Penyebab Kulit Kusam, Beberapa Pasti Sering Dilakukan

12 Jul 2021 by Laruan

Memiliki penampilan fresh adalah awal yang baik di saat kita bertemu orang baru. Karena penampilan adalah hal yang hal yang menjadi nilai kesan pertama seseorang pada kita.  Tanpa kita sadari, ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit kusam. Beberapa di antaranya sering kita lakukan. Apa saja penyebabnya?

Penyebab Kulit Kusam, Beberapa Pasti Sering Dilakukan

1. Usia yang Bertambah

Tak bisa dipungkiri lagi kalau faktor usia menjadi salah satu penyebab kulit kusam. Melambatnya proses regenerasi menyebabkan kulit wajah kehilangan elastisitasnya, sehingga kulit wajah mengalami penuaan dengan munculnya keriput dan garis halus.

Hal ini alami terjadi pada setiap orang yang bertambah usia. Solusi efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memakai krim anti aging. Namun, pastikan juga apakah krim pilihan Sobat Pintar cocok di kulit untuk menghindari resiko kulit rusak.

2. Kurang Mengkonsumsi Air Putih

Seperti kita tahu bahwa air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satunya adalah untuk menjaga kelembaban kulit agar tidak mudah kering. Kurang mengkonsumsi air putih bisa menyebabkan kulit tampak lebih kusam.

Mulai sekarang kurangi minuman yang mengandung kafein atau pemanis, perbanyak minum air putih agar kesehatan kulit dan tubuh Sobat Pintar tetap terjaga. 

3. Polusi dan Sengatan Sinar Matahari

Terlalu banyak aktivitas di luar membuat Sobat Pintar sering terpapar polusi dan sinar matahari. Akibatnya, muncul beberapa masalah pada kulit yang mempengaruhi kesehatan kulit Sobat Pintar. Salah satu dampak yang ditimbulkannya adalah kulit kusam.

Terlalu sering terpapar sinar ultraviolet sangat berisiko merusak lapisan kulit serta memecah protein penting yang ada pada kulit. Untuk itu, perlindungan pada kulit wajah sehingga

Solusinya adalah gunakan tabir surya ketika hendak beraktivitas di luar sehingga kulit Sobat Pintar terlindungi dari paparan sinar matahari langsung. Gunakan masker kain untuk mengurangi efek polusi yang bisa memperparah keadaan kulitmu.

4. Produk Kecantikan yang Tidak Cocok

Produk kecantikan untuk merawat wajahmu juga harus diperhatikan. Jika produk yang Sobat Pintar pakai menimbulkan rasa tidak nyaman, Sobat Pintar harus hati-hati. Bisa jadi produk pilihan Sobat Pintar tidak cocok dengan jenis kulitmu. Hentikan segera pemakaiannya sebelum terjadi masalah yang serius dengan kulit alami. Tak jarang kalau kasus ini menjadi salah satu penyebab kulit kusam yang sering terjadi.

Jika belum menemukan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kulitmu, Sobat Pintar bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai pengganti produk kecantikanmu.

5. Sering Begadang

Kurangnya waktu tidur juga menjadi penyebab kulit kusam dan kurang bercahaya. Kebiasaan begadang ini sebaiknya dikurangi karena akan berdampak buruk jika terus dilakukan. Normalnya, seseorang perlu tidur sekitar 8 jam untuk mengembalikan energi yang terkuras setelah seharian beraktivitas.

Mendapatkan waktu tidur yang berkualitas juga bisa mempengaruhi kinerja tubuh Sobat Pintar agar lebih baik, termasuk mengurangi risiko kulit kusam yang selama ini dikhawatirkan.

Mulai saat ini, cobalah untuk memperhatikan waktu istirahat Sobat Pintar agar kondisi tubuh dan kulitmu tetap terjaga di tengah aktivitasmu yang super padat. 

6. Faktor Stres

Faktor Stres

Banyak aktivitas yang melelahkan sangat mempengaruhi kondisi tubuh dan pikiran seseorang, termasuk stres. Kondisi ini sering dialami seseorang yang tengah banyak pikiran. Memang wajar terjadi, namun jangan biarkan hal itu berlarut-larut karena dapat menyebabkan kulit Sobat Pintar menjadi kusam.

Ketika seseorang mengalami stres, hormon kortisol (hormon stres pada tubuh) akan meningkat sehingga menyebabkan produksi minyak meningkat. Itulah mengapa tingkat stres seseorang sangat berpengaruh pada kondisi kulitnya juga.

Segera atasi stres yang Sobat Pintar alami sehingga hal ini tidak banyak mempengaruhi pikiran, tubuh, dan wajah Sobat Pintar. Banyak hal yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk mengatasi stres seperti mendengarkan musik atau melakukan hal yang membuat Sobat Pintar merasa senang.

Itulah beberapa penyebab kulit kusam yang sering dialami sebagian orang. Merawat wajah untuk memaksimalkan penampilan Sobat Pintar sangatlah penting. Memiliki wajah yang segar dan berseri akan menambah rasa percaya diri Sobat Pintar untuk memulai hari yang baru.

Semoga bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk