Ramaikan Persaingan Kelas Menengah, Sony akan Rilis Sony xperia 10 III

Ramaikan Persaingan Kelas Menengah, Sony akan Rilis Sony xperia 10 III

11 May 2021 by kreditpintar
sony xperia 10 III

Sony xperia 10 III jadi salah satu smartphone yang diumumkan akan rilis oleh Sony Mobile di tahun 2021 ini. Perilisan tersebut dilakukan setelah mereka mengadakan perubahan strategi penamaan pada tahun 2019 lalu.

Strategi tersebut memutuskan perusahaan asal Jepang itu akan memakai pola Xperia 1, Xperia 5, dan Xperia 10 untuk rilisan smartphone-nya. 

Dimana Xperia 1 diproyeksikan mengisi kelas paling atas (flagship), Xperia 5 sedikit di bawahnya dan terakhir Xperia 10 yang dirilis untuk mengisi persaingan smartphone kelas menengah.

Saat ini, pola tersebut sudah mencapai generasi ke-3 sejak dimulai dengan perilisan generasi pertama pada sekitar bulan Oktober 2019 lalu. 

Meskipun mengambil beberapa karakteristik dari si unggulan Xperia 1, generasi ke-3 dari Xperia 10 yaitu Sony Xperia 10 seri ketiga masih diposisikan untuk mengisi papan tengah persaingan smartphone

Lalu, bagaimana kira-kira performa salah satu rilisan terbaru Sony Mobile? Silahkan disimak beberapa hal yang harus diketahui tentang smartphone baru ini. Dimulai dari harga, spesifikasi dan tanggal rilis dari Sony Xperia 10 seri ketiga.

Performa Bersaing di Kelasnya

Sony Xperia 10 seri ketiga akan dibekali Qualcomm chipset 690 5G. Sebuah chip pabrikan Qualcomm dengan seri 600 pertama yang mendukung 5G. Penerus Snapdragon 675 ini dibuat dengan proses fabrikasi 8 nm dan memiliki modem terintegrasi Snapdragon X51 5G.

Bersama dengan chipset tersebut, smartphone ini akan mempunyai komposisi CPU Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 560 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 560 Silver) dan GPU Adreno 619. 

Komponen pemroses tadi akan dipadukan dengan penyimpanan berupa RAM 6GB dan memori internal 128GB. Selain itu, tersedia juga slot microSD hybrid untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan.

Dengan bekal seperti ini, Sony Xperia 10 III sudah dipastikan jadi saingan kuat untuk kompetitornya di kelas menengah (Mid-range).

Selain itu, karena sudah mendukung koneksi 5G menjadikan produk pabrikan Sony ini sebagai smartphone kelas menengah pertama yang memiliki teknologi jaringan masa depan tersebut.  

Layar Berkelas dan Ringkas

Untuk urusan layar, Sony Xperia 10 III akan hadir dengan layar OLED berukuran 6 inci yang sudah mendukung HDR 10. Layar ini memiliki refresh rate 60Hz dengan aspek rasio 21:9 dan touch sampling rate 120Hz. 

Tren penggunaan layar OLED yang di trigger oleh keluarnya iPhone 12 yang memakai jenis layar ini, rupanya diikuti juga oleh Sony di seri terbaru Xperia. 

Tidak heran, jika dibandingkan layar LCD, OLED lebih baik dalam reproduksi warna, waktu respons, lebar sudut pandang, tingkat kecerahan, dan desain.  

Ukuran layar yang disematkan di Sony Xperia 10 III ini membuat dimensi dari smartphone generasi 3 Xperia 10 ini jadi lebih ringkas. Walau ringkas dengan aspek rasio 21:9 smartphone ini bakal nyaman untuk dipakai menonton film.  

Lalu untuk masalah perlindungan, baik layar dan bodi belakang smartphone keluaran terbaru Sony ini akan dilindungi oleh Gorilla Glass 6.

Kurang Memprioritaskan Kamera 

Urusan menangkap foto adalah elemen yang penting untuk smartphone saat ini. Untuk kelasnya, Sony Xperia 10 seri ketiga tampak tidak terlalu memprioritaskan bagian ini.

Bekal kameranya adalah lensa 12MP, ultrawide 8MP, dan telephoto 8MP yang berperan sebagai lensa utama. Ketiganya disusun berbaris ke bawah dan diletakan di bagian sudut kiri atas. 

Untuk kamera yang mendapat tugas menghandle urusan selfie, dipercayakan pada kamera depan beresolusi 8MP.

Ada beberapa fitur yang disematkan untuk menambah keseruan berfoto menggunakan gadget ini. Yaitu mode malam, food, Human Skin Tone, Kids, Pets and Low Light Conditions.

Jika melihat budget, spesifikasi kamera seperti ini masih dibawah kompetitornya yang bisa menyematkan kamera utama sampai 64 MP dengan budget hanya dipatok di 5 jutaan saja.   

Namun tetap saja, jumlah 4 kamera yang dimilikinya merupakan syarat yang cukup untuk disebut smartphone kelas menengah.

Urusan Suara yang Oke 

Sony membekali audio jack 3.5mm dengan LDAC dan dukungan audio Hi-Res, Hi-Res Audio wireless, Stereo Recording, DSEE Ultimate dan Qualcomm aptX HD audio.  Bekal mumpuni untuk menghasilkan kualitas audio yang oke. 

Lihat saja, teknologi LDAC membuatmu dapat menikmati pengalaman Hi-Resolution Audio dengan laju transfer pada transmisi suara sampai 990kbps. Artinya, Sobat Pintar dapat mendengar secara nirkabel yang mirip dengan suara aslinya.

Selain mendengarkan smartphone ini juga memanjakanmu dengan fitur stereo recording. Alhasil Sobat Pintar dapat melakukan polarisasi saat merekam dengan menggunakan gadget satu ini.

Belum lagi DSEE Ultimate yang merupakan teknologi berbasis AI akan sedikit membantumu saat berurusan dengan file music yang terkompres. Fitur ini akan memperbaiki kualitas file tersebut secara akurat.

Kehadiran aptX HD juga akan menambah pengalaman mendengarkanmu. Karena fitur ini menjanjikan kualitas resolusi tinggi pada audio. Selain itu juga menawarkan signal to noise ration (SNR) yang baik, distorsi rendah dan lebih hemat baterai.

Fitur-fitur Lainnya

Tenaga smartphone kelas menengah ini berasal dari baterai non-removable berkapasitas sebesar 4.500 mAh.  Sayang, baterai yang digunakan tidak mendukung wireless charging dan reverse wireless charging.

Fitur waterproof IP65 / IP68 yang mulai disematkan Sony sejak generasi kedua, masih dipertahankan di Sony Xperia 10 seri ketiga yang merupakan generasi ketiga.

Terdapat juga sensor sidik jari yang disimpan di bagian samping. Lalu bekal konektivitasnya adalah Bluetooth 5.1 dan NFC.

Smartphone yang menjalankan Android 11 ini dijanjikan memiliki empat pilihan warna, yaitu hitam, putih, biru, dan merah muda.

Tanggal Rilis

Jika Sobat Pintar tertarik dengan smartphone satu ini, jangan terburu-buru mencari dana, bahkan sampai memakai Kredit Pintar, pinjaman instan atau merengek ke orang tua untuk bisa membelinya.

Karena dikabarkan, selama acara online yang digelar pada 14 April 2021 lalu, perusahaan raksasa asal Jepang Sony belum mengumumkan kapan tanggal rilis untuk Xperia 10 III. 

Jadi Sobat Pintar harus sedikit bersabar, karena belum ada tanggal pasti kapan ketiga perangkat teranyar itu dirilis. 

Namun, Sony memberi sedikit clue bahwa smartphone yang dijanjikan keluar bersama Xperia 1 III dan Xperia 5 III, akan dilepas ke pasar pada “awal musim panas” nanti. 

Perkiraan Harga

Bukan cuma itu alasan Sobat Pintar harus menunda memakai Kredit Pintar, pinjaman instan, merengek ke orang tua atau menyisihkan uang untuk menabung. 

Pasalnya, jumlah uang yang harus Sobat Pintar kantongi untuk mempersunting gadget terbaru ini, masih belum pasti. Kenapa?

Karena sama dengan tanggal rilisnya, masalah budget pun belum ditentukan secara resmi oleh Sony. Jadi, belum dapat dipastikan berapa angka yang akan dibandrol untuk memiliki Sony Xperia 10 seri ketiga. 

Namun, jika melihat pendahulunya Xperia II yang dihargai Rp 7.500.000. Mungkin, budget untuk generasi ketiga ini pun tidak akan terlalu jauh dari angka tersebut. Biasanya, jika masih dalam satu keluarga, kenaikan budget, spesifikasi dan fitur tidak akan terlalu signifikan.

kredit pintar