Spesifikasi, Fitur dan Harga Sony Xperia XZ1

26 Oct 2021 by Laruan, Last edit: 08 Nov 2021

Di era yang serba digital saat ini, semua kegiatan dan kebutuhan manusia sepertinya memerlukan bantuan dari gadget salah satunya smartphone. Melihat keadaan tersebut, banyak brand-brand ternama yang terus berlomba dan saling bersaing untuk menciptakan produk smartphone yang bagus salah satunya Sony yang meluncurkan Sony XZ1.

Smartphone Sony XZ1 atau yang memiliki nama lengkap Sony Xperia XZ1 ini memang tidak terlalu ramai di masyarakat Indonesia.

Spesifikasi, Fitur dan Harga Sony Xperia XZ1

Namun, banyak yang belum tahu bahwa Sony XZ1 memiliki banyak kemampuan yang sangat menguntungkan jika dilihat dari beberapa segi.

Sony sendiri merupakan unit bisnis elektronik yang berasal dari Jepang dan memiliki kantor pusat di Minato, Tokyo.

Selain itu, perusahaan yang bernama lengkap Sony Group Corporation ini bergerak melalui empat komponen operasinya.

Komponen operasi tersebut antara lain elektronik (AV, IT dan produk komunikasi, semikonduktor layanan jaringan dan bisnis medis), film dan acara TV, musik (label rekaman dan penerbitan musik) dan layanan keuangan (perbankan dan asuransi). Ini menjadikan Sony salah satu perusahaan hiburan paling komprehensif di dunia.

Jadi tidak perlu diragukan lagi kualitas produk keluaran dari Sony, salah satunya Sony XZ1.

Untuk harganya sendiri, smartphone Sony Xperia XZ1 dibanderol dengan harga sekitar Rp 6 jutaan.

Berikut merupakan spesifikasi, fitur, dan harga dari smartphone Sony XZ1.

Fitur yang tersedia di smartphone Sony Xperia XZ1

  • Chipset Qualcomm MSM 8998 Snapdragon 835

Smartphone Sony Xperia XZ1 telah dibekali dengan chipset yang bagus yaitu Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835. 

Chipset Snapdragon 835 merupakan salah satu chipset yang sangat mumpuni untuk hp android di kelas atas. Chipset ini diluncurkan pada akhir tahun 2016 dan telah banyak dipakai oleh hp android kelas atas sekitar sejak awal tahun 2017.

Chipset jenis Snapdragon 835 diproduksi melalui proses pabrikasi 10-nanometer – nanomaterial di sana 1.000 kali lebih kecil dari tebal rambut manusia. Dengan begitu, kerja chip jadi lebih efisien dibanding SoC 14-nanometer, memberikan keleluasaan bagi produsen untuk menambah daya tahan baterai, mengusung desain lebih ramping, serta memungkinkan device melakukan banyak hal baru.

  • Dibekali dengan CPU Octa-core

Smartphone Sony Xperia XZ1 telah dibekali dengan CPU Octa-core (4×2.35 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo).

CPU Octa-core diyakini mampu memproses data lebih cepat karena dapat melakukan proses 8 tugas sekaligus dalam satu waktu. Oleh sebab itu, prosesor jenis ini cocok untuk kamu yang sering melakukan multitasking.

  • GPU Adreno 540 

Dengan GPU ini, smartphone dapat dipakai untuk pengalaman game yang lebih baik. Umumnya, GPU memiliki peran yang sangat berpengaruh untuk melancarkan aktivitas bermain game pada smartphone.

Peran GPU dirasa berpengaruh sangat besar terhadap performa grafis yang ditampilkan pada sebuah smartphone untuk bermain game.

GPU Adreno 540 dipercaya merupakan salah satu varian GPU yang mempunyai kualitas yang cukup baik, sehingga smartphone dengan GPU Adreno 540 ini dirasa cukup ideal untuk memainkan game

  • Memiliki pelindung Corning Gorilla Glass 5

Salah satu kekhawatiran dari pengguna smartphone yaitu timbul kerusakan pada layar seperti pecah. Nah, kekhawatiran tersebut bakal berkurang berkat pelindung layar salah satunya produk keluaran Corning yaitu Gorilla Glass 5.

Corning Gorilla Glass dapat mengubah peta layar smartphone menjadi tidak bergantung lagi dengan pelindung plastik anti gores. Selain tidak mudah kusam, kaca pelindung dari Corning ini benar-benar bisa melindungi layar smartphone Sony Xperia XZ1 dari goresan-goresan kasar yang diakibatkan dari pemakaian.

Keunggulan lain dari Corning Gorilla Glass 5 yaitu tahan jatuh dari ketinggian 1,5 meter. Pasalnya pada uji coba oleh internal Corning, Gorilla Glass 5 memiliki ketahanan sebesar 80% ketika dijatuhkan dari ketinggian 1,6 meter. Sementara pendahulunya yaitu Gorilla Glass 4, hanya bertahan dari ketinggian 1 meter saja.

Gorilla Glass telah hadir untuk smartphone sejak tahun 2007. Sejak saat itu, kehadirannya sangat fenomenal karena dengan ukurannya yang terbilang cukup tipis, namun dapat memberikan ketahanan yang cukup kuat. 

Oleh sebab itu hampir 75 persen produsen smartphone mempercayakan Gorilla Glass sebagai pelindung luar dari perangkat besutannya.

Spesifikasi Smartphone Sony XZ1 secara lengkap 

Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan spesifikasi Sony XZ1 secara lengkap.

TAMPILAN
Ukuran Layar5.2″
Kedalaman Piksel424ppi
Resolusi Layar1080 x 1920pixels
Anti AirYa
Teknologi LayarIPS-LCD
Scratch ResistantTidak
KAMERA
Resolusi Kamera Belakang19MP
Resolusi Kamera Depan13MP
Tipe KameraSingle Kamera
Resolusi VideoHD
MEMORI
Penyimpanan64GB
RAM4GB
Memori yang Dapat DiperluasYa
DESAIN
Berat155g
Material BodiAluminium
Dimensi (W x H x D)148 x 73.4 x 7.4mm
BATERAI
Kapasitas Baterai2700mAh
ChargingFast Charging
PLATFORM
CPUQualcomm MSM8998 Snapdragon 835 (10 nm)
Prosesor IntiOcta Core
Sistem OperasiAndroid
Versi OSAndroid 8.0 (Oreo)
SIM
Dual SIMYa
SIM CardNano-SIM
KONEKSI
USB ConnectorsType-C
5GTidak
Wi-Fi Standard802.11 a/b/g/n/ac
NFCYa
FITUR
Face RecognitionYa
Pemindai Sidik JariYa
HARGA
Harga ResmiDihentikan

Kelebihan dan kekurangan smartphone Sony XZ1 

Setiap smartphone tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan di dalamnya tak terkecuali smartphone Sony XZ1. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan Sony XZ1.

1. Kelebihan Sony XZ1

  • Design dan Build Quality

Dari segi tampilan, smartphone Sony Xperia XZ1 memiliki desain yang minimalis dan terkesan mewah. Disertai dengan layar berukuran 4,6 inch, smartphone ini terbilang mudah untuk digenggam dengan satu tangan.

Selain itu, smartphone Sony Xperia XZ1 memiliki kinerja yang baik untuk multitasking dengan lancar tanpa lagging. Hal ini dikarenakan dukungan RAM 4GB yang sangat membantu kinerja chipset dan prosesor supaya lebih efisien lagi.

  • Kualitas kamera yang bagus

Pada segi kamera, Sony Xperia XZ1 mempunyai resolusi kamera utama sebesar 19MP. Sementara untuk kamera selfienya sebesar 8MP. 

Dari kedua lensa yang menyertai handphone ini, poin menarik ada pada teknologi motion eye camera.

Dengan teknologi tersebut, dapat memungkinkan smartphone  untuk menangkap gambar super lambat, sehingga memungkinkan kamu memotret momen-momen yang sebelumnya terlewat oleh kamera biasa. 

Selain itu, teknologi ini disertai juga dengan sensor yang mampu menghasilkan gambar detail nan jernih, bahkan memberikan tekstur serealistis mungkin.

  • Kapasitas baterai besar yang tahan lama

Dari segi kapasitas dan ketahanan baterai, smartphone Sony Xperia XZ1 memiliki kualitas yang mumpuni di kelasnya.

Baterai dari smartphone ini dilengkapi dengan fitur Smart Stamina Mode yang mampu menyesuaikan penggunaan daya secara otomatis dengan mempertimbangkan penggunaan handphone dan sisa baterai.

2. Kekurangan Sony XZ1

Ada beberapa kekurangan pada smartphone ini yaitu

  • Layar belum AMOLED
  • Slot SIM hybrid (versi dual SIM)
  • Non-removable battery

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download