Cuma 1 Jutaan, Ini Spesifikasi Lengkap Redmi 9A

09 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 10 Nov 2021

Walaupun sudah diluncurkan pada pertengahan Agustus tahun 2020, Redmi 9A tetap bisa dijadikan pilihan ponsel yang menarik. Terutama bagi kamu yang sedang mencari HP dengan harga 1 jutaan. Apalagi tipe 9A ini dibekali baterai yang besar, yakni 5000 mAh sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam waktu yang lama. Untuk lebih jelasnya, kali ini akan disajikan harga, spesifikasi, dan fitur lengkap ponsel Redmi 9A.

ScreenHD Plus 6,53 inch (720 x 1.600 pixel)Aspect ratio 20:9
Dimension 164,9 x 77,07 x 9 mm
Weight196 gram
System on ChipMediatek Helio G25 (12nm)CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-8xA53GPU PowerVR8320 up to 650 MHz
RAM2 GB/3 GB
Internal Memory32 GB
Operation SystemAndroid 10MIUI 12
SIMDual SIM (Nano-SIM & dual stand-by)
Kamera depan13 MP (PDAF)HDRAI Portrait modeAI Scene detection
Kamera belakang5 MP (f/2.2)AI Portrait modeAI Beauty 5.0
BateraiNon-removable Li-Po 5000mAh (fast charging 10 watt)
Other FeaturesAI Face Unlock, microUSB 2.0, WiFi 802.11 b/g/n, slot microSD up to 512 GB, Bluetooth 5.0, & jack audio 3,5 mm.
WarnaGranite Gray, Sky Blue, & Peacock Green

Spesifikasi Lengkap Redmi 9A

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa kali ini akan dibahas harga, spesifikasi, dan fitur lengkap ponsel Redmi 9A. Dari segi spesifikasi, ponsel keluaran Xiaomi tipe ini sudah termasuk bagus. Terlebih dengan harganya yang hanya sekitar Rp1.279.000 – Rp1.279.000 tentu sangat worth it. Ponsel ini menjadi rekomendasi HP murah yang menarik bagi yang memiliki modal tipis.

Meskipun termasuk ponsel murah pada saat ini, tetapi spesifikasi yang disematkan pada 9A ini tidak dapat diremehkan. Dimulai dari bodi, ponsel ini memiliki bodi yang nyaman untuk dipegang dan digunakan. Dengan layar HD Plus 6,53 inch rasanya sudah cukup untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan.

Untuk kebutuhan fotografi, 9A sudah dibekali dengan kamera depan beresolusi 5 MP. Sedangkan pada bagian belakang, terdapat kamera utama dengan resolusi 13 MP. Dengan kamera tersebut, kamu dapat mengabadikan berbagai momen dengan kualitas jepretan yang baik. Kamu juga dapat mengambil video berkualitas tinggi hingga 1080@60 fps.

Dari segi dapur pacu, Redmi 9A bertenaga chip Mediatek Helio G25 (12 nm). Soal sistem operasi, ponsel ini sudah menggunakan Android 10 dengan antarmuka MIUI 12. Sedangkan untuk RAM yang ditawarkan, sudah cukup besar untuk HP satu jutaan, yakni 2 GB/32 GB dan 3GB/32 GB. Memori internalnya sendiri dapat diekspansi dengan microSD mencapai 512 GB.

Beralih ke daya ponsel, HP yang sudah rilis sejak tahun 2020 ini dibekali baterai sebesar 5000 mAh. Jumlah tersebut tentu tergolong besar kalau dilihat dari banderol yang dipasang Xiaomi. Kamu dapat menjalankan berbagai aplikasi dan tugas-tugas lainnya tanpa khawatir cepat kehabisan baterai.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9A

Buat kamu yang sedang mencari rekomendasi HP murah berkualitas, Redmi tipe 9A bisa menjadi salah satu terbaik. Namun, alangkah baiknya kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari ponsel ini.

Kelebihan

  1. Dibekali Baterai yang Awet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, 9A memang dibekali baterai berkapasitas besar, yakni 5000 mAh. Kapasitas tersebut dapat dikatakan sangat besar untuk HP satu jutaan. Bahkan, pihak Xiaomi mengklaim bahwa produknya tersebut dapat digunakan untuk menonton video selama 19 jam, menelepon selama 38 jam, dan bermain game dengan durasi mencapai 14 jam.

  1. Desain Layar Dot Drop Display

Layar 9A memang didesain dot drop display yang menjadikan layarnya memenuhi keseluruhan bodi bagian depan. Belum lagi dengan adanya fitur low blue light yang akan memberikan kenyamanan kepada penggunanya, meskipun mengoperasikan ponsel dalam durasi lama.

  1. Fitur Kamera Berkualitas

Kendati hanya dibekali dengan satu kamera depan dan belakang, tetapi hasil jepretan ponsel ini tidak dapat diremehkan. Pasalnya, kamera belakang beresolusi 13 MP tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung yang penting. Mulai dari mode HDR, pengenalan wajah, AI Scene Detection, Kaleidoscope effect, dan lain-lain. Perbandingan hasil jepretan kamera dari 9A ini pun tidak jauh berbeda daripada ponsel quad camera.

  1. MIUI 12

Ponsel keluaran Tiongkok tipe 9A ini termasuk ponsel pertama yang memperoleh bagian OS Android 10 dengan antarmuka MIUI 12. Pasalnya, peluncuran ponsel ini tidak jauh dari peluncuran MIUI 12. Dengan begitu, kamu dapat menggunakan berbagai fitur antarmuka MIUI, seperti mode gelap 2.0 yang mampu menyesuaikan ketebalan dan kontras warna font. Tidak hanya itu, ada juga fitur Super Wallpaper yang menjadikan tampilan ponsel ini menjadi lebih menarik.

Kekurangan

  1. Kapasitas RAM dan Memori Internal yang Kecil

Dengan harganya yang tergolong murah, RAM sebesar 2GB dan memori internal 32 GB sebenarnya dapat dikatakan sepadan. Namun, kamu tidak dapat mengoperasikan ponsel ini untuk berbagai aplikasi sekaligus dengan nyaman. Oleh karena itu, 9A lebih cocok sebagai rekomendasi HP buat pengguna dengan kebutuhan minimalis.

  1. Belum Ada Fitur Fast Charging

Ponsel-ponsel lain yang memiliki kapasitas baterai besar biasanya dilengkapi dengan fitur fast charging. Hal itu bertujuan untuk mempercepat pengisian daya, meskipun daya baterainya besar. Sayangnya Redmi 9A belum dilengkapi dengan fitur fast charging. Fitur pengecasan ponsel ini memang masih standar, yakni 10 W. Dengan begitu, kamu harus sedikit bersabar saat mengisi daya.

  1. Performa Dapur Pacu yang Dinilai Kurang Baik

Redmi tipe 9A memang memiliki dapur pacu yang kurang baik jika dibandingkan dengan tipe 9. Pasalnya, tipe 9A ini masih menggunakan Helio G25, belum Helio G80. Chip tersebut memang dinilai kurang layak kalau digunakan untuk memainkan game berukuran besar. Selain itu, prosesor 8 inti pada ponsel ini juga masih menggunakan Cortex A53, belum Cortex A7.

  1. Belum Ada Fingerprint

Di tengah banyaknya ponsel yang sudah memiliki fitur sidik jari, ponsel ini masih belum didukung fitur tersebut. Dengan begitu, kamu perlu bersabar untuk memasukkan PIN pattern setiap akan menggunakannya. Kamu juga dapat menggunakan fitur Face Unlock untuk membuka kunci layar.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai harga, spesifikasi, dan fitur dari ponsel Redmi 9A. Dengan spesifikasi dan fitur yang telah dijelaskan, harga satu jutaan memang termasuk terjangkau. Kamu dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Selain itu, perhatikan juga dengan kebutuhanmu. Jika digunakan untuk mengoperasikan berbagai aplikasi berukuran besar, tentu akan kurang nyaman digunakan. Namun, jika hanya untuk kebutuhan minimalis, ponsel ini sangat cocok buat kamu.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload