Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Dell XPS 13

23 Sep 2021 by Laruan

Seri XPS dari Dell memang dikenal sebagai laptop premium yang memiliki fitur dan inovasi modern yang diperkuat dengan spesifikasi yang sangat canggih. Seperti Dell XPS 13, seri terbaru dari Dell, merupakan laptop yang paling populer dan paling banyak dicari pada pasar Indonesia.

Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Dell XPS 13

Dell merupakan salah satu merek ternama di Dunia yang mengembangkan laptop atau notebook untuk kelas menengah keatas. Sesuai dengan kelas yang mereka tuju, laptop Dell memiliki harga yang bisa dikatakan cukup tinggi. Salah satunya seperti Dell XPS 13 yang akan kita ulas saat ini.

Dell XPS 13 memiliki ukuran yang sangat tipis dan ringan, namun kinerja dan performa yang diberikan pada laptop yang satu ini terbilang sangat baik. Sebelum menentukan laptop terbaik untuk sekolah dan mobilitas kerja, ada baiknya jika kalian menyimak dahulu ulasan laptop Dell XPS 13.

Performa Laptop Dell XPS 13

Memiliki ukuran mungil, Dell XPS 13 memiliki prosesor Intel® Core™ i7-8250U dengan 4 cores, 8MB Cache, hingga 4.0 GHz dari generasi ke 8th pada seri i7 atau generasi Intel Core terbaru.

Laptop ini memiliki kapasitas RAM yang sangat besar, yakni LPDDR3 8GB 2133MHz yang membuat kinerja laptop ini terbilang cepat dalam pemrosesan. Tidak hanya itu, untuk menunjang mobilitas kerja penggunanya, laptop ini sudah menggunakan Solid State Drive (SSD) M.2 PCle NVMe dengan kapasitasnya sebesar 256GB.

Selain kapasitasnya yang sangat besar, kapasitas baterai yang dimilikinya pun sangat besar, bahkan pengguna bisa menggunakannya hingga 21 jam. Pastinya laptop Dell XPS 13 ini sangat cocok untuk pebisnis muda dan eksekutif muda yang sering bepergian untuk bekerja.

Desain dan Tampilan yang Mewah

Bicara soal penampilan, Dell XPS 13 memiliki tampilan yang sangat mewah dan elegan. Jadi kalian bisa tampil pede membawa laptop ini kemana saja. Dengan ukuran 13,3 inch berlapis frame yang sangat tipis membuat laptop ini semakin elegan.

Ditambah dengan resolusi layar yang disematkan sudah 4K Ultra HD (3840×2160) membuat tampilan layar laptop kecil ini menjadi lebih megah dan keren. Hebatnya lagi, laptop ini sudah memiliki layar sentuh Infinity Edge Touch Display. Jadi pengguna bisa mengakses laptop tersebut hanya dengan sentuhan saja.

Laptop ini memiliki dua varian warna, Platinum Silver dan Black Carbon Filter yang terbuat dari fiber berkualitas, jadi laptop ini semakin indah untuk dipandang. Penempatan keyboard terbilang presisi, touchpad memiliki ruang yang sangat lebih, sehingga pengguna selalu merasa nyaman saat mengetik dengan laptop ini.

Berita terbaiknya untuk para travellers atau pebisnis muda yang sering bepergian, laptop ini hanya memiliki berat 1,23 kg saja. Bahkan, berat ini terbilang lebih ringan dari laptop teranyar MacBook Air 13 inch yang memiliki berat 1,35 kg. Ketebalan yang dimilikinya cuma 0,11 – 0,68 inch. Jadi jika disejajarkan dengan MacBook, laptop ini tidak akan membuat kalian malu.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai spesifikasi Dell XPS 13, kalian bisa melihatnya secara langsung pada tabel dibawah ini:

Spesifikasi Dell XPS 13

ProcessorIntel® Core™ i7-8250U Processor ( 4 cores, 8MB Cache, up to 4.0 GHz) 8th Generation Processor
MemoryLPDDR3 8GB 2133MHz
Operating SystemWindows 10 Home 64-bit English
Display13.3″ 4K Ultra HD (3840×2160) InfinityEdge Touch Display
GraphicIntel® UHD 620 Graphics shared graphics memory
StorageSolid State Drive 256GB M.2 PCIe NVMe
Optical Drive
KeyboardBacklit chiclet keyboard; Full size, 1.3mm travel
Card ReaderMicroSD card reader
WebcamWidescreen 2.25mm webcam HD (720p) with 4 array digital microphones ; Far Field Cortana capable
NetworkingBluetooth 4.1Killer 1435 802.11ac 2×2
Interface2 x Thunderbolt™ 3 with power delivery and DisplayPort (4 lanes of PCI Express Gen 3)1 x USB-C 3.1 with power delivery and DisplayPort1 x MicroSD card reader1 x Headset jack
AudioWaves MaxxAudio® Pro with Stereo speakers professionally tuned; 1W x 2 = 2W total
BatteryBaterai tahan lama, hingga 21 jam dengan FHD Display
Power Adapter
DimensionsKetebalan : 0.3″- 0.46″ (7.8mm – 11.6mm)Panjang : 11.9″ (302mm)Lebar : 7.8″ (199mm)
WeightMulai dari 2.7 lbs (1.23 kg)

Kelebihan Dell XPS 13

Kelebihan laptop ini yang paling utama adalah performa-nya yang sangat baik. Dengan gabungan prosesor tertinggi di kelas Intel Core i-Series, RAM 8GB, dan media penyimpanan SSD sebesar 256GB, masalah kecepatan pemrosesan menggunakan laptop ini tidak perlu dipertanyakan lagi.

Baik untuk penggunaan multitasking, desain grafis, gaming, dan keperluan lainnya, bisa diakses dengan cepat oleh laptop ini.

Melirik pada kartu grafisnya, Intel® UHD 620 Graphics shared graphics memory, pengguna bisa memainkan game Dota 2 dengan pengaturan tertinggi. Kartu grafis ini merupakan salah satu chip terbaik yang pernah ada di Intel. 

  • Laptop yang sangat ringan
  • Memiliki material utama kokoh
  • Performa Intel Core i7 yang sangat memuaskan
  • Memiliki kapasitas SSD sangat besar
  • Daya tahan baterai yang sangat lama
  • Kecepatan yang mumpuni
  • Kemampuan kartu grafis diatas rata-rata tipe laptop lain
  • Memiliki performa bagus bahkan saat menggunakan daya baterai.

Kekurangan Dell XPS 13

Kekurangan Dell XPS 13 yang dimiliki oleh laptop ini adalah tidak adanya Display Port, pengguna mengharuskan membeli Converter USB ke HDMI tambahan. Untuk pengguna baru, tentunya hal ini sangat merepotkan dan akan membuat bingung.

  • Harga relatif mahal
  • Tidak dilengkapi dengan DVD/RW
  • Layar lumayan redup meskipun sudah mengatur pencahayaan di pengaturan.
  • Tidak memiliki port display
  • Cepat panas jika dipakai secara terus menerus dalam waktu yang panjang.

Harga Dell XPS 13 2021

Berbicara masalah harga, dengan tampilan yang mewah dan spesifikasi Dell XPS yang sangat baik dikelasnya, kami merasa harga yang ditawarkan Dell pada seri ini terbilang setimpal.

Memang cukup mahal, namun bagi kalian yang membutuhkan laptop yang menunjang mobilitas tinggi kalian, desain terkini dan menunjang penampilan kalian yang fashionable, laptop ini layak untuk dicoba.

Pada harga pasaran, harga Dell XPS 13 dibuka di angka Rp.17.999.000,-. Meskipun relatif mahal, kalian tidak akan merasa menyesal dan rugi jika membeli laptop ini. Karena laptop ini dapat menemani perjalanan karir kalian dimanapun dan kapanpun itu.

Kesimpulan

Laptop Dell XPS 13 memang memiliki spesifikasi dan performa yang sangat bagus di kelasnya. Sebelum memilih laptop terbaik untuk kerja, ada baiknya kalian melihat kondisi keuangan dan kebutuhan mobilitas kalian yang sesuai dengan kemampuan kalian. Jadi itulah ulasan lengkap mengenai Dell XPS 13. Semoga bermanfaat!Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload