Tips Menghasilkan Pas Foto dan Konsep Contoh Foto Nikah

28 Sep 2023 by kreditpintar, Last edit: 03 Oct 2023

Banyak hal yang perlu Anda urus ketika mau menikah. Salah satunya mengurus dokumentasi pernikahan, yang tentu saja adalah hal yang cukup penting ketika melangsungkan nikah di zaman ini. Untuk itulah akan dibahas di dalam artikel ini serba-serbi mengenai dokumentasi pernikahan, mulai dari contoh foto nikah untuk persyaratan KUA sampai di hari pelaksanaan.

Pastinya Anda mengharapkan hasil memuaskan dan acara lancar bukan di hari berbahagia seperti pernikahan bersama pasangan? Yuk simak bersama!

Syarat Foto Nikah Untuk Persyaratan KUA

Sebelum membahas contoh foto nikah di hari pernikahan, maka mari kita bahas terlebih dahulu mengenai foto untuk persyaratan mendaftar di KUA. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini, seperti berikut ini.

Ukuran Foto Saat Anda Cetak

Saat Anda pergi ke KUA untuk mendaftarkan diri menikah dengan pasangan, petugas akan meminta beberapa persyaratan. Salah satunya adalah pas foto yang akan mereka tempelkan di buku nikah.

Anda tidak bisa sembarangan mencetak pas fotonya. Ini karena sudah ada ketentuan mengenai ukuran dari foto buku nikah tersebut.  Jadi ada beberapa ukuran foto dan jumlahnya telah disesuaikan dengan  ketentuan.

Pertama pas foto ukuran 2 x 3 harus Anda kumpulkan berjumlah 8 foto terdiri dari 4 milik pria dan 4 lagi milik calon pengantin wanitanya. Kedua, foto ukuran 4 x 6 sejumlah 2 lembar yang terdiri dari 1 lembar foto pria dan sisanya adalah milik wanita.

Background dari Pas Foto

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai background pas foto. Anda tidak bisa memakai foto yang sisa dari saat Anda mendaftar sekolah dulu. Foto tersebut haruslah yang terbaru serta memiliki background warna khusus yaitu biru.

Mengapa harus biru? Ternyata hal-hal semacam ini sudah ada ketentuannya. Hal itu mengacu pada “lampiran keputusan dari Direktur Bimbingan Masyarakat Islam Tahun 2018 pada Model N2”.

Contoh Warna Baju Saat Foto Nikah KUA

Karena pas foto ini akan terpasang selamanya pada buku ini, maka perlu hasilnya paling maksimal. Ada beberapa warna baju foto nikah untuk daftar KUA yang bisa memaksimalkan hasilnya nanti. Berikut ini rekomendasi warna baju yang bisa Anda pakai tersebut.

Memakai Baju Berwarna Putih

Ketika Anda hendak dokumentasi pas foto, alangkah baiknya memilih warna baju yang netral seperti putih. Pasalnya warna yang satu ini cukup cocok untuk Anda pakai segala acara. Akan sangat cocok jika berpadu dengan background warna biru.  

Abu-abu

Salah satu warna yang bagus untuk Anda padukan untuk background biru itu memang warna-warna yang netral. Warna yang cocok itu seperti abu-abu. Cobalah untuk memadukan keduanya bersama dengan pasangan.

Warna Hitam

Jika Anda bosan untuk memakai baju yang berwarna putih, maka lebih baik cobalah untuk menggunakan warna lawannya yaitu hitam. Warna ini selain cocok untuk semua background, juga tampak sangat elegan. Maka dari itu cocok untuk memotret foto pendaftaran KUA.

Warna Nude

Warna biru adalah warna yang sedikit gelap. Karena itu perlu Anda padukan dengan warna seperti Nude. Coba saja, maka hasilnya pasti maksimal.

Tips Mendapatkan Hasil Pas Foto Nikah Terbaik

Ada beberapa tips agar hasil foto pendaftaran KUA Anda maksimal. Berikut inilah caranya, mari simak bersama.

Fotolah di Studio

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan agar kualitas pas foto bagus adalah tempat  pemotretan. Meskipun kualitas foto dari smartphone baik, alangkah baiknya Anda ambil foto di studio saja. Ini karena tukang foto lebih tahu bagaimana mengarahkan Anda untuk menghasilkan foto terbaik. Tidak hanya itu, pastinya di studio peralatannya lebih memadai.

Berusaha Agar Badan Dalam Kondisi Terbaik

Penting menjadi perhatian sebelum melakukan sesi foto untuk daftar KUA ini adalah menjaga kondisi badan agar tetap dalam kondisi yang prima atau fit. Kalau Anda sedang sakit otomatis tampilan di kamera akan menjadi kurang segar. Saat kondisi badan prima atau fit otomatis aura kebahagiaan bisa lebih terpancar dalam diri A

Berpakaian dengan Rapi dan Sopan

Selanjutnya adalah berpakaian dengan sopan. Ingat kala foto yang Anda cetak ini akan terpasang di buku nikah. Oleh karena itu, coba untuk tampil dengan sebaik mungkin. Kalau bisa pakai kemeja dan memakai baju yang sama dengan pasangan agar tampak serasi

Contoh Foto Nikah

Di pembahasan kali inilah mari kita lihat bersama beberapa contoh foto nikah. Siapa tahu Anda bisa terinspirasi untuk menghasilkan foto-foto pernikahan yang hampir sama dengan mereka. Memotret momen tersebut

Foto Misterius Ala Maudy Ayunda

Salah satu artis Indonesia yang kini tengah hangat masyarakat perbincangkan adalah Maudy Ayunda. Dengan tiba-tiba muncul bersama pasangannya membuat para netizen terkejut. Ada sambutan baik dan juga yang mempertanyakan.

Mengapa malah mempertanyakan? Pasalnya artis yang satu ini cukup mendadak mengunggah foto pernikahan bersama pasangannya. Apalagi foto sang prianya cukup dibuat misterius.

Terlepas dari pro dan kontra, konsep membuat pasangan misterius seperti yang Maudy Ayunda lakukan cukup menarik untuk bisa Anda juga pakai. Orang akan menunggu-nunggu sampai nanti benar-benar pasangan Anda kenalkan ke publik. Tentu saja, akan banyak sambutan dari orang-orang dan juga pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada Anda.

Contoh Foto Nikah Menunjukkan Tanda Bukti Pernikahan

Contoh selanjutnya dari foto nikah yang bagus adalah jika Anda dan pasangan berpose menunjukkan tanda bukti ikatan. Anda bisa menunjukkan buku nikah bersama pasangan ataupun  juga foto bersama pasangan saling berjejeran menampilkan jari tangan yang terdapat cincin nikah.

Hal ini tentu saja bisa menjadi simbol ke masyarakat bahwa Anda dan pasangan telah mengikat janji suci. Ini hari yang bahagia dan ada senyum mengembang dari kalian berdua.

Foto Bersama Kawan-kawan

Salah satu foto menarik yang patut kamu coba adalah berpose bersama dengan para kawan. Misalnya seperti yang ada di bawah ini.

Memang pesta pernikahan itu harus dirasakan kebahagiaannya bersama dengan orang-orang terdekat, seperti kawan. Terlihat seperti yang ada di foto tersebut bahwa di hari itu, tidak hanya kamu yang merasa senang tetapi orang-orang yang ada di sekitar.

Sudah Tahu Mau Mengikuti Contoh Foto Untuk Nikah Dengan Konsep yang Mana?

Pastinya beberapa contoh foto nikah dan penjelasannya di atas akan berguna untuk Anda. Ingin membaca informasi menarik lainnya? Yuk ikuti terus  artikel blog dari Kredit Pintar, perusahaan fintech yang membantu masyarakat dalam hal pinjaman online yangs udah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Oct 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download