Cara Cuan dari Tiktok Affiliate Terbaru dan Terlengkap

13 Dec 2023 by kreditpintar, Last edit: 14 Dec 2023

Membayangkan TikTok, pikiran kita langsung melonjak ke tarian kreatif, tantangan yang menyenangkan, dan momen-momen singkat yang menjadi viral. Namun, siapa sangka di balik keceriaan itu terdapat jaringan bisnis yang dinamis dan menguntungkan, yaitu program TikTok Affiliate. Program ini merupakan jembatan yang menghubungkan kreator dan pedagang, memungkinkan kreator untuk memasukkan tautan dalam video TikTok mereka yang mengarah ke produk atau barang yang dijual oleh pedagang.

Baca juga: Cara Daftar TikTok Affiliate, Bisa Tanpa Followers!

Dalam lingkungan TikTok Affiliate, para kreator berubah menjadi penghubung strategis antara penjual dan pembeli potensial. Tidak hanya para penjual yang memperoleh manfaat dari peningkatan penjualan dan penjangkauan, para kreator juga mendapat bagian dari keuntungan melalui komisi. Di sini, peran kreator hampir seperti selebriti mode yang menunjukkan pakaian atau aksesoris dalam konten mereka dengan ikon keranjang belanja kuning yang muncul sebagai penanda.

Cara Daftar Tiktok Affiliate

Menjadi bagian dari TikTok Affiliate bukanlah proses yang sulit, tetapi memerlukan beberapa langkah penting. Pertama, kreator harus membuat akun TikTok Shop, yang berbeda dengan akun kreator TikTok biasa. Akun ini tidak mensyaratkan kreator harus menjual atau memproduksi barang, tetapi sebagai pintu masuk untuk menjadi afiliasi. Selanjutnya, kreator harus memiliki rekening bank yang valid untuk menerima komisi yang diperoleh. Terakhir, kreator harus aktif menggunakan akun mereka, membuktikan bahwa akun mereka cukup layak untuk mengikuti program affiliate.

Setelah memenuhi syarat, proses pendaftaran menjadi afiliasi melibatkan beberapa langkah seperti masuk ke halaman tertentu melalui browser, mendaftar atau masuk dengan menggunakan akun kreator TikTok, menyetujui syarat dan ketentuan terkait TikTok Shop, dan melengkapi data yang diminta. Setelah berhasil terdaftar, kreator dapat memilih produk untuk dipromosikan dan melihat potensi komisi yang bisa didapatkan.

Para penjual juga bisa berpartisipasi dalam program ini dengan menentukan komisi untuk kreator yang mempromosikan produk mereka. Penjual dapat mengatur hal ini melalui menu TikTok Shop Seller Center di aplikasi mereka.

Menjadi bagian dari TikTok Affiliate tidak hanya memberikan platform untuk berkreasi, tetapi juga menjanjikan keuntungan finansial. Program ini memberikan kesempatan untuk mengubah hobi menjadi sumber pendapatan, memanfaatkan platform yang sama untuk menghasilkan konten yang menarik dan memperoleh penghasilan. Sebagai kreator, mulailah dengan memposting tentang hal-hal yang Anda sukai dan biarkan TikTok Affiliate merubah kreativitas Anda menjadi potensi pendapatan yang tak terbatas.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Live di TikTok

Cara Cuan dari Tiktok Affiliate

Dalam era digital ini, media sosial seperti TikTok tidak hanya menjadi platform untuk berbagi video dan menghibur diri, tetapi juga telah berkembang menjadi alat pemasaran yang efektif. Salah satu cara untuk memanfaatkan platform ini untuk mendapatkan keuntungan adalah melalui program TikTok Affiliate. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan dari program ini.

1. Pahami audiens Anda

Langkah pertama untuk berhasil di TikTok Affiliate adalah dengan memahami siapa audiens Anda. Ini berarti mengetahui apa yang mereka sukai, apa yang menarik bagi mereka, dan jenis konten apa yang mereka konsumsi. Dengan memahami ini, Anda dapat menciptakan konten yang menarik bagi audiens Anda dan mempromosikan produk atau layanan yang relevan dengan mereka.

2. Pilih produk yang relevan dengan audiens Anda

Setelah memahami audiens Anda, Anda harus memilih produk atau layanan yang relevan dan menarik bagi mereka. Jika audiens Anda adalah kaum muda yang tertarik dengan fashion, maka Anda harus memilih produk fashion untuk dipromosikan. Jika audiens Anda adalah orang-orang yang suka olahraga, maka Anda harus mempromosikan produk olahraga. Dengan memilih produk yang relevan, Anda akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan penjualan dan, oleh karena itu, mendapatkan komisi.

3. Buat konten yang menarik

Konten adalah raja di TikTok. Oleh karena itu, Anda harus menciptakan konten yang menarik, menghibur, dan menarik perhatian audiens Anda. Anda harus memastikan bahwa konten Anda tidak hanya mempromosikan produk, tetapi juga memberikan nilai tambah kepada audiens Anda. Ini bisa dalam bentuk tutorial, tips, atau bahkan hiburan.

4. Promosikan konten Anda

Setelah membuat konten yang menarik, langkah selanjutnya adalah mempromosikannya. Anda dapat menggunakan berbagai metode untuk melakukan ini, seperti memanfaatkan hashtag populer, berkolaborasi dengan influencer lain, atau bahkan memanfaatkan iklan berbayar. Semakin banyak orang yang melihat konten Anda, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan penjualan dan mendapatkan komisi.

5. Ikuti tren

TikTok adalah platform yang sangat berbasis tren. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk tetap update dengan tren terkini. Dengan mengikuti tren, Anda dapat menciptakan konten yang relevan dan menarik, yang akan membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan penjualan.

6. Optimalkan link afiliasi Anda

Pastikan Anda memasukkan link afiliasi Anda dalam deskripsi video Anda atau dalam bio profil Anda. Anda juga bisa menggunakan fitur ‘swipe up’ untuk memudahkan pengguna langsung menuju halaman produk.

7. Bersabar dan konsisten

Seperti bisnis atau peluang penghasilan lainnya, mendapatkan keuntungan dari TikTok Affiliate memerlukan waktu dan konsistensi. Anda tidak akan melihat hasilnya dalam semalam, tetapi jika Anda tetap konsisten dalam menciptakan dan mempromosikan konten Anda, Anda akan mulai melihat hasilnya.

Baca juga: 8 Cara Jualan di Tiktok Shop, Buat Akun Sampai Promosi!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Dec 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download