Inilah Hal-Hal Mengenai Sewa Motor yang Perlu Diketahui

16 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 25 Dec 2021
Daftar Sewa Motor di Bandung (Updated) | infobdg.com

Kebutuhan seseorang akan alat transportasi terbilang cukup tinggi. Bisa dilihat bahwa saat ini sangat mudah melihat orang-orang membeli motor atau mobil. Selain itu, banyak juga ditemukan jasa sewa mobil atau sewa motor di berbagai kota di Indonesia. 

Tentu saja penyewaan mobil atau motor ini dilandasi karena berbagai alasan. Mulai dari untuk keperluan bisnis sampai untuk berlibur. Untuk bisa menyewa motor atau mobil, kamu harus menemukan dulu jasa sewa yang terpercaya. Jasa sewa terpercaya akan memberikan pelayanan yang baik bagi para penggunanya. 

Sebelum membahas mengenai tips mendapatkan tempat sewa motor terpercaya, kamu harus mengetahui beberapa alasan mengapa seseorang memilih untuk menyewa motor. Adapun beberapa alasan yang dimaksud adalah sebagai berikut. 

Beberapa Alasan Seseorang Menyewa Motor 

Lebih Cepat dan Fleksibel

Biasanya, penyewaan motor dilakukan untuk mereka yang sedang berlibur di suatu tempat. Jika memang hanya pergi berlibur sendiri atau berdua, maka menyewa motor merupakan pilihan yang tepat. Sebab memang motor sendiri memiliki laju yang lebih cepat dibandingkan dengan mobil. Hal ini membuat waktu yang digunakan untuk berkendara semakin hemat, artinya waktu liburan lebih panjang. 

Alat Transportasi Paling Murah 

Alasan lain mengapa seseorang memilih untuk melakukan sewa motor adalah karena motor merupakan alat transportasi paling murah. Hal ini bisa dilihat dari tarif penyewaanya. Setidaknya dengan memilih untuk menyewa motor, maka kamu bisa menghemat uang. 

Bisa Lebih Menyatu dengan Alam

Ketika sedang berlibur dan memilih untuk menyewa motor, tentu saja suasananya akan terasa lebih berbeda. Kamu bisa menyatu dengan alam dan menghirup udara yang segar secara langsung. Selain bisa menyatu dengan alam, kamu pun bisa dengan mudah keluar dari kemacetan ketika menggunakan motor. Sebab, akan ada banyak jalan-jalan tikus yang hanya bisa dilewati oleh motor. 

Beberapa Tips Memilih Sewa Motor Terpercaya 

Cuma Modal Rp 500 Ribuan Sudah Bisa Sewa Moge Keren, Minimal Sewa Motor  Selama 12 Jam - Motorplus

Setelah mengetahui beberapa alasan di atas, kamu juga harus tahu mengenai tips sewa motor yang terpercaya. Di mana, dengan adanya tips ini, kamu bisa meminimalisir terjebak dalam jasa sewa yang kurang terpercaya. Adapun beberapa tips yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut. 

Melihat Profesionalitas dari Jasa Sewa Motor 

Tips pertama yang perlu dilakukan adalah melihat bagaimana profesionalitas sebuah jasa penyewaan motor. Nah, biasanya kebanyakan orang di zaman sekarang memilih internet untuk mencari penyewaan motor. Di sini, kamu bisa memulai untuk mencari tahu apakah jasa tersebut terpercaya atau tidak. Caranya adalah dengan melihat keprofesionalitasnya. 

Keprofesionalitasan sebuah jasa sewa motor bisa dilihat dari website yang disajikannya. Apakah semua informasi disajikan secara rapi dan baik atau tidak. Biasanya, semakin jelas informasi yang disampaikan, maka kamu bisa menilai bahwa jasa tersebut memang terpercaya. 

Selain itu, kamu bisa memperhatikan bagaimana sistem dari jasa sewa yang akan dipilih. Pastikan sistemnya ini jelas dan terstruktur. Sehingga nantinya, ketika kamu melakukan penyewaan di tempat tersebut tidak kebingungan di tengah jalan. Sistem yang jelas dan terstruktur juga akan mampu menjamin keamanan dan kenyamanan dari kedua belah pihak. 

Perhatikan Syarat dan Ketentuan 

Nampaknya, hal ini sangat perlu diperhatikan ketika akan melakukan sewa motor. Sebab memang syarat dan ketentuan ini akan sangat mempengaruhi kenyamanan ketika melakukan penyewaan. Biasanya, syarat dan ketentuan antar jasa sewa berbeda-beda. 

Melihat Testimoni Pelanggan 

Tips lain yang perlu dilakukan ketika akan memilih tempat sewa motor adalah memperhatikan testimoni pelanggan. Di dalam website sebuah jasa, biasanya akan ada menu yang disediakan khusus untuk testimoni pelanggan. Kamu bisa membaca beberapa testimoni yang tersedia. Akan lebih baik membaca testimoni yang baru-baru diunggah. 

Perhatikan Harga dan Fasilitasnya 

Kemudian, kamu juga perlu untuk memperhatikan harga dan fasilitas dari tempat sewa tersebut. Pastikan bahwa memang harga dan fasilitasnya sesuai. Maksudnya adalah harga dan fasilitas yang diberikan sepadan. Jangan mudah tergiur dengan jasa yang memberikan harga sewa murah, telusuri terlebih dahulu fasilitas apa yang akan didapatkan. 

Perhatikan Variasi dan Kondisi Motor 

Tips sewa motor terpercaya selanjutnya adalah dengan memperhatikan kondisi dan variasi motor. Biasanya, variasi inilah yang akan mempengaruhi harga sewanya. Semakin bagus performanya, maka bisa dipastikan bahwa harga sewanya pun semakin mahal. Sementara itu, untuk melihat kondisi motornya, kamu perlu mendatangi tempat sewa tersebut. 

Nah, di sanalah kamu bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai kelengkapan motor, kondisi motor, sampai dengan perawatannya. Tentu saja, memilih motor harus disesuaikan dengan track jalan yang akan dilalui. Bisa dibilang pemilihannya sama ketika memilih jenis mobil yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Perhatikan Apakah Ada Fasilitas Test Drive atau Tidak 

Terakhir, kamu harus memastikan apakah tempat sewa yang dipilih memiliki test drive atau tidak. Tips satu ini bisa dibilang merupakan lanjutan dari tips sebelumnya. Di mana, dengan adanya test drive, maka kamu akan bisa mengetahui bagaimana kondisi motor yang dipilih. Hal ini juga bisa meminimalisir kejadian tidak diinginkan di kedepannya. 

Cara Melakukan Sewa Motor 

Foto stok gratis dealer mobil, kunci, kunci mobil

Jika sudah mengetahui beberapa alasan dan tips sewa motor, maka selanjutnya kamu harus mengetahui bagaimana cara melakukan penyewaan motor. Sebenarnya untuk cara sendiri sangatlah mudah. Kamu bisa mengikuti beberapa cara dibawah ini. 

Memilih Jasa Sewa Terpercaya 

Jika sudah paham terhadap tips menemukan tempat sewa terpercaya, maka kamu bisa dengan mudah menemukan tempat sewanya. Nah, nantinya, kamu hanya perlu mengunjungi website dari tempat sewa tersebut. 

Melakukan Penyewaan Sesuai Intruksi yang Diberikan 

Setiap jasa sewa motor memilih cara yang berbeda dalam pemesanan. Nah, kamu hanya perlu mengikuti instruksi pemesanan yang sudah ada di website-nya. Biasanya, beberapa jasa sewa akan menawarkan fasilitas konsultasi terlebih dahulu. Namun, jika memang sudah menemukan jenis motor dan lamanya penyewaan, bisa langsung melakukan sewa saja. 

Menyiapkan Syarat dan Ketentuan 

Syarat untuk bisa meminjam motor biasanya hampir sama antara jasa sewa satu dengan jasa sewa lainnya. Kamu harus menyiapkan kartu identitas diri, NPWP, SIM C, sampai dengan BPJS. Nantinya beberapa syarat ini akan diminta untuk dilampirkan, baru setelah itu bisa ke tahap selanjutnya. 

Melakukan Pembayaran dan Motor Diantarkan 

Setelah semuanya selesai, maka kamu bisa langsung melakukan pembayaran melalui nomor rekening yang sudah diberikan. Jika sudah, motor akan diantar ke tempat kamu. Biasanya, ada beberapa jasa yang memang mengharuskan kamu membayar pengantaran motornya, ada juga yang memiliki tarif sudah include dengan pembayaran pengantaran motornya. 

Nah, itulah beberapa hal mengenai sewa motor yang perlu diketahui. Ada baiknya, sebelum melakukan penyewaan motor, kamu sudah mendapatkan beberapa pilihan jasa terpercayanya. Sehingga nantinya, proses penyewaan motor bisa berjalan dengan lebih mudah dan cepat. Jangan lupa juga untuk menyiapkan syarat-syaratnya. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download