Gak Perlu Panik WhatsApp Lemot, Ini 4 Cara Atasinya

21 Jul 2021 by Laruan

Aplikasi WhatsApp menjadi aplikasi paling ‘laris’ bagi pengguna di Indonesia. Rasanya, hampir semua pengguna smartphone pasti menggunakan Whatsapp. Cara menggunakannya yang mudah dan fitur yang lengkap, menjadi alasan utama aplikasi ini menarik banyak pengguna. WhatsApp menjadi sangat penting dalam membantu pekerjaan, akan sangat merepotkan jika WhatsApp lemot.  

Atasi WhatsApp Lemot

Jika pekerjaan Sobat Pintar sangat bergantung pada penggunaan WhatsApp, maka Whatsapp lemot bisa menimbulkan kerugian. Jangankan pekerjaan, jika WhatsApp yang Sobat Pintar gunakan untuk berkomunikasi tiba-tiba Whatsappp melambat, pasti menyebalkan. Apa pemicu Whatsapp lemot? apakah karena aplikasi ini memang tidak bagus atau karena hal lain?. Berikut penjelasannya.

Penyebab utama adalah memori internal

Seperti kita tahu, smartphone memang dilengkapi dengan memori internal. Terlalu banyak menyimpan data bisa menjadi penyebab Whatsappp melambat. Saat WhatsApp menjadi alat yang kita gunakan untuk bekerja, transfer data melalui media (foto, file dokumen, video, dan lainnya) jumlahnya akan banyak. Memori belum tentu bisa menampung banyak file yang ada dalam aplikasi. 

Pemicu lain adalah versi yang digunakan

Whatsappp melambat juga bisa dikarenakan versi yang digunakan tidak up to date. Sama seperti aplikasi lain, WhatsApp juga perlu upgrade versi ke versi yang terbaru. Biasanya pada aplikasi diberitahukan jika memang WhatsApp harus diubah ke versi paling baru. Nah, jika ada pemberitahuan seperti itu, sebaiknya lakukan upgrade.

Setelah mengetahui Pemicu Whatsappp melambat, Sobat Pintar pasti ingin tahu bagaimana cara mengatasi agar WhatsApp bisa kembali lancar digunakan. Ada beberapa cara mengatasi yang bisa digunakan, baik bagi pengguna android maupun iPhone. 

  1. Pindahkan file

Cara mengatasi yang pertama adalah pindahkan file ke laptop atau google drive. File yang ada di WhatsApp pastilah merupakan file penting, yang tidak mungkin Sobat Pintar hapus tanpa ada file cadangannya. File yang memenuhi WhatsApp bisa Sobat Pintar pindahkan, setelah dipindah, Sobat Pintar bisa menghapus file tersebut.

  1. Hapus chat

Percakapan Sobat Pintar dan rekan yang panjang juga bisa menjadi Pemicu Whatsappp melambat. Sobat Pintar bisa menghapus chat untuk mengurangi kapasitas memori. Sortir chat mana yang menurut Sobat Pintar bisa dihapus.

  1. Jangan gunakan gambar latar belakang chat

Ternyata latar belakang chat bisa juga menjadi Pemicu. Gunakan latar belakang default dari WhatsApp atau gunakan gambar-gambar solid color. Cara ini bisa digunakan agar tidak banyak menghabiskan kapasitas memori. 

  1. Menghentikan auto download WhatsApp

Secara default, WhatsApp akan otomatis mendownload otomatis foto atau video jika ada yang mengirim pesan. Apalagi, jika Sobat Pintar memiliki banyak group di dalam WhatsApp, maka memori Sobat Pintar bisa cepat penuh karena file terdownload otomatis. Tapi saat ini pengguna bisa mengatur agar semua itu tidak otomatis langsung download. Bagaimana caranya?

  1. Pada Android
  • Buka WhatsApp, klik fitur tiga titik di atas
  • Pilih Settings
  • Pilih Data and Storage Usage
  • Pilih opsi Saat Menggunakan Data Seluler, diikuti tekan centang Foto, Video, Audio dan Dokumen agar tanda ceklis hilang
  1. Pada iPhone:
  • Buka WhatsApp, tekan Setting/Pengaturan di bagian pojok kanan bawah
  • Pilih Data and Storage Usage
  • Klik Photo pilih opsi Never
  • Agar maksimal, lakukan hal yang sama pada Video, Audio dan Dokumen

Sekarang, Sobat Pintar sudah tahu penyebab dari WhatsApp lemot. Beberapa cara di atas bisa Sobat Pintar lakukan jika WhatsApp tiba-tiba lemot dan penggunaan WhatsApp Sobat Pintar tidak akan terganggu lagi.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload