Mengenal 5 Manfaat Zucchini yang Baik Bagi Tubuh

06 Aug 2021 by Laruan

Zucchini, salah satu jenis sayuran yang sudah tidak asing di kalangan pecinta santapan sehat. Kekinian, jenis sayur satu ini sedang populer karna manfaat Zucchini dipercaya bisa memberikan berbagai khasiat yang tak kalah menyehatkan layaknya sayuran lain bagi tubuh.

manfaat zucchini

Dikenal dengan nama ‘Zukini’ dalam istilah Indonesia, sayuran satu ini dideskripsikan sebagai labu kecil yang buahnya dipanen sebelum matang, punya bentuk layaknya mentimun, umumnya lebih banyak dijumpai dengan kulit berwarna hijau tua atau hijau muda, tapi ada juga Zucchini dengan kulit berwarna kuning.

Daging sayuran Zucchini berwarna putih dengan tekstur halus, kemudian punya rasa yang renyah dan hambar. Menariknya, berbeda dari berbagai macam jenis sayur lain yang sudah sangat populer dan umum dikonsumsi di Indonesia, Zucchini ternyata relatif baru dikenal dan banyak dikonsumsi masyarakat tanah air pada paruh abad ke-20.

manfaat zucchini

Zucchini dipercaya mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh para penikmatnya. Berdasarkan laporan Food Data Central milik U.S. Department of Agriculture (USDA), ragam kandungan nutrisi yang ada dalam Zucchini diantaranya terdiri dari protein, karbohidrat, kalsium, berbagai macam serat, dan vitamin C. Lebih jelasnya, berikut manfaat Zucchini yang bisa didapat bagi mereka yang mengonsumsi sayuran ini secara rutin.

1. Zucchini berkhasiat menurunkan berat badan

Bagi pejuang program diet, Zucchini bisa menjadi pilihan tepat dalam mendukung program diet yang sedang dijalani karena sayuran ini memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Selain itu, berbagai kandungan serat yang terkandung dalam Zucchini diyakini bisa membuat penikmatnya memiliki rasa kenyang lebih cepat dan tahan lama dibanding mengonsumsi makanan lainnya.

2. Lancarkan pencernaan dengan konsumsi zucchini

Mendapat rasa kenyang lebih cepat dan tahan lama berkat mengkonsumsi Zucchini bukan berarti pencernaan terhambat. Faktanya, kadar air tinggi yang juga dimiliki sayuran ini berkhasiat dalam membantu pencernaan.

Dalam tiap 100 gram Zucchini diketahui memiliki kandungan air sebanyak 94,8 gram yang dapat membantu melembutkan pembentukan kotoran dalam proses metabolisme tubuh, sehingga semakin memperlancar pencernaan setiap harinya.

3. Memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan mata

Faktanya, ada dua jenis nutrisi terkandung dalam Zucchini yang dipercaya bagus untuk kesehatan mata, yaitu vitamin A dan Lutein. Kedua nutrisi tersebut diyakini dapat meminimalkan risiko berkurangnya daya penglihatan yang biasanya muncul seiring bertambahnya usia, juga meminimalisir risiko penyakit katarak.

4. Menurunkan kadar gula darah

Kandungan karbohidrat yang ada pada Zucchini diketahui memiliki kadar cukup besar di antara nutrisi lainnya. Sebagaimana yang kita tahu kalau makanan mengandung karbohidrat yang paling banyak dandalkan selama ini adalah nasi putih, tapi di saat bersamaan juga mengandung kandungan gula yang cukup besar, karena itu Zucchini jadi pilihan sebagai alternatif terbaik dibanding nasi putih.

Selain untuk melancarkan pencernaan, kandungan serat dalam Zucchini juga bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin untuk mengontrol kadar gula darah menjadi lebih stabil.

5. Membantu memperlambat penuaan

Penuaan yang terjadi pada kulit sejatinya merupakan hasil dari keberadaan radikal bebas dan peradangan yang dialami tubuh selama bertahun-tahun. Untuk meminimalisir hal tersebut, penuaan dapat dicegah dengan mengonsumsi panganan yang kaya akan antioksidan dan anti-inflamasi.

Siapa sangka, kalau Zucchini merupakan salah satu jenis panganan yang memenuhi kedua nutrisi di atas, kandungan antioksidan dan fitonutrien anti-inflamasi yang terdapat dalam Zucchini diyakini dapat membersihkan radikal bebas peradangan berlebih dari tubuh apabila rajin dikonsumsi secara rutin.

Dari deretan manfaat Zucchini yang sudah dijelaskan, nyatanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan soal keberadaan dan cara mengonsumsi sayuran satu ini. Sama seperti sayur dan bahan pangan sehat pada umumnya, supaya bisa tahan lama diperlukan perhatian dan cara khusus dalam menyimpan Zucchini sebelum dikonsumsi, agar keberadaannya tidak cepat rusak sehingga kandungan nutrisi yang ada tetap terjaga dan tidak hilang.

Jika ingin menyimpan Zucchini di dalam kulkas untuk dikonsumsi dalam beberapa hari ke depan setelah dibeli, disarankan supaya lebih dulu menempatkan Zucchini pada kantong plastik berlubang. Selain itu, ada baiknya tidak menyimpan Zucchini di dalam kulkas selama lebih dari tiga hari, semakin cepat Zucchini dikonsumsi dalam keadaan segar maka semakin baik pula nutrisi yang didapat.Itu dia ragam penjelasan mengenai manfaat Zucchini yang baik bagi tubuh, kira-kira khasiat mana yang terdapat pada Zucchini dan paling dibutuhkan oleh tubuh Sobat Pintar saat ini?

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload