Franchise Janji Jiwa: Bisnis Minuman Kopi Kekinian

28 Nov 2023 by kreditpintar, Last edit: 07 Dec 2023

Kopi adalah minuman lokal paling populer yang sangat disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Jika zaman dulu kopi sering diidentikkan dengan orang-orang tua, maka sekarang kopi menjadi primadona bagi kaum muda.

Hampir semua bahkan mungkin semua café di Indonesia sudah menyertakan minuman ini dan bermacam variannya dalam daftar menu mereka. 

Baca juga: 4 Franchise Minuman Terlaris di Indonesia

Bahkan gerai-gerai khusus kopi pun sudah mulai banyak menjamur di Indonesia.

Nah, salah satu brand kopi lokal ternama yang sangat populer terutama bagi anak muda oleh karena varian menu-nya yang beragam serta rasanya yang enak adalah brand Janji Jiwa.

Selain enak, kopi Janji Jiwa juga lebih ringan dibanding kopi lain sehingga bisa dinikmati bagi pelanggan yang lambung-nya lemah.

Jadi wajar rasanya jika banyak muda mudi yang memesan minuman ini berulang kali dalam satu hari, contohnya sebagai teman sarapan saat akan bekerja atau ketika sambil nongkrong di malam hari. 

Sebagai informasi, kini sudah ada lebih dari 900 outlet Janji Jiwa yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Dan sangat mungkin angka tersebut akan menjadi lebih banyak di masa depan mengingat jumlah penggemar kopi semakin lama semakin meningkat juga.

Hal ini tentu saja menjadi peluang emas yang harus segera Anda manfaatkan. Caranya adalah dengan bergabung menjadi mitra franchise Janji Jiwa. 

Penasaran bagaimana cara mendaftar ke bisnis franchise ini? Apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi?

Atau berapa besar modal atau biaya yang harus dikeluarkan jika berminat menjadi mitra Janji Jiwa? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Sekilas Tentang Franchise Janji Jiwa

Berdiri sejak tahun 2018, brand kopi yang didirikan oleh Billy Kurniawan ini, berhasil membuka sebanyak 300 gerai untuk gelombang pertama pada tahun 2019.

Saat ini per 2023, jumlah gerainya semakin bertambah banyak hingga 900 gerai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Hal itu tak lepas dari upaya Billy untuk terus berupaya melakukan inovasi. Hingga kini, sudah ada lebih dari 50 varian menu minuman baik itu yang termasuk coffee maupun non coffee.

Selain itu, dalam perkembangannya janji Jiwa juga menghadirkan menu toast atau roti bakar gaya baru dengan varian rasa yang beragam yang dinamakan sebagai Jiwa Toast. 

Ada juga Jiwa Tea dengan berbagai varian menu dan rasa teh yang bahan baku-nya berasal dari teh-teh terbaik dan pilihan asli Indonesia.

Tentu produk minuman teh yang segar dan unik dari Janji Jiwa ini sangat cocok bagi Anda yang kurang menyukai jenis kopi-kopian. 

Tak hanya menu minuman dan makanan, Janji Jiwa juga menjual berbagai merchandise menarik seperti mug, tumbler, totebag, kaos, sedotan stainless dan lain-lain bagi para konsumen setianya. 

Aksesoris-aksesoris tersebut bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, termasuk diantaranya ketika membeli minuman di outlet-outlet Janji Jiwa. 

Syarat-syarat Franchise Janji Jiwa

Ada banyak strategi yang sudah dilakukan oleh Jiwa Group sebagai perusahaan induk Janji Jiwa untuk menarik minat konsumen serta memenangkan pangsa pasar kopi lokal di Indonesia. 

Contohnya saja dengan melakukan berbagai kampanye digital lewat Instagram, melibatkan influencer dan KOL hingga berkolaborasi dengan banyak brand besar.

Selain itu, faktor lain penyebab semakin populernya Janji Jiwa adalah karena sistem kemitraan dalam bisnis franchise yang ditawarkan oleh pihak manajemen. 

Dari seluruh gerai yang ada saat ini saja, 75 persen diantaranya dikembangkan oleh mitra mereka sedangkan sisanya dibuka oleh pihak manajemen itu sendiri. 

Nah, untuk menjadi mitra Janji Jiwa itu telah maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

1. Lokasinya Strategis

Syarat pertama adalah bangunan yang akan Anda jadikan sebagai gerai itu haruslah terletak di lokasi yang strategis.

Contohnya saja di daerah yang selalu ramai seperti di dekat bandara, stasiun, mall, maupun di pinggir jalan raya. 

Selain itu, gerai juga harus berada pada daerah yang mudah dijangkau oleh kendaraan seperti motor dan mobil serta juga oleh transportasi umum seperti ojek online. 

2. Konsep Desain Interior dari Pihak Manajemen

Syarat lain adalah konsep desain interiornya harus sesuai dengan yang ditetapkan oleh pihak manajemen Janji Jiwa. 

Anda tak perlu repot-repot menentukan konsep desainnya. Cukup siapkan banguanan dengan luas minimal 3 x 2,5 meter untuk memulai bisnis franchise Janji Jiwa.

3. Daya Listrik yang Cukup

Jika Anda berminat untuk bergabung menjadi mitra franchise Janji Jiwa, maka siapkan dulu kapasitas listrik sebesar 3200 watt dengan daya sebesar 18 Ampere. 

Besar watt listrik yang diperlukan nantinya berhubungan dengan pengoperasian mesin-mesin seperti mesin pembuat kopi, pendingin atau freezer, serta berbagai macam peralatan elektronik lainnya.

4. Peralatan Dapur dan Gadget Sesuai Kualifikasi

Syarat penting lain yang harus dipenuhi adalah dengan menyediakan peralatan dapur dan gadget yang sesuai dengan kualifikasi yang telah ditentukan.

Baca juga: Ini Dia Franchise, Kekurangan, Kelebihan dan Cara Kerja

Misalnya saja kulkas atau pendingin, kitchen set, freezer, hingga alat-alat kebersihan. 

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan gadget untuk keperluan transaksi dengan para pelanggan nantinya.

5. Sistem Sanitasi yang Baik

Syarat franchise yang juga harus Anda miliki adalah memiliki sistem sanitasi atau saluran air bersih serta pembuangan atau air kotor yang baik.

Hal ini sangat penting karena nantinya akan terkait dengan tingkat kebersihan outlet Anda agar tidak mengganggu kinerja barista serta kenyamanan para pelanggan Anda nantinya.

6. Membayar Biaya Deposito 

Jika ingin menjadi mitra Janji Jiwa maka Anda harus memberikan deposito sebesar lima juta rupiah diluar biaya deposito.

Nantinya uang tersebut akan dikembalikan jika masa kontrak Anda sudah habis dengan Janji Jiwa. 

Demikianlah beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi jika ingin membuka bisnis franchise Janji Jiwa. 

Informasi lebih lanjut bisa Anda dapatkan langsung melalui website resmi Janji Jiwa di https://jiwagroup.com/id/partnership/licensing.

Langkah-langkah Untuk Menjadi Mitra Bisnis Franchise Janji Jiwa

Ada beberapa langkah atau tahapan yang harus Anda tempuh jika ingin menjadi mitra bisnis franchise Janji Jiwa.

Baca juga: 5 Peluang Usaha Menjanjikan, Apa Saja?

Apa sajakah itu? Berikut diantaranya.

  • Mencari lokasi atau tempat yang strategis untuk gerai Janji Jiwa Anda nantinya
  • Menandatangani kontrak kerja sama dengan pihak Janji Jiwa 
  • Menerima invoice dari Janji Jiwa
  • Melakukan pembayaran franchise Janji Jiwa
  • Persiapannya selama dua minggu
  • Bahan baku dikirim selama satu minggu
  • Pelatihan untuk para karyawan 
  • Pembukaan gerai franchise Anda 

Berapa Total Harga dan Biaya Untuk Bergabung ke Franchise Janji Jiwa?

Lalu, berapa total harga dan biaya yang harus disiapkan untuk bergabung menjadi mitra franchise Janji Jiwa?

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, ada dua paket franchise yang bisa Anda ambil jika ingin bergabung menjadi mitra Janji Jiwa. 

Pertama, Paket Lengkap dengan Kisaran Harga 150 Juta Hingga 200 Juta Rupiah

Untuk total harga dengan kisaran harga 150 – 200 juta rupiah, Anda akan memperoleh paket lengkap.

Rincian fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah seperti berikut.

  • Biaya untuk lisensi resmi dari Janji Jiwa sebagai suatu bentuk izin untuk penggunaan brand
  • Biaya sewa tempat
  • Seragam karyawan dan barista
  • SOP dan pelatihan
  • Peralatan lengkap untuk membuat menu Janji Jiwa
  • Perlengkapan promosi

Selain itu, termasuk juga biaya opening sebesar 30 juta rupiah yang ditujukan untuk renovasi booth agar sesuai dengan standar Janji Jiwa serta biaya lain-lain senilai 85 juta rupiah.

Kedua, Paket Standar dengan Kisaran Harga 70 Juta Rupiah 

Paket kedua adalah paket standar. Paket ini cocok untuk Anda yang memiliki dana di bawah 100 juta rupiah.

Namun tentu saja ada biaya yang harus Anda siapkan sendiri karena tentunya fasilitas yang akan Anda dapatkan tidak selengkap paket pertama. 

Rincian fasilitas yang akan diperoleh hampir sama semua dengan paket lengkap, misalnya saja lisensi resmi, standar booth, seragam karyawan dan barista, pelatihan dan SOP, perlengkapan pembuatan minuman, hingga semua perlengkapan untuk promosi seperti banner, flyer, dan menu.

Fasilitas yang tidak termasuk adalah untuk opening dan sewa tempat atau gerai. Jadi untuk kedua biaya ini, Anda harus mencari sendiri. 

Anyway, memang kedua modal yang harus dikeluarkan baik dari paket standar maupun paket lengkap itu cukup besar namun akan sepadan dengan apa yang akan Anda dapatkan dari hasil penjualannya.

Mengingat semakin populernya brand kopi ini di Indonesia dengan jumlah penjualan rata-rata sekitar enam ribu hingga tujuh ribu cup per bulan, maka estimasi rata-rata omzet yang bisa diperoleh pun cukup besar. 

Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 140 juta rupiah dalam satu bulan apalagi jika mampu menjual minuman hingga 300 cup per harinya.

Demikianlah beberapa penjelasan terkait franchise Janji Jiwa. Tertarik menjadi mitra bisnis franchise yang satu ini? Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 Dec 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download