Menakjubkan, Ternyata Ini 3 Manfaat Mandi Air Dingin!

13 Jul 2021 by Laruan, Last edit: 12 Jul 2021

Menjaga kebersihan tubuh merupakan bagian dari menjaga kesehatan agar tubuh terhindar dari kotoran dan bakteri sumber penyakit. Pada umumnya, seseorang membutuhkan mandi minimal sebanyak dua kali setiap harinya. Sebagian besar orang banyak yang mandi dengan menggunakan air hangat agar tubuh terasa lebih rileks, apalagi ketika di malam hari atau di pagi hari ketika suhu masih dingin. Padahal, ada banyak manfaat mandi air dingin yang sangat baik untuk kesehatan. Yuk simak uraian di bawah ini! 

manfaat mandi air dingin

1. Mandi Air Dingin Efektif Dalam Mengatasi Depresi

Apabila seseorang tengah mengalami gejala atau gangguan depresi, maka membiasakan diri untuk mandi dengan air dingin dapat menjadi salah satu terapi yang direkomendasikan. Cara ini menjadi salah satu model dalam pengobatan metode holistic yang dapat mengurangi gangguan depresi. Bahkan riset telah melakukan pengujian bahwa mandi dalam waktu sekitar 5 menit dengan air dingin sebanyak 2 atau tiga kali setiap minggunya akan membantu mengurangi gangguan depresi.

Mengapa mandi dengan air dingin bisa mengatasi gejala depresi? Hal ini disebabkan karena air dingin mampu meningkatkan peredaran endorphin di dalam tubuh. Tertera pada Medical Hypotheses Journal, air dingin mampu meningkatkan norepinefrin dan endorphin yang dapat menstimulasi rasa bahagia sehingga ketika mandi dengan air dingin, tubuh bisa sejenak melupakan rasa depresi yang dideritanya.

2. Mendukung Peningkatan Kewaspadaan

Mandi dengan air dingin juga dapat mengirim lebih banyak impuls listrik menuju otak. Dengan impuls listrik yang terdistribusi lebih banyak maka tingkat kewaspadaan seseorang akan meningkat, begitu pula dengan energi yang dimiliki tubuh. Hal ini sesuai dengan Jurnal British of Sports Medicine yang menyatakan bahwa mandi dengan air dingin dapat memberikan keuntungan secara fisiologis.

Keuntungan secara fisiologis tersebut antara lainnya adalah dapat meningkatkan frekuensi pernapasan, denyut jantung, hingga tekanan darah. Mandi dengan air dingin juga dapat meningkatkan kinerja metabolisme di dalam tubuh karena ketika menerima air dingin, tubuh akan melakukan pekerjaan lebih keras dalam mempertahankan suhu normal tubuh sehingga metabolisme pun otomatis akan meningkat.

Karena tubuh berusaha mempertahankan suhu normal, maka tubuh juga akan membangun sistem sirkulasi yang lebih efisien sehingga aliran darah di dalam tubuh akan terpompa lebih lancar. Sirkulasi darah yang lancar akan berdampak baik untuk menjaga kenormalan tekanan darah dan gula darah di dalam tubuh sehingga akan terhindar dari risiko hipertensi dan diabetes.

manfaat mandi air dingin

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Dengan Mandi Air Dingin 

Berdasarkan riset yang telah diterbitkan di dalam suatu jurnal bernama PLoS One, manfaat mandi air dingin membuat risiko jatuh sakit berkurang sebanyak 29% dibandingkan dengan orang yang mandi dengan air hangat. Mandi menggunakan air dingin juga dapat mengurangi potensi terkena serangan virus dan bakteri yang dapat menginfeksi sistem di dalam tubuh.

Uniknya, air dingin mampu merangsang sel darah leukosit untuk melawan berbagai infeksi di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan kebiasaan mandi dengan air dingin juga berperan dalam mengurangi risiko terserang beberapa jenis kanker. Air dingin juga disarankan bagi pasien yang akan melakukan operasi untuk mandi air dingin terlebih dahulu sebelum operasi dilakukan.

Meskipun manfaat mandi air dingin memiliki berbagai keuntungan, Sobat Pintar tetap harus berwaspada karena tidak semua orang mampu menahan sensasi kejutan dingin yang dirasakan tubuh ketika terkena air dingin. Orang yang memiliki kondisi rentan seperti sedang terserang penyakit tertentu, orang-orang lanjut usia atau lansia, orang dengan kondisi jantung, dan lain sebagainya tentu tidak dapat membiasakan diri dengan mandi menggunakan air dingin karena dapat berakibat fatal seperti pingsan, atau serangan jantung.Demikian beberapa manfaat mandi air dingin yang dapat menjadi referensi bagi Sobat Pintar yang ingin merilekskan diri dari perasaan stress dan gejala depresi. Mandi dengan air dingin juga dapat memberikan efek segar dan memberikan semangat setelah tubuh merasa kelelahan beraktivitas seharian. Tetap jaga kesehatan dan kebersihan diri dengan baik.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Jul 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download