Xpander: Mesin, Interior, Eksterior, Fitur, dan Harga

31 Jan 2024 by kreditpintar, Last edit: 31 Jan 2024

Mobil MPV (multi purpose vehicle) menjadi salah satu kendaraan yang paling diminati karena dapat menampung banyak penumpang. Salah satu merek yang paling diminati adalah Mitsubishi yang memiliki harga Xpander yang cukup murah.

Selain memiliki kapasitas penumpang yang besar, mobil ini memiliki desain bodi yang terlihat begitu gagah saat melaju di atas aspal. Itulah sebabnya banyak orang yang kagum dan mendambakan mobil ini.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai mesin, performa, hingga harga mobil Xpander yang harus Sobat Pintar ketahui.

Mesin Xpander

Seluruh tipe mobil Xpander tidak memiliki perbedaan di bagian mesin. Semua tipe menggunakan mesin model 4A91 dengan kapasitas 1,5L (1.499 cc) dengan noken DOHC, dan teknologi pengaturan mesin berteknologi MIVEC dari Mitsubishi.

Setiap jenis mobil Xpander menggunakan transmisi manual dan otomatis, berikut tabel lengkapnya:

VarianXpander Ultimate ATXpander Sport ATXpander Sport MTXpander Exceed ATXpander Exceed MTXpander GLS ATXpander GLS MTXpander GLX MT
Transmisi4 Speed A/T5 Speed M/T4 Speed A/T5 Speed M/T4 Speed A/T5 Speed M/T

Eksterior Xpander

Photo: Liputan6.com

Secara ukuran dimensi, mobil Xpander 2022 tidak ada perbedaan dengan model terlamanya, yakni berukuran panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.685 mm. Namun setiap masing-masing penampilan luar, mobil ini memiliki perbedaan signifikan yang bisa diketahui dengan mudah.

Untuk versi terendah, GLX memiliki ground clearance yang cenderung rendah 5 mm dibanding model lainnya.

Untuk versi GLS ke atas sudah tersedia fog lamp atau lampu khusus anti kabut dan velg alloy racing. Sedangkan model GLX masih menggunakan velg steel.

Perbedaan juga terlihat di sisi grill dan aksen bemper. Secara umum tipe GLX belum menggunakan grill krom dan aksen silver yang membuatnya tampak mewah.

Perbedaan model eksterior selanjutnya juga terlihat dari tampilannya yang lebih gagah dengan adanya rail roof dan ventilasi di bagian depan yang membuat karakternya semakin kuat. 

Interior Xpander

Photo: Mitsubishi Bogor

Untuk bagian dalam atau interior, mobil Xpander hadir dengan baris 2 dan 3 baris kursi dengan sistem pengaturan bangku yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan penumpang.

Kemewahan mobil ini terlihat di bagian dashboard yang menggunakan panel berwarna coklat dan hitam. Di dashboard ini juga terdapat monitor touchscreen dengan fitur-fitur yang canggih serta media entertainment.

Mobil Xpander ini dilengkapi dengan sistem audio 2DIN yang menghasilkan suara yang menggelegar namun lembut. Menariknya, mobil ini telah dilengkapi dengan welcome light dan coming home light yang selalu siap menyambut pemilik kendaraan.

Untuk sistem pendingin yang digunakan adalah AC double blower. Sedangkan untuk sistem kuncinya sudah keyless untuk tipe Sport ke atas. Sedangkan untuk tipe Xpander Ultimate dilengkapi dengan kamera rear view yang sangat membantu pengemudi.

Fitur Keamanan Xpander

Berdasarkan laman resmi Mitsubishi Motor, sistem keamanan mobil Xpander telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar otomotif Indonesia. Adapun sistem keamanan yang dimilikinya:

1. Body Mobil

Rangka mobil Xpander dilengkapi dengan penyangga yang berfungsi untuk mengurangi distorsi atau getaran saat berkendara. Efek dari penyangga ini akan membuat mobil menjadi lebih stabil dan rigid.

Adapun teknologi yang dipakai telah dirancang secara khusus dan sesuai dengan standar kendaraan resmi dari Mitsubishi. Teknologi tersebut disebut Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body).

2. Seatbelt

Seatbelt menjadi salah satu sistem keamanan paling utama yang wajib dimiliki oleh setiap mobil. Pada mobil ini terdapat seatbelt yang terpasang di 3 titik berbeda.

Untuk melengkapi sistem keamanan, Mitsubishi menyematkan fitur pengingat jika pengemudi dan penumpang di bagian depan tidak menggunakannya dengan baik.

Adapun teknologi yang digunakan di seatbelt ini adalah sistem pretension dan force limiter yang berfungsi untuk menahan tubuh pengemudi dan penumpang supaya saat terjadi benturan yang keras.

3. Airbag

Mitsubishi Xpander dilengkapi dengan dua airbag yang terletak di bagian pengemudi dan penumpang depan. Fungsi airbag ini adalah untuk meminimalisir risiko cedera yang terjadi saat kecelakaan.

Namun sistem kerja airbag bisa berfungsi jika pengemudi dan penumpang memakai seatbelt saja. Sebab fitur pretension dan force limiter yang ada di seatbelt akan berfungsi secara efektif untuk menahan badan pengemudi dan juga penumpang.

4. Rem ABS

Fitur ini berfungsi untuk menghindari rem tidak mengunci saat terjadi pengereman keras atau saat melintasi jalanan yang licin. Menariknya, rem ABS ini dilengkapi dengan fitur electronic brake distribution (ABD) dan brake assist (BA).

Jadi fitur ini bisa langsung berfungsi saat mobil pertama kali dihidupkan. Saat terjadi pengereman mendadak, pengemudi masih bisa mengontrol kemudi untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

5. Pedestrian Protection

Fitus keamanan ini berfungsi untuk meminimalisir kecelakaan kepada pejalan kaki dengan bantuan teknologi built impact-absorbing yang ada di bagian kap mesin dan bumper.

Mitsubishi memang sengaja mendesain bagian depan mobil yang membulat dan tidak tajam yang ramah bagi pejalan kaki.

6. Emergency Stop Signal (ESS) System

ESS System berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengendara lain yang berada di belakang mobil melalui lampu hazard yang menyala berkedip-kedip saat pengemudi mendadak melakukan pengereman.

FItur ini sangat berguna sekali untuk memberitahu pengendara lain untuk lebih waspada.

7. Hill Start Assist (HSA)

Hill Start Assist (HSA) hanya tersedia di tipe Ultimate dan Sport saja, namun fitur ini memiliki fungsi untuk mengaktifkan rem secara otomatis dalam beberapa detik saat kendaraan melaju di jalanan menanjak.

Fitur ini secara otomatis akan aktif ketika mobil berada di tanjakan dan berhenti untuk mengantisipasi kendaraan melaju mundur.

8. Active Stability Control (ASC)

Sistem keamanan mobil Xpander yang terakhir ada Active Stability Control (ASC) yang hanya tersedia di tipe Ultimate dan Sport.

Fitur ini berfungsi untuk mengontrol laju mobil saat berjalan di jalanan licin sehingga kendaraan tidak mudah tergelincir. Fitur ini secara otomatis aktif saat mobil dihidupkan dan bekerja berdasarkan ECU mobil.

Saat ECU mendeteksi akan terjadi oversteer, ECU akan mengirim sensor untuk mengatur sistem pengereman di masing-masing roda. Dengan begitu mobil akan menjadi lebih terkontrol dan bisa melajur di jalurnya.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Xpander

Photo: Mitshubishi

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Mobil Xpander yang harus Sobat Pintar ketahui sebelum membeli mobil ini:

KelebihanKekurangan
Desain revolusioner yang mewah dan gentleKualitas material interior terlalu biasa
Ruang penyimpanan yang sangat banyakJenis rem belakang yang digunakan masih tromol
Sistem pengaturan kursi yang fleksibelBesaran torsi dan tenaga biasa saja
Mesin telah menggunakan teknologi MIVEC

Harga Xpander 2023

Setelah melihat spesifikasi dan fitur-fitur dan tertarik membeli mobil Xpander. Berikut adalah harga mobil Xpander yang diambil dari halaman resmi Mitsubishi:

GLS MTRp258.200.000
GLS CVTRp267.400.000
Exceed MTRp271.500.000
Exceed CVTRp280.700.000
Sport MTRp294.850.000
Sport CVTRp309.500.000
Ultimate CVTRp312.900.000

Harga yang tercantum diatas merupakan harga OTR DKI Jakarta periode Mei 2023. Harganya akan menyesuaikan di wilayah lain. 

Untuk varian warna, tipe GLS MT sampai Exceed MT tersedia dalam tiga warna, Blade Silver, Graphite Grey Metallic, dan Jet Black Mica. Sedangkan untuk tipe tertinggi, terdapat lima varian warna yang terdiri dari Blade Silver, Graphite Grey Metallic, Jet Black Mica, Red Metallic, dan Quartz White Pearl.Jika Sobat Pintar sudah menetapkan pilihan tapi masih mencari harga yang sesuai dengan budget, kalian bisa cek langsung website Mitsubishi untuk promo yang sedang berlangsung saat ini untuk mendapatkan harga spesial.

31 Jan 2024
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download