Terbaik! Inilah Daftar Suporter Terbanyak di Indonesia!

27 Feb 2024 by kreditpintar, Last edit: 06 Mar 2024

Penggemar atau suporter menjadi sebuah daya tarik tersendiri dalam dunia sepakbola. Dimana, dengan adanya suporter ini dianggap sebagai pemain ke-12 yang dapat memberikan kekuatan tersendiri bagi tim kesayangannya. Apalagi jika sebuah tim itu memiliki suporter terbanyak di Indonesia. Popularitas sebuah tim sepakbola di Indonesia sendiri dikarenakan adanya peran dari para penggemar yang menjadikan tim tersebut mendapatkan perhatian khusus. Peran suporter dalam memberikan dukungan ini mampu menaikkan semangat tim kebanggannya untuk memberikan performa terbaik ketika bertanding.

suporter terbanyak di indonesia

Baca Juga: Situs Streaming Bola Gratis Terbaik dan Terlengkap

5 Suporter Fanatik Teratas dan Terbanyak

Inilah 5 suporter terbanyak di Indonesia yang harus anda ketahui. Kelimanya selalu memiliki jumlah yang hampir sepadan dengan sejarah sepakbola di dalamnya. Rivalitas dan gengsi tinggi jadi karakteristik kelima suporter bola terbanyak di Indonesia ini.

1. Viking (Bobotoh) – Persib Bandung

Viking atau Bobotoh masih menjadi pemuncak dalam hal jumlah suporter tim sepakbola Tanah Air. Jiwa loyalitas yang diberikan untuk mendukung tim kesayangannya Persib Bandung sepertinya sudah tak perlu dikhawatirkan lagi. Viking atau Bobotoh itu sendiri tak hanya berasal dari Kota Kembang alias Bandung, tetapi sudah menyebar luas di berbagai kota yang ada di Indonesia.

Hal itu sudah dapat kita saksikan secara langsung yang memiliki banyak sekali cabang, diantaranya adalah Ultras Persib, Viking Persib Fans Club, Flower City Casuals, dan Bobotoh Singapore. Dengan begitu, Viking ini dinilai sebagai salah satu suporter yang dapat memberikan banyak pengaruh di Indonesia karena memiliki jumlah paling banyak.

2. The Jakmania – Persija Jakarta

Peringkat kedua menjadi milik sebuah fans club asal Ibukota Jakarta, yakni The Jakmania. The Jakmania ini senantiasa untuk terus memberikan dukungan untuk tim kebanggannya, Persija Jakarta. The Jakmania ini ternyata juga memiliki jumlah penggemar yang sangat banyak mulai dari kawasan Jabodetabek hingga ke pelosok Negeri.

Pendukung dari tim macan kemayoran ini sudah sangat populer dengan kesetiaannya dalam menemani setiap laga yang dilakoni dan selalu siap untuk menjadi saksi terhadap sejarah yang telah diciptakan Persija Jakarta. Bahkan, belum lama ini The Jakmania berhasil memecahkan rekor sebagai suporter terbanyak dalam ajang AFC 2018 kemarin.

Baca Juga: Perjalanan Sejarah Sepak Bola Indonesia!

3. Bonek – Persebaya Surabaya

Bondo Nekat alias Bonek menjadi sebutan untuk penggemar tim sepakbola asal Surabaya, yakni Persebaya. Suporter terbanyak di Indonesia Bonek dikenal dengan warna hijau yang sudah identik menjadi karakter dari tim Persebaya Surabaya. Seperti suporter pada umumnya, Bonek selalu dengan senang hati mendampingi setiap pertandingan yang dijalani oleh tim kesayangannya. Selain memberikan dukungannya, Bonek ini juga menjadi salah satu pendukung tim sepakbola dengan berbagai kegiatan sosialnya. Dengan jumlah massa yang sangat banyak menjadikan Bonek salah satu suporter terbanyak di Tanah Air.

suporter terbanyak di indonesia

Baca Juga: Berbagai Fakta Tentang Piala Dunia 2022

4. Aremania – Arema Malang

Masih dari Jawa Timur, peringkat ke-4 dengan jumlah suporter terbanyak di Indonesia kali ini hadir dari pendukung klub asal Malang, yakni Aremania. Aremania merupakan sahabat Arema FC dalam setiap pertandingan yang dijalani. Tim Singo Edan ini telah memiliki jumlah pendukung yang cukup banyak karena sudah menyebar luas ke seluruh kota yang ada di Indonesia. 

Memiliki julukan Singo Edan, tim Arema FC telah mengakui bahwa kehadiran Aremania dalam setiap pertandingan patut untuk diacungi jempol. Dengan adanya Aremania ini, Arema FC merasakan adanya semangat tambahan untuk memberikan segala yang terbaik.

5. Brigata Curva Sud / BCS – PSS Sleman

Peringkat kelima dengan jumlah suporter terbanyak kali ini hadir dari tim PSS Sleman, yakni memiliki suporter bernama Brigata Curva Sud atau BCS. Meski baru dibentuk pada tahun 2010 lalu, tetapi BCS berhasil mencuri perhatian para penggemar sepakbola Tanah Air bahwa mereka mampu bersaing.

BCS sendiri sudah sangat terkenal dengan kreativitas yang dimiliki oleh para petinggi fans club. Dengan adanya gerakan koreografi di atas tribun ketika pertandingan berlangsung, menjadikan BCS sebagai salah satu suporter paling kreatif di Indonesia.

Peringkat 6 – 10 Suporter Terbanyak dan Terfanatik

Setelah mendapatkan lima daftar suporter terbanyak di atas sepertinya masih belum memuaskan penasaran yang muncul pada benak kalian. Untuk itu, kami juga telah menyediakan daftar suporter terbanyak peringkat ke-6 hingga ke-10.

1. Pusamania – Borneo FC

Peringkat ke-6 kali ini ditempati oleh Pusamania sebagai penggemar dan juga pendukung dari tim Borneo FC. Pusamania ini sendiri masih tergolong cukup muda sebagai fans club, mengingat Pusamania ini dibentuk pada tahun 1994 silam. Dulunya, suporter ini memberikan dukungannya kepada tim sekelas PS Mahakam yang akhirnya merubah nama tim menjadi Persisam Putra Samarinda. Akan tetapi, untuk sekarang ini Pusamania telah berkomitmen untuk terus memberikan dukungannya kepada tim kebanggaannya, yakni Borneo FC.

2. Pasoepati – Persis Solo

Pasoepati merupakan pendukung dari klub asal Jawa Tengah, yakni Persis Solo. Awalnya, Pasoepati ini adalah pendukung dari Tim Pelita Jaya Solo yang menggunakan Stadion Manahan sebagai markasnya. Tetapi, setelah Pelita Jaya ini berpindah ke Purwakarta, sejak tahun 2000 lalu akhirnya Pasoepati memutuskan untuk tidak akan mendukun Pelita Jaya lagi. Sejak awal dibentuknya kelompok suporter ini, Pasoepati selalu memberikan dukungannya kepada klub asal Solo, mulai dari Persijatim, Pelita Solo, Solo FC, dan juga Persis Solo. Kesetiaan inilah yang wajib diacungi jempol karena memang berkomitmen untuk terus mendukung tim asal kota kesayangannya.

3. Fans Club Persipura Jayapura

Persipura Mania merupakan sebutan yang diberikan kepada para penggemar klub Persipura. Kelompok suporter tim asal Jayapura ini ternyata juga tak bisa dianggap remeh. Mengingat, Persipura sendiri pernah mewakili Indonesia untuk bersaing dalam kompetisi Piala AFC pada tahun 2014 lalu. Sejak prestasi yang diberikan terus meningkat, mampu memberikan dampak dalam jumlah pendukung yang terus bertambah sampai saat ini. Tak heran jika Persipura mania masuk dalam kategori suporter terbanyak saat ini.

4. Fans Club PSMS Medan

Bergeser ke Sumatera, terdapat salah satu tim yang memiliki jumlah penggemar cukup banyak di Indonesia, yaitu PFC atau PSMS Medan Fans Club. Kelompok suporter ini memberikan dukungannya secara penuh untuk tim kebanggaan asal Medan, tidak lain dan tidak bukan adalah PSMS Medan. Menariknya, selain kelompok PFC yang memberikan dukungan kepada PSMS, terdapat beberapa kelompok lain yang memberikan suaranya untuk tim PSMS, diantaranya adalah KAMPAK FC atau Kesatuan Anak Medan Pecinta Ayam Kinantan Fans Club dan SMeCK alias Suporter Medan CInta Kinantan.

suporter terbanyak di indonesia

5. Ultras Gresik – Gresik United FC 

Terakhir, kali ini terdapat pendukung dari tim Gresik United FC yang memiliki jumlah pendukung terbanyak dengan nama Ultras Gresik. Dulunya, Gresik United FC ini merupakan gabungan dari dua tim sepakbola antara Petrokimia dan Persegres pada tahun 2005 lalu. Tetapi, dengan adanya gabungan itu justru menjadikan jumlah pendukung Gresik United ini sangat banyak dan menjadi salah satu penggemar terbanyak di Indonesia. Itulah tadi 10 daftar suporter terbanyak di Indonesia. Dengan adanya informasi ini semoga memberikan wawasan yang lebih untuk kalian pecinta sepakbola Tanah Air.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 Mar 2024
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download