Kredivo, Easy Cash, Kredit Pintar: Siapa yang Lebih Cepat Cair Dananya?

19 Jan 2021 by Andro

Dalam masa pandemi ini, seluruh individu dan bisnis terkena dampaknya secara finansial. Untungnya, perusahaan financial technology (fintech) seperti Kredit Pintar, Kredivo, dan Easy Cash sudah semakin banyak dan mudah untuk diakses oleh semua orang dari berbagai kalangan dan berbagai latar belakang. Namun, dengan banyaknya perusahaan yang ada, maka semakin banyak juga permasalahan yang timbul. Salah satunya adalah kecepatan pencairan dana. Hal ini menjadi penting karena di saat dana dibutuhkan dengan darurat, tentu saja fintech yang lebih cepat yang akan unggul. 

Tulisan ini bertujuan untuk membandingkan pinjaman tunai cepat cair fintech di Indonesia. Perbandingan akan dilakukan terhadap tiga fintech yaitu Kredit Pintar, Kredivo, dan Easy Cash. Ketiga fintech ini telah disetujui dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga ketiga fintech ini terpecaya kredibiltasnya.

1) Kredit Pintar

Kredit Pintar merupakan aplikasi pinjaman online yang berfungsi untuk memudahkan peminjaman uang. Anda dapat memilih jumlah dan jangka waktu pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda melalui aplikasi ini.

Nominal pinjaman pengajuan Kredit Pintar berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 2 juta. Anda dapat memilih periode yang diberikan dari 14 hari hingga 3 bulan, dan suku bunga harian adalah 0,5 persen.

Untuk mendapatkan pinjaman cepat dari kredit pintar, Anda hanya perlu menunggu lima menit saja. Sehingga, Kredit Pintar merupakan salah satu pemberi pinjaman tunai cepat cair berbasis fintech di Indonesia. Anda membutuhkan uang lebih banyak? Anda dapat meminjam uang sebesar Rp 20,000,000 hanya dalam waktu 10 menit saja!

2) Kredivo

Kredivo merupakan apliksai peminjaman online (kredit) instan yang memberkan peminjaman uang yang dapat dibelanjakan secara langsung atau dapat dibayar dalam waktu 30 hari tanpa bunga. Alternatif lain adalah pembayaran dengan cicilan bertahap dalam jangka waktu 3, 6, atau 12 bulan dengan bunga sebesar 2.6% per bulan.

Kredivo memerlukan para calon peminjam untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Estimasi waktu yang diperlukan untuk mendaftar adalah 5 menit. Setelah itu, peminjaman uang dapat dilakukan. Batas maksimal peminjaman adalah 30 juta yang dapat digunakan untuk berbelanja atau pencairan dana dengan dua klik.

3. Easy Cash

Easy Cash merupakan sebuah platform peminjaman uang berbasis peer to peer landing (P2P) dengan tujuan untuk menghubungkan antara pemberi pinjaman uang dengan peminjam. Berbeda dengan dua platform diatas, Easy Cash mengharuskan penggunanya untuk melakukan beberapa tahapan yang bertujuan untuk melindungi data dan kepercayaan para penggunanya.

Pertama-tama, calon peminjam akan diproses untuk kelayakan peminjaman. Proses ini dilakukan secara otomatis melalui platform Easy Cash dan memakan waktu 10 menit. Setelah itu, peminjaman dapat dilakukan dengan menggunakan ponsel dan KTP. Proses ini memakan lima menit. Dana akan dapat dipinjam kapanpun dan dimanapun dan uang akan diterima dalam waktu 24 jam.Terdapat beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih fintech selain kecepatan pencairan dana. Hal yang pertama adalah apakah terdapat dana tersembunyi yang dikenakan kepada peminjam dana. Hal yang kedua adalah seberapa aman proteksi data Anda di dalam platform tersebut. Hal yang terakhir adalah berapa persentase bunga yang dikenakan dan syarat & ketentuan yang berlaku. Sebagai kesimpulan, walaupun pinjaman tunai cepat cair berbasis fintech di Indonesia sudah mulai berkembang, pengguna harus cermat dalam memilih dan menggunakan platform yang tepat.