Rekomendasi Anti Virus Terbaik untuk Windows 10

30 Aug 2021 by Laruan

Pengguna windows harus memiliki perangkat lunak anti virus untuk melindungi informasi dan data pribadi. Bahkan jika kita memiliki browser yang aman dan perangkat lunak pendeteksi ancaman lainnya, terlalu mudah bagi program berbahaya untuk masuk ke PC kita. Perangkat lunak anti virus yang baik adalah program yang menyertakan perlindungan malware, memantau pengunduhan dan mengamati aktivitas sistem dari perangkat lunak berbahaya dan perilaku yang mencurigakan. 

Rekomendasi Anti Virus Terbaik untuk Windows 10
Data security technology template vector with shield icon

Jika anda mencari perlindungan malware dan perangkat lunak anti virus dengan fitur keamanan terbaik, windows 10 telah menyematkan program Microsoft Defender secara gratis yang melakukan perlindungan virus cukup lengkap bagi PC anda. Namun, Microsoft Defender belum mampu untuk melakukan perlindungan terhadap data pribadi dan privasi yang ada di PC kita. 

Untuk kasus keamanan data pribadi dan privasi di PC kita membutuhkan perangkat lunak anti virus pihak ketiga. Paket perlindungan lengkap dapat memantau sistem operasi Windows serta perangkat MacOS, iOS, dan Android dan menyertakan pengelola kata sandi, pencadangan online yang aman, perlindungan pencurian identitas, VPN, kontrol orang tua, perlindungan webcam, perlindungan terhadap phishing dan situs web berbahaya dan banyak lagi.

Kami telah mengumpulkan daftar produk anti virus terbaik untuk Windows 10, yang mencakup program antivirus gratis dan opsi berlangganan. Pilihan program antivirus terbaik ini adalah kombinasi rekomendasi dari lab pihak ketiga independen AV-Test, AV-Comparatives dan SE Labs. 

Anti virus gratis terbaik untuk windows 10

  1. Microsoft Defender

Sebenarnya, jika kita melakukan aktivitas komputasi yang aman, seperti selalu memperbarui perangkat lunak, menggunakan kata sandi yang kuat, menghindari email yang tidak terduga dan tidak mengklik tautan mencurigakan, kita dapat menghindari serangan malware. Perangkat lunak anti virus Microsoft Defender secara gratis akan berjalan di Windows 10, dan sudah cukup untuk perlindungan PC anda.

Program antivirus gratis ini dibangun ke dalam Windows dan diaktifkan secara default, jadi biarkan saja, dan solusi antivirus ini akan mencakup dasar-dasar keamanan internet. Microsoft sering mendorong pembaruan baru. Defender juga memungkinkan kita menyesuaikan tingkat perlindungan yang inginkan, memberi kendali atas pemblokiran aplikasi yang mungkin tidak diinginkan dan melindungi folder serta file dari serangan malware.

Perhatikan bahwa Windows 10 akan secara otomatis menonaktifkan anti virus Windows Defender-nya sendiri ketika kita menginstal anti virus pihak ketiga. Jika Anda menghapus perlindungan pihak ketiga, Windows 10 akan mengaktifkan kembali antivirusnya sendiri.

  1. Bitdefender Antivirus

Jika anda masih kurang puas dengan Microsoft Defender dalam mengamankan PC anda, terdapat alternatif dari Bitdefender tanpa membebani dompet. Perangkat lunak keamanan Windows yang satu ini menawarkan pemantauan waktu nyata untuk perlindungan virus, malware, spyware, dan ransomware. Bitdefender Antivirus Free Edition mudah diatur dan tidak mengganggu Anda sampai Anda membutuhkannya. Serta perlindungan yang ditawarkan produk antivirus ini solid.

Perangkat lunak antivirus Bitdefender secara konsisten mendapatkan nilai tertinggi untuk perlindungan dan kegunaan antivirusnya dari lab pengujian independen AV-Test yang disegani. Versi antivirus gratis mencakup satu PC Windows. Untuk perlindungan yang lebih luas, Bitdefender Total Security tetap berbayar. Paket antivirus berlangganan memungkinkan Anda melindungi lima perangkat (Windows, MacOS, iOS, dan Android), mengatur kontrol orang tua di komputer anak, dan menjalankan VPN. Namun, jika anda hanya membutuhkan perlindungan untuk satu perangkat, versi gratis dari Bitdefender sudah lebih dari cukup.

Rekomendasi Anti Virus Terbaik untuk Windows 10
Young stressed handsome businessman working at desk in modern office shouting at laptop screen and being angry about e-mail spam. Collage with a mountain of crumpled paper. Business, internet concept

Anti virus berbayar terbaik untuk windows 10

  1. Norton Life Lock

Untuk waktu yang lama, Norton Security yang sekarang telah berganti nama menjadi Norton Life Lock, dan bukan lagi bagian dari Symantec — telah mendapatkan nilai tinggi dari AV-Test, AV Comparatives, dan SE Labs untuk deteksi virus dan malware.

Selain perlindungan malware dan virus untuk komputer dan perangkat seluler, rangkaian keamanan ini menyediakan cadangan 100GB penyimpanan awan, browser aman, VPN aman, pengelola kata sandi, kontrol orang tua, dan perlindungan pencurian identitas LifeLock dan peringatan penipuan. Meskipun tidak semua layanan tersebut adalah yang terbaik di kelasnya masing-masing, mendapatkan semuanya dalam satu paket adalah pilihan yang menarik.

  1. Malwarebytes

Malwarebytes memang melindungi PC anda dari serangan virus atau malware. Jika anda menemukan PC anda dalam masalah, desinfektan untuk banyak orang adalah Malwarebytes. Untuk menutupi lima perangkat mulai dari Windows, MacOS, dan Android. Untuk mendapatkan versi antivirus gratis, unduh versi uji coba ini, yang “diturunkan” menjadi pembersih sesuai permintaan tanpa biaya dengan lebih sedikit fitur yang mendeteksi dan menghapus virus dan malware saat Anda menjalankan pemindaian antivirus sesuai permintaan setelah 14 hari.

  1. McAfee

McAfee telah hadir untuk waktu yang cukup lama, pertama kali hadir pada tahun 80-an, kemudian sebagai bagian dari Intel mulai tahun 2010, dan sekali lagi dengan sendirinya ketika Intel memisahkannya pada tahun 2017. McAfee telah digunakan dan cukup unggul dalam kuartal demi kuartal menciptakan perangkat lunak antivirus yang solid dan modern yang melindungi PC Anda. Dalam evaluasi baru-baru ini oleh AV-Test, ia memiliki skor tinggi pada perlindungan dan kinerja.

McAfee Total Protection melindungi lima perangkat dari virus dan menawarkan perlindungan ransomware, menangkal situs web jahat, dan menyertakan pengelola kata sandi. Jika anda setuju untuk memperbarui langganan suite keamanan Anda secara otomatis, Anda mendapatkan akses ke McAfee ID Theft Protection Essentials, yang memantau penipuan ID.

Fungsi anti virus yang harus dipertimbangkan

Memilih perangkat lunak anti virus terbaik untuk Windows 10 berarti menemukan perangkat lunak yang membuat PC anda tetap aman, tidak memakan banyak sumber daya sistem, mudah digunakan, dan tidak mengganggu. Inilah fungsi anti virus yang harus dipertimbangkan.

  1. Efektivitas

Perangkat lunak antivirus menjalankan pemindaian virus untuk virus dan malware dan dapat menawarkan perlindungan secara realtime. Serta berfungsi untuk mengawasi situs web dan tautan yang mencurigakan untuk menjauhkan anda dari masalah keamanan. Selain itu perangkat lunak anti virus yang baik seharusnya juga dapat menawarkan perlindungan ransomware dan memantau perilaku tak terduga yang mungkin merupakan tanda virus dan malware baru dan belum teridentifikasi.

  1. Konsumsi sumber daya sistem

Pastinya kita tidak ingin perangkat lunak anti virus yang membebani sumber daya PC. Jika setelah anda menginstal program, situs web terbuka dengan lambat, mengunduh atau membuka aplikasi dengan lambat atau salinan file memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan, anda mungkin menggunakan perangkat lunak anti virus yang tidak baik. Kabar baiknya adalah, semua pilihan anti virus berbayar menawarkan uji coba gratis untuk memungkinkan anda mencoba program anti virus, jadi jika sistem Anda terasa lambat setelah penginstalan, anda dapat mencoba pilihan yang lain.

  1. Biaya berlangganan dan diskon. 

Jangan hanya membayar untuk perlindungan anti virus. Sebelum anda membeli, periksa diskon di situs web resmi. Cara lain untuk menghemat adalah dengan memperhatikan harga yang dicantumkan. Terkadang biaya berlangganan program proteksi disediakan untuk penggunaan beberapa perangkat. Jika anda hanya membutuhkan anti virus untuk satu perangkat, lebih baik memilih program anti virus yang menyediakan pilihan berlangganan untuk satu perangkat saja. 

  1. Privasi

Agar lebih efektif, perangkat lunak anti virus perlu memantau apa yang terjadi dengan PC anda dan memeriksa dengan server tentang perilaku yang tidak biasa. Program anti virus mengatakan mereka menganonimkan data teknis ini sebanyak mungkin untuk melindungi privasi anda. Tetapi jika anda ingin tahu lebih banyak, bacalah pernyataan privasi setiap program anti virus untuk mempelajari apa yang dilakukan dengan informasi yang anda bagikan.

Itulah beberapa rekomendasi program anti virus terbaik serta fungsi yang harus dipertimbangkan sebelum memilih anti virus. Jika PC anda hanya dipergunakan untuk menjalankan kegiatan sehari-hari seharusnya program bawaan Microsoft Defender sudah cukup untuk melindungi PC anda. Namun jika PC anda dipergunakan untuk menyimpan data-data pribadi maupun pekerjaan yang harus dilindungi, tidak ada salahnya untuk sedikit mengeluarkan biaya dengan berlangganan program proteksi ini. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload