Serba-Serbi BI Fast Payment Sebagai Pengganti Kliring

20 Apr 2021 by kreditpintar
bi fast payment

Sistem kliring sudah banyak dilakukan pada semua bank di Indonesia. Pada dasarnya, kliring adalah tindakan menggunakan dana bank untuk pembayaran transfer, transaksi e-commerce, dan lain-lain dengan melibatkan pertukaran data keuangan elektronik antar peserta dan nasabah.

Per 2021, sistem yang sudah berjalan lama dengan singkatan SKNBI ini digantikan dengan BI Fast Payment (BI-FAST). BI Fast Payment atau BI-FAST ini dirintis oleh Gubernur BI untuk menyiapkan Indonesia dalam rangka digitalisasi sektor ekonomi dan perbankan.

Cara kerja SKNBI yang lama dan sudah dicabut dengan BI-FAST boleh saja sama. Tujuan pembayarannya pun boleh saja sama, terutama untuk transaksi e-commerce.

Namun, dibandingkan dengan sistem kliring SKNBI, BI-FAST mengalami berbagai macam pembaharuan. Berikut ini adalah pembaharuan yang terdapat pada sistem BI-FAST yang baru:

Waktu Proses Pencairan Transaksinya

Ingat antrian bank yang bisa jadi macet saat SKNBI masih berlaku? Belum lagi nomor antrian dan diskusi dengan Customer Service maupun Teller bank yang panjang karena pengajuan SKNBI.

Karena sistem kliring yang lama, yaitu SKNBI, begitu melekat pada bank, maka proses pencairan hingga transaksi selesai memakan waktu sesuai hari kerja bank.

Tidak cukup sampai di sana, sekali pengajuan SKNBI dapat memakan waktu hingga 2-3 hari kerja. Hal ini dikarenakan bank di mana kamu mengajukan SKNBI harus menyesuaikan data dengan bank atau lembaga di mana kamu berencana melakukan transaksi melalui SKNBI. Dalam kasus tertentu, pihak bank juga dapat memeriksa data diri dan keuangan kamu.

Ketika sistem ini sudah berubah menjadi BI-FAST, kamu dapat mengajukan transaksi 24 jam setiap hari, di mana pun kamu berada. Kamu tidak harus pergi ke bank dan menunggu hari kerja bank untuk menyelesaikan transaksi BI-FAST-mu.

Jadi, kalau kamu ingin mendapat pinjaman instan online dari membayar lewat BI-FAST, kamu pun bisa melakukannya! Tinggal pilih penyedia pinjaman instan onlinemu, seperti Kredit Pintar yang sudah mendukung transaksi melalui BI-FAST.

Integrasi Dengan Teknologi Pembayaran Masa Kini

Sewaktu sistem kliring SKNBI masih berlaku, nasabah tidak memerlukan teknologi pembayaran di website, aplikasi, maupun perangkat-perangkat lain. Namun, hal tersebut justru menimbulkan kompleksitas transaksi menggunakan SKNBI.

Dampaknya, orang-orang memilih untuk bertransaksi secara langsung menggunakan dana sendiri di ATM atau melalui Teller cabang. Permasalahannya, banyak barang yang dibutuhkan “saat ini juga”, namun dana sendiri tidak tersedia. Mau meminjam, tapi butuh perantara yang terpercaya.

BI Fast Payment atau BI-FAST hadir sebagai solusi untuk permasalahan tersebut. BI-FAST memiliki pembaharuan di bagian integrasinya dengan teknologi pembayaran masa kini.

Penggunaan QR Code adalah salah satu bentuk integrasi dengan teknologi pembayaran masa kini yang terdapat di BI-FAST. Saat ini, BI-FAST juga tengah menggodok integrasi dengan QRIS, yang juga terdiri dari QR Code.

Penggunaan QR Code pada BI-FAST membuat BI-FAST menjadi pilihan transaksi yang lebih aman dan cepat. Dengan menggunakan integrasi QR Code, waktu transaksi dengan BI-FAST menjadi tercatat secara real-time. Hal ini memudahkan nasabah untuk menggunakan BI-FAST sebagai pembayaran, termasuk pembayaran pinjaman online Kredit Pintar.  

Batasan Tempat Penggunaan Layanan

Ketika SKNBI masih berlaku dan BI Fast Payment atau BI-FAST belum diimplementasikan, transaksi menggunakan cara SKNBI hanya dapat ditempuh dengan mendatangi kantor cabang atau pusat bank yang bersangkutan.

Bank di mana kamu hendak melakukan transaksi SKNBI boleh bank konvensional atau bank syariah. Dalam SKNBI generasi kedua yang berlaku mulai sekitar 2015, lembaga keuangan non-bank yang memenuhi persyaratan BI juga dapat menjadi tempat terjadinya transaksi SKNBI.

Sebagai cara pembayaran yang dapat kamu lakukan 24 jam setiap hari secara real-time, tidak ada batasan tempat kamu menggunakan layanan BI-FAST. Dalam mengaplikasikan penggunaan QR Code, BI-FAST juga bekerja sama dengan berbagai lembaga fintech atau lembaga penyedia pinjaman online yang terdaftar di OJK.

Bentuk kerja samanya adalah dalam layanan bank terbuka lewat Application Programming Interface (API) yang terdaftar pada lembaga fintech tersebut. Kredit Pintar adalah salah satu lembaga fintech yang mendukung pembayaran menggunakan BI-FAST.

Jadi, gunakan aplikasi Kredit Pintarmu untuk membayar menggunakan BI Fast Payment. Ucapkan selamat tinggal pada sistem kliring (SKNBI) dan selamat datang pada BI-FAST!

kredit pintar