi semakin tertarik untuk melakukan perjalanan ke Tanah Suci. Jika Anda membutuhkan dana cepat, Anda sangat bisa mengandalkan Kredit Pintar sebagai platform pinjaman online terpercaya.

Proses pencairan dana di Kredit Pintar sangat mudah dan cepat, sehingga membuat Kredit Pintar menjadi wadah pinjaman online terbaik yang dipilih oleh banyak orang. Lancarkan niat dan tujuan ibadah Anda dengan mempersiapkan dana Umroh sedini mungkin. Percayakan urusan pendanaan apapun pada Kredit Pintar sebagai platform pinjaman online terpercaya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload