Ini 5 Cara Merawat Kaktus Dengan Mudah Untuk Pemula

16 Aug 2021 by Laruan

Kaktus merupakan tanaman hias yang populer hingga saat ini, meskipun sudah banyak yang memilikinya, ternyata masih banyak orang-orang yang tidak mengetahui cara merawat kaktus dengan baik dan benar. Kaktus memang memiliki pesonanya yang menarik dan unik, sehingga tidak heran hingga saat ini masih banyak orang-orang yang mengoleksi tanaman hias yang satu ini.

Ini 5 Cara Merawat Kaktus Dengan Mudah Untuk Pemula

Buat Sobat Pintar yang tertarik mencoba mengoleksi tanaman hias yang satu ini, Sobat Pintar jangan khawatir. Kami akan membagikan tips agar kaktus tetap hidup dengan mudah untuk pemula dan jenis-jenis kaktus yang bisa Sobat Pintar pelihara di rumah. Berikut penjelasannya:

Jenis-Jenis Kaktus 

1. Kaktus Echeveria

Jenis Kaktus yang satu ini menyerupai bunga dan terlihat artsy sehingga banyak pecinta kaktus yang membeli kaktus berjenis ini. Kaktus Echeveria ini memiliki varian warna yang banyak, seperti hijau, pink, kuning, ungu, dan merah.

2. Kaktus Centong

Kaktus centong atau Opuntia Cochenillifera memiliki bentuk yang lebar yang menyerupai centong nasi. Maka dari itu, kaktus hias ini diberi nama kaktus centong.

Di luar negeri, kaktus jenis ini sering dibudidayakan karena dapat menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi.

3. Kaktus Echinocactus Grusonii

Kaktus yang berasal dari negara Meksiko dan Texas ini memiliki bentuk yang menyerupai gentong. Biasanya, kaktus echinocactus grusonii ini disebut sebagai golden barrel atau gentong emas di Meksiko. Hal ini dikarenakan duri yang dimiliki kaktus ini memiliki permukaan berwarna kuning kecoklatan yang membuatnya terlihat seperti gentong emas.

4. Kaktus Cereus Tetragonus

Selanjutnya, kaktus hias yang bernama cereus tetragonus ini merupakan kaktus yang berasal dari Amerika. Kaktus ini dapat tumbuh tinggi, meskipun begitu kaktus ini tetap bisa kita pelihara di rumah juga.

Dengan bentuknya yang menyerupai kastil, kaktus hias ini akan memberikan pemandangan yang indah jika kita letakan di pagar rumah ataupun pada bagian jendela sebagai penghias ruangan.

5. Kaktus Haworthia Attenuata

Kaktus hias yang bernama haworthia attenuata ini kerap disebut sebagai tanaman zebra atau tanaman lidah buaya mini. Kaktus jenis ini memiliki duri-duri kecil yang terletak di bagian pinggir batangnya.

Hal yang menarik dari kaktus yang berasal dari Afrika Selatan ini adalah, mereka dapat bertahan hidup dengan sinar cahaya yang sangat sedikit, jadi Sobat Pintar bisa menaruh kaktus hias ini di dalam rumah yang memiliki sedikit sinar cahaya.

Baca juga: Data KTP Aman Terlindungi Dengan 5 Cara Berikut 

6. Kaktus Mammillaria Fraileana

Mammillaria fraileana merupakan salah satu varian kaktus hias yang memiliki penampilan yang sangat meriah. Kaktus ini memiliki batang utama yang berbentuk bulat yang ditutupi duri panjang yang berwarna coklat kemerahan. Hal yang membuat kaktus ini banyak diminati oleh para penggemar kaktus adalah, bunga yang ada pada kaktus ini membuat kaktus ini terlihat cantik dan indah.

7. Kaktus Cephalocereus Senilis

Kaktus jenis Cephalocereus Senilis biasa disebut sebagai kaktus orang tua. Lucu, ya? Alasan kaktus ini disebut sebagai kaktus orang tua karena seluruh bagian kaktus hias ini dipenuhi rambut-rambut panjang yang berwarna putih yang menyerupai rambut kakek-kakek di film-film kolosal.

Bahkan, rambut putih yang dimiliki kaktus cephalocereus senilis ini dapat tumbuh hingga 12 sentimeter. Waah, tinggi banget, ya!

Kaktus memang merupakan sebuah tanaman hias yang terbilang mudah untuk dirawat, Sobat Pintar. Namun, buat Sobat Pintar yang baru saja ingin mengoleksi dan mulai mencoba hobi merawat kaktus hias ini, kali ini kami punya tips agar kaktus tetap hidup untuk pemula.

Berikut penjelasannya:

Cara Merawat Kaktus Hias

1. Hindari Cahaya Matahari Secara Langsung

Pada dasarnya, kaktus terkenal dengan habitat mereka yang berada di tempat panas, namun bukan berarti Sobat Pintar bisa menaruh kaktus di tempat yang sangat panas juga, ya. Meletakkan kaktus di tempat panas dapat membuat daun kaktus hias Sobat Pintar menjadi kekuningan, hal ini membuat penampilan kaktus kamu menjadi tidak indah.

Maka dari itu, Sobat Pintar dapat meletakkan kaktus hias di area jendela atau meletakkan kaktus hias pada daerah depan rumah untuk beberapa waktu untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup.

2. Hindari Menyiram Kaktus Dengan Air Terlalu Sering

Kaktus dapat menyimpan persediaan air pada batangnya, namun bukan berarti Sobat Pintar dapat menyiram air secara terus menerus.

Memberikan air yang terlalu banyak pada kaktus hias akan membuatnya cepat layu. Hal ini dikarenakan kaktus memiliki sistem sederhana dengan jumlah yang sedikit dan pendek sehingga membuatnya tidak dapat menyerap air yang berlebih.

Maka dari itu, Sobat Pintar cobalah untuk menyiram kaktus hiasnya dengan menyiramkan air dalam dua hingga tiga minggu sekali dengan air hangat. Pastikan juga Sobat Pintar menyiram tanaman kaktusnya di pagi hari ya, karena pada saat pagi hari, akar kaktus dalam kondisi bisa menyerap air dengan banyak. 

3. Letakkan Kaktus di Ruangan Teduh

Kaktus tidak dapat berkembang dengan baik jika berada di ruangan yang tertutup dan lembab. Maka dari itu, pastikan Sobat Pintar meletakkan kaktus hiasnya di tempat yang sejuk, tidak lembab, dan teduh supaya kaktus dapat berkembang secara baik.

4. Menggunakan Media Tanam yang Tepat

Sobat Pintar bisa coba untuk menggunakan beberapa kerikil sebagai dasar dalam pot sebagai sistem drainase. Kemudian, masukkan media tanam dengan komposisi pasir kasar, tanah, dan serbuk arang.

Serbuk arang dikenal sebagai salah satu media tanam yang baik dalam merawat kaktus karena memiliki struktur yang berongga dan terbuka yang dapat mempertahankan kesehatan kaktus.

Supaya semakin subur dan sehat, Sobat Pintar bisa tambahkan tepung tulang atau serbuk kapur pada pot. Tepung tulang memiliki zat fosfor yang dapat memperkuat fisik kaktus, dan serbuk kapur dipercaya dapat mengurangi kadar asam dalam media tanam.

5. Berikan Pupuk Secara Berkala

Kaktus memang bukanlah jenis tanaman hias yang membutuhkan pupuk. Namun, setidaknya dalam waktu setahun sekali, Sobat Pintar harus memberikan pupuk kepada tanaman kaktusnya untuk menjaga kesehatan dan kesuburan kaktusnya.

Untuk memberikan pupuk pada tanaman kaktus, Sobat Pintar harus memilih pupuk yang sesuai seperti pupuk kompos yang baik untuk kaktus. Dengan memberikan pupuk kompos ini, kaktus Sobat Pintar akan terlihat lebih sehat dan segar.

Setelah membaca jenis dan tips agar kaktus tetap hidup ini, apakah Sobat Pintar tertarik untuk memulai hobi baru? Cara merawat kaktus ini memang terlihat mudah dan gampang, namun dengan disiplin mengikuti kelima cara merawat kaktus yang sudah kami jelaskan diatas, kami jamin tanaman kaktus Sobat Pintar akan tumbuh dengan sehat dan segar. 

Baca juga: 3 Alasan Kredit Pintar Jadi Fintech P2P Lending Aman

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload