Pengertian Kolagen dan Manfaat Kolagen Bagi Tubuh

Pengertian Kolagen dan Manfaat Kolagen Bagi Tubuh

08 Jun 2021 by kreditpintar
Pengertian Kolagen dan Manfaat Kolagen Bagi Tubuh

Beberapa tahun terakhir suplemen kolagen atau minuman kolagen sangat diminati untuk dibeli oleh masyarakat Indonesia. Namun, apa itu sebenarnya kolagen dan apa manfaat kolagen bagi tubuh dan kulit? Berikut penjelasan lengkapnya :

Pengertian Kolagen 

Kolagen adalah salah satu jenis protein yang menyusun tubuh seperti tulang, gigi, otot dan sendi. Kata kolagen berasal dari Bahasa Yunani yang berarti lem sehingga bisa disimpulkan secara garis besar bahwa kolagen adalah salah satu penyusun pengikat struktur tubuh. 

Secara garis besar ada 28 tipe kolagen dalam tubuh, namun 4 tipe yang utama adalah kolagen tipe I, II, III, IV. Kolagen tipe I adalah kolagen yang membentuk kulit, tulang, tendon, tulang rawan, jaringan ikat dan gigi. Selanjutnya kolagen tipe II adalah kolagen yang membentuk kartilago atau tulang rawan yang berada diantara sendi. Kemudian, kolagen tipe III adalah kolagen yang membentuk otot, organ, dan arteri. Yang terakhir adalah kolagen tipe IV yang berfungsi untuk mengisi jaringan di bawah lapisan kulit. 

Sama seperti kandungan lainnya dalam tubuh, kadar kolagen dalam tubuh dapat bertambah atau berkurang seiring berjalannya waktu. Pada umumnya semakin kita menua maka kadar kolagen dalam tubuh akan berkurang dan kualitas kolagen yang dihasilkan juga akan berkurang. Itulah alasannya mengapa orang yang sudah tua akan mengalami keriput, karena kolagen tipe IV yang berada di bawah lapisan kulit berkurang. 

Manfaat Kolagen Bagi Tubuh

Setelah kita mengetahui pengertian dan fungsi kolagen maka saatnya kita mengetahui apa saja kegunaan kolagen dalam tubuh kita. 

1. Kegunaan kolagen pada wajah dan kulit 

Memenuhi kadar kolagen pada wajah membuat kulit menjadi kencang dan tidak berkerut. Mengkonsumsi makanan yang memicu produksi kolagen dapat menghindarkan Sobat Pintar dari penuaan dini. Jika Sobat Pintar minum suplemen kolagen maka kulit Sobat Pintar akan membaik seiring dengan waktu. Penelitian menunjukan bahwa orang yang meminum suplemen yang mengandung kolagen akan memiliki kulit yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi suplemen yang mengandung kolagen. 

Kulit yang lebih baik adalah kulit yang kencang, memiliki sedikit kerutan, lembab, serta tekstur yang merata. Hal tersebut dapat disebabkan karena kandungan kolagen yang sebelumnya hilang dapat terisi kembali dengan suplemen yang mengandung kolagen. Namun, karena kolagen adalah salah satu jenis protein maka dengan memakan yang mengandung protein tinggi juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen.  

2. Kolagen untuk selulit dan membantu proses penyembuhan luka 

Selulit atau stretch marks dapat terjadi karena kulit kita yang renggang atau menyusut secara cepat. Selulit banyak ditemukan pada ibu hamil dan orang yang mengalami penurunan/kenaikan berat badan. Jika kulit kita merenggang dengan cepat bukan berarti lapisan di bawah kulit juga akan cepat merenggang. Justru akan terjadi kekosongan jaringan pada lapisan di bawah kulit sehingga menimbulkan selulit. 

Dengan memperbanyak kolagen maka kekosongan pada lapisan di bawah kulit akan diisi kembali oleh kolagen sehingga bekas luka selulit akan memudar. Hal tersebut juga sama dengan penyembuhan luka. Dengan memperbanyak produksi kolagen maka jaringan kulit yang terluka juga akan lebih cepat untuk menutup dan sembuh. 

3. Kolagen untuk merawat tulang dan otot 

Manfaat kolagen yang ketiga adalah untuk merawat sendi dan otot. Kolagen tipe I, II, dan III merupakan komponen penting untuk menjaga jaringan antar tulang dan otot. Kartilago yang berada diantara tulang merupakan komponen penting dalam tubuh karena jika jaringan antar sendi ini bermasalah maka akan menyebabkan pergesekan antar tulang jika bergerak. Pergesekan antar tulang ini dapat menyebabkan nyeri pada sendi.

Itulah beberapa manfaat kolagen bagi tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan kolagen dalam tubuh dapat memberikan sejumlah manfaat. Bukan hanya untuk wajah dan kulit tapi juga untuk organ yang lainnya juga.  

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk