Download Preset Lightroom Gratis, Foto Makin Keren

30 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 03 Dec 2021

Mengunggah foto ke media sosial menjadi suatu hal yang sering dilakukan oleh semua kalangan, terutama kalangan muda. Meskipun Anda mengambil foto menggunakan kamera HP, namun kini hasil yang diberikan bisa lebih keren dan menarik. Nah, untuk membuat foto terlihat keren, Anda bisa menggunakan preset lightroom gratis yang bisa di download dengan mudah dan cepat.

Download Preset Lightroom Gratis, Buat Foto Makin Keren

Sebelum mengetahui cara downloadnya, Anda bisa menyimak berbagai preset lightroom yang bisa digunakan secara gratis berikut.

Macam-macam Preset Lightroom Gratis Bisa Anda Pilih

Download Preset Lightroom Gratis, Buat Foto Makin Keren

Untuk hasil foto yang keren ala instagrammer, Anda bisa mengedit foto terlebih dahulu sebelum mengunggahnya. Salah satu aplikasi edit foto yang sering digunakan untuk mengedit foto agar terlihat keren adalah Adobe Lightroom. 

Disini ada beberapa preset lightroom gratis yang bisa Anda gunakan untuk smartphone iOS dan Android, yaitu:

  • Mobile Lightroom Presets

Jika Anda ingin menggunakan Preset Lightroom gratis untuk iOS maupun Android, maka bisa kunjungi FixThePhoto sekarang juga. Sebab, disana Anda akan menemukan lebih dari 500 preset yang dapat digunakan secara gratis. Semua preset tersedia bisa digunakan untuk kebutuhan fotografi agar terlihat lebih keren dan menarik.

  • Matte Portrait Presets

Preset ini dikhususkan untuk para fotografi portrait maupun modelling. Ketika Anda menggunakan preset ini, maka hasilnya akan terlihat estetik dengan vibe yang hangat. Nah, jika ingin menggunakannya, maka Anda bisa download preset ini di FixThePhoto.

  • Orange And Teal Preset

Preset ini cocok untuk Anda gunakan jika ingin mengunggah foto di Instagram. Feed Instagram Anda akan terlihat lebih keren dengan warna orange dan biru yang terlihat tajam. Nah, jika Anda ingin mengunggah foto yang keren seperti para selebgram, maka Anda bisa menggunakan preset ini juga, ya.

  • Preset Lightroom Wedding Warm Enrich

Seperti namanya, preset lightroom gratis ini cocok digunakan untuk foto-foto pernikahan karena memiliki kesan yang sinematik. Foto Anda dan pasangan pun akan terlihat semakin berkesan, bahkan jika dilihat beberapa tahun kemudian. 

  • Preset Lightroom Emulsion

Preset Lightroom Emulsion akan membuat foto Anda memiliki efek film halus, berwarna krem, serta terlihat realistis pada semua jenis foto. Disini, efek shadow dan highlight akan diturunkan, sehingga tampak menarik. Terutama jika digunakan oleh para fotografi jenis portrait serta pemandangan bunga.

  • Preset Lightroom Cream

Preset ini khusus digunakan pada smartphone dan akan memberikan hasil yang halus, berwarna krem, matte, dengan tone berwarna gading. Anda bisa menggunakan preset ini untuk foto objek bunga, pernikahan, bahkan portrait.

  • Red And Green Preset

Tak hanya kombinasi orange dan biru yang akan membuat foto menjadi keren, kini perpaduan warna merah dan hijau juga akan memberikan hasil luar biasa. Nantinya, hasil foto akan terlihat cenderung lebih gelap, namun memberikan kesan grungy yang dijamin menarik.

  • Preset Lightroom Hyperreal Drab (HDR)

Jika foto yang Anda miliki ingin memiliki efek HDR dengan kontras tinggi khas kamera smartphone, maka bisa langsung menggunakan preset ini saja. Hasil fotonya akan terlihat kecokelatan dan lebih gelap, namun memberikan kesan yang elegan nantinya.

  • Preset Lightroom Hyperral Intense (HDR)

Apabila Anda tidak menyukai tampilan foto yang kusam dan gelap, maka preset ini sangat cocok untuk digunakan. Warna yang ditampilkan dalam objek foto akan terlihat lebih tajam dan cerah. Alhasil, foto yang dihasilkan akan menjadi lebih eye-catching.

  • Preset Lightroom Coffee

Preset ini akan menghasilkan efek kecoklatan yang hangat dan deep. Warnanya yang seperti kopi akan mengingatkan Anda kepada kedai kopi yang selalu dikunjungi. Jika ternyata warna yang dihasilkan terlalu gelap, Anda bisa meningkatkan exposure-nya saat melakukan pengeditan di Lightroom nanti.

  • Preset Lightroom Insta Look

Dengan menggunakan preset ini, maka efek foto yang dihasilkan akan terlihat lebih cerah, jernih dan membuat warna-warna di dalam foto, terutama putih dan biru menjadi warna pastel lembut. 

  • Preset Lightroom When in Rome

Jika suatu hari nanti Anda akan pergi ke Eropa untuk jalan-jalan, maka jangan lupa untuk menggunakan preset ini, ya. Preset lightroom ini akan meningkatkan kualitas foto pada bangunan Eropa, terutama yang bergaya gothic maupun renaissance.

Hasil dari foto ini akan terlihat lebih standout, serta semakin menonjolkan keindahan Roma maupun kota lain yang ada di Eropa. Meskipun begitu, Anda bisa menggunakan present ini untuk mengambil foto di Indonesia juga. Tentu saja, hasilnya pun tak kalah keren dari foto-foto bangunan Eropa tersebut.

  • Preset Lightroom Pastel

Jika Anda menyukai barang-barang antik atau lama, maka present ini sangat cocok untuk digunakan. Hasil foto yang dihasilkan akan memiliki efek vintage atau tint cokelat, lho. Jadi, akan tercipta unsur rustic yang begitu menarik. 

Anda bisa menggunakan present ini untuk semua jenis foto, terutama foto yang memiliki gaya antik dan unik. Sehingga, hasilnya akan tampak menarik dan memiliki nilai seni yang  begitu tinggi. 

Cara Download Preset Lightroom Gratis dengan Mudah dan Cepat

Setelah mengetahui berbagai macam preset gratis yang bisa digunakan, kini Anda bisa simak beberapa cara download preset lightroom gratis berikut ini.

Lakukan Ekstrak pada File Preset Lightroom

  • Unduh file preset yang diinginkan terlebih dahulu.
  • Kemudian, ekstrak file lightroom preset yang tersedia dalam format ZIP ke dalam file yang mudah ditemukan.

Masukkan Preset Lightroom

  • Selanjutnya, silakan buka aplikasi Lightroom yang terdapat pada smartphone Anda. Jika belum mendownloadnya, silakan download aplikasi dulu sampai terinstal.
  • Lalu, klik menu ‘New Item’, kemudian klik ‘Album’ untuk membuat album baru.
  • Berikan nama album tersebut, misalnya ‘Preset’. Lalu, klik bagian ikon ‘Picture’ agar bisa menambahkan preset.
  • Klik opsi ‘Device’, kemudian pilih ‘Folder Preset’ yang sudah di ekstrak, lalu klik ‘Add’.

Aplikasikan Preset Pada Foto

  • Pilih salah satu preset yang terdapat pada album, lalu klik ikon titik tiga berbentuk vertikal yang berada di bagian pojok kanan atas agar bisa memunculkan menu lain.
  • Klik opsi ‘Copy Settings’, kemudian masukkan foto yang ingin diedit ke dalam aplikasi Lightroom. 
  • Kalau sudah, Anda bisa segera klik lagi ikon titik tiga berbentuk vertikal yang ada di bagian pojok kanan atas.
  • Selanjutnya, klik ‘Paste Settings’ agar bisa memasukkan preset lightroom.
  • Terakhir, lihatlah hasil foto yang sudah Anda edit tersebut.

Kini, foto yang Anda buat sudah selesai di edit. Jadi, tinggal di unggah saja ke media sosial dan lihatlah betapa kerennya foto tersebut. Tak hanya itu, dipastikan Anda akan mendapatkan banyak like dari para pengguna lain, lho. Itulah beberapa cara download preset lightroom gratis yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Jika Anda sudah memiliki presetnya, maka proses edit pun akan menjadi lebih cepat, lalu bisa segera diunggah ke akun media sosial. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download