Pemanfaatan Fintech untuk Pengembangan Bisnis di Revolusi Industri 4.0

09 Apr 2019 by Edwin

Revolusi industri 4.0, topik yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Revolusi industri 4.0 bagi sebagian orang merupakan hal yang menyeramkan, lantaran banyak pekerjaan manusia akan tergantikan oleh mesin dan teknologi. Hasilnya? PHK massal di depan mata.

Namun kita nggak akan bicara soal ketenagakerjaan di sini. Meski mengancam nasib banyak pekerja, revolusi industri 4.0 justru menawarkan sektor bisnis dan industri kemudahan dan efisiensi dalam menjalankan aktivitas bisnis mereka.

Bagaimana tidak, mesin-mesin siap menggantikan kinerja para pekerja di bidang industrial. Tentunya, dalam pekerjaan yang sifatnya repetitif, mesin lebih bisa diandalkan soal kecepatan, akurasi, dan konsistensinya.

Untuk memahami lebih jauh, mari lihat konsep dasar yang ditawarkan revolusi industri 4.0!

Apa itu revolusi industri 4.0?

Sudah terlihat polanya dari revolusi-revolusi industri sebelumnya, kalau pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan industri jadi sebab dalam gerakan revolusi tersebut. Kemajuan teknologi yang diimplementasikan dalam berbagai macam aktivitas bisnis dan industri tujuannya untuk meringankan usaha yang dilakukan oleh manusia.

Konsep revolusi industri 4.0 sendiri muncul akibat pesatnya perkembangan teknologi internet, automasi mesin dan kecerdasan buatan.

Di era ini, salah satu bidang yang paling pesat adaptasinya dalam pemanfaatan teknologi adalah bidang keuangan. Produk akhir dari perkembangan ini lebih sering dikenal masyarakat dengan istilah Fintech.

Pemanfaatan teknologi di bidang keuangan memang dapat dirasakan manfaatnya bagi kehidupan masyarakat.

Lantas bagaimana sih peran fintech dalam perkembangan dunia bisnis di era revolusi industri 4.0?

Pemanfaatan fintech untuk moda pembayaran

Jenis fintech yang paling terlihat signifikan penggunaannya dalam perkembangan bisnis adalah jenis fintech payment.

Layanan fintech untuk pembayaran sudah luas dikenal dan dipergunakan oleh masyarakat maupun para pelaku usaha.

Hari ini, semakin banyak masyarakat yang bertransaksi menggunakan aplikasi-aplikasi dari fintech payment. Mulai untuk belanja online, membayar transportasi online, hingga membeli makan di pedagang kaki lima pun sudah bisa menggunakan layanan fintech payment.

Nggak heran memang, kehadiran aplikasi fintech payment memang memudahkan masyarakat untuk bertransaksi tanpa menggunakan uang fisik.

Selain itu, aplikasi fintech payment juga sering memberikan berbagai promo menarik yang semakin menarik minat masyarakat untuk bertransaksi menggunakan layanannya.

Ditambah dengan maraknya gerakan cashless society di mana penggunaan uang cash semakin tergantikan dengan transaksi menggunakan ponsel pintar. Fintech payment pun semakin banyak digunakan oleh masyarakat.

Fintech untuk sumber permodalan

Selain sebagai metode pembayaran, fintech juga bisa berfungsi sebagai sumber permodalan dan pendanaan bisnis.

Jenis fintech yang menawarkan layanan seperti ini biasa disebut dengan fintech P2P Lending dan crowdfunding.

Para pelaku bisnis bisa mengembangan bisnis mereka dengan sumber dana yang berasal dari fintech. Dan ya, semua proses transaksi dilakukan secara online.

Sumber dana online yang disediakan oleh fintech menawarkan banyak kemudahan dan efisiensi waktu ketimbang sumber dana konvensional yang sudah kita kenal.

Dengan layanan permodalan fintech, para pelaku bisnis bisa mendapat suntikan dana massal dari orang-orang yang yang tertarik menanam uang ke bisnis yang dipromosikan.

Manfaat ini pun bisa dirasakan oleh pengusaha UMKM yang tampaknya sedikit tertinggal di era revolusi industri 4.0.

Sumber dana yang disediakan fintech mampu membuat UMKM berkembang dan bersaing dalam era teknologi industri ini.

Pertanyaan yang tertinggal: apakah semua bisnis sudah siap mengadopsi layanan fintech demi kemajuan dan perkembangan mereka untuk menghadapi revolusi industri 4.0?


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?