Sikat Gigi Behel: Bersiaplah Mewujudkan Gigi Rapi Impian

29 Sep 2023 by kreditpintar, Last edit: 03 Oct 2023

Sikat gigi behel saat ini mulai digandrungi oleh banyak orang. Hal itu karena semakin banyak pula orang yang menggunakan behel atau kawat gigi. Bagi Anda yang peduli akan kerapian gigi, behel merupakan pilihan tepat yang bisa Anda ambil untuk membantu meluruskan, mempercantik, dan menyehatkan gigi Anda. Terlebih jika Anda merasa kurang nyaman dengan struktur gigi Anda.

Sayangnya, sebelum mendapatkan hasil dari penggunaan kawat gigi, ada proses yang perlu Anda ambil. Misalnya, rasa sakit yang Anda alami di masa-masa awal pemasangan dan kebingungan bagaimana menyikat gigi yang benar dan tepat ketika menggunakan kawat gigi.

Di sini, Anda akan mendapatkan informasi seputar manfaat menggunakan behel, cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, termasuk penggunaan sikat gigi behel.

Manfaat Behel Bagi Gigi Anda

Orang-orang banyak yang memutuskan untuk menggunakan behel karena manfaatnya yang besar bagi kesehatan gigi. Namun, tidak banyak pula yang memanfaatkan behel sekadar untuk kecantikan atau estetika belaka.

Sebaiknya, Anda gunakan behel untuk menjaga kesehatan gigi, ya. Berikut ini manfaat yang bisa Anda peroleh jika menggunakan behel.

1. Mencegah Penyakit Gusi dan Kerusakan Gigi

Salah satu manfaat jangka panjang dari penggunaan behel adalah untuk mencegahnya dari penyakit gusi. Apa itu penyakit gusi? Penyakit gusi merupakan gangguan atau infeksi pada jaringan lunak yang mengelilingi gigi. Penyakit ini biasa disebut dengan gingivitis.

Lantas, apa hubungannya antara penggunaan behel dan penyakit gusi? Ketika seseorang memiliki struktur gigi yang tidak rapi atau tidak sejajar, maka akan mudah bagi partikel makanan untuk terperangkap di antara gigi. Semakin lama, partikel makanan yang terperangkap itu bisa menjadi plak gigi dan tempat berkembang biak para bakteri.

Dengan begitu, gusi juga bisa terinfeksi. Lagi pula, gigi yang sejajar lebih mudah dibersihkan daripada yang tidak sejajar, karena ada seikit pula partikel makanan yang terperangkap di gigi.

2. Mencegah Erosi Gigi

Konsepnya sama dengan poin sebelumnya. Gigi yang tidak sejajar bisa menimbulkan penumpukkan plak gigi yang lebih banyak daripada yang sejajar. Hal itu bisa mengakibatkan bakteri berhasil menembus gusi dan gigi hingga ke tulang.

Jika hal itu terus dibiarkan, maka tulang gigi lama-kelamaan bisa semakin terkikis dan aus. Nah, kawat gigi atau behel bisa membantu memastikan setiap bagian tulang menjadi lebih terawat.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Gigi yang tidak sejajar bisa menimbulkan gangguan pada pencernaan. Karena, ketika orang dengan misalignment gigi makan, ia bisa saja kesulitan mengunyah. Tekanan yang diberikan pada tiap gigi juga tidak sama rata, ada yang overbite, underbite, dan crossbite.

Jika hal itu dibiarkan secara terus menerus, maka orang tersebut bisa mengalami gangguan pencernaan akibat tidak bisa mengunyah makanan dengan benar. Selain itu, ketika seseorang tidak mengunyah makanan dengan benar, maka makanan yang masuk ke pencernaan memiliki ukuran yang lebih besar daripada yang bisa dicerna dengan benar.

4. Meningkatkan Kenyamanan

Akhirnya, menggunakan kawat gigi bisa meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan. Jika sebelumnya seseorang mengalami ketidaknyamanan akibat gigi yang tidak sejajar, karena seringkali timbul rasa sakit pada gusi, pipi dalam, dan gigi, maka dengan penggunaan behel bisa membuat gigi yang tidak rata tersebut perlahan-lahan bergeser menjadi rapi dan sejajar.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Selain manfaat fisik yang akan Anda peroleh, penggunaan behel juga bisa membuat Anda lebih percaya diri. Jika sebelumnya Anda merasa kurang percaya diri dengan gigi tidak sejajar seperti gingsul, maka setelah menggunakan behel dan gigi Anda menjadi rapi, Anda akan semakin percaya diri.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Memakai Behel

Saat menggunakan behel, maka perlu Anda pertimbangkan juga untuk merawat gigi secara konsisten dan tepat. Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sikat gigi behel.

Sikat gigi behel dirancang khusus untuk pasien dengan perawatan ortodontik, seperti kawat gigi. Selain itu, Anda juga perlu rutin melakukan flossing kepada kawat gigi Anda. Meskipun rumit, namun cara ini tetap perlu Anda lakukan supaya kebersihan gigi tetap terjaga.

Setelah menyikat gigi, menyikat lidah, dan melakukan flossing pada kawat gigi, langkah selanjutnya adalah dengan berkumur menggunakan obat kumur. Hal ini dilakukan supaya bakteri di dalam mulut bisa hilang. Terakhir, rencanakan pemeriksaan reguler dengan dokter gigi Anda.

Menyikat Gigi Menggunakan Sikat Gigi Behel

Bagaimana cara menyikat gigi menggunakan sikat gigi behel? Pertama, lakukan persiapan dengan melepaskan elastik, pita, atau bagian peralatan ortodentik lainnya yang bisa Anda lepas.

Selanjutnya, bersihkan terlebih dahulu kawat gigi Anda. Lakukan dengan hati-hati dan lembut. Pastikan kawat tersebut terbebas dari partikel-partikel makanan. Lakukan gerakan vertikal dan memutar di sekeliling gigi Anda secara lembut.

Dokter gigi menyarankan untuk menyikat gigi selama dua menit dan dua kali sehari. Setelah itu, lakukan pembilasan sampai bersih. Periksa lagi, apakah gigi dan kawat gigi Anda sudah bersih dan terbebas dari partikel-partikel makanan atau belum. Kalau belum, lakukan lagi secara berulang.

Anda tenang saja, karena sikat gigi behel dirancang khusus bagi Anda pengguna kawat gigi dan perawatan ortodentik lainnya. Jadi, lakukan secara rutin dan jangan sampai terlewat, ya!

Memang perlu beberapa waktu untuk Anda menyikat dan membersihkan gigi dan kawat gigi Anda. Namun, cara seperti menyikat gigi secara rutin dengan sikat gigi behel dan lakukan perawatan lainnya seperti yang telah disebutkan di atas, bisa menghasilkan tampilan gigi yang indah, rapi, dan sehat.Itu dia uraian mengenai manfaat behel, cara membersihkan mulut dan gigi, hingga cara menyikat gigi menggunakan sikat gigi behel.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang terdaftar dan diawasi OJK yang akan memberikan kemudahan pinjaman online bagi seluruh masyarakat. Ikuti terus blognya untuk mendapatkan informasi promo dan tips menarik lainnya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Oct 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download