Coba Cara Menghilangkan Bau Kulkas Ini!

26 Aug 2021 by Laruan, Last edit: 26 Aug 2021

Kulkas menjadi salah satu keluaran teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan banyak manusia. Kehadirannya membawa banyak manfaat terutama adalah bagi para ibu rumah tangga untuk menyimpan bahan-bahan makanan agar bisa bertahan lama. Namun, hal itu terkadang bisa menyebabkan kulkas menjadi berbau tidak sedap. Lalu, pertanyaannya adalah bagaimana cara menghilangkan bau kulkas?

Coba Cara Menghilangkan Bau Kulkas Ini!

Cara Menghilangkan Bau Kulkas dengan Bahan Alami

Kita kerap kali menggunakan kulkas untuk menyimpan makanan-makanan agar bisa bertahan lebih lama. Namun, tanpa kita sadari, makanan-makanan yang terlalu lama disimpan di dalam kulkas akan meninggalkan aroma yang tidak sedap. Terlebih lagi apabila makanan yang disimpan memiliki aroma yang sangat tajam.

Para ibu-ibu rumah tangga seperti Sobat Pintar sering mengajukan pendapat bahwa tidak ada cara lain untuk mempertahankan makanannya agar bisa dikonsumsi dalam jangka panjang. Namun, Sobat Pintar pasti kerepotan karena efek sampingnya sangat mengganggu indera penciuman. 

Lalu, bagaimana sebaiknya cara menghilangkan bau di dalam kulkas yang amat menyengat?

1.Vanili

Bubuk vanili merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki bau sedap dan juga biasa digunakan sebagai penambah aroma pada makanan. Siapa sangka bahwa bubuk ini bisa Sobat Pintar gunakan juga untuk membersihkan kulkas yang bau.

Sobat Pintar bisa menggunakannya dengan cara mengelap bagian dalam kulkas dengan bubuk atau cairan vanili. Diamkan selama semalaman, maka kulkas Sobat Pintar akan berbau wangi setelahnya.

2.Bubuk Kopi

Cara kedua, Sobat Pintar bisa menggunakan bubuk kopi. Seperti yang kita tahu, bahwa kopi memiliki aroma yang cukup kuat. Banyak orang yang menggunakannya sebagai penyerap aroma-aroma tidak sedap seperti bau amis atau lainnya.

Tidak lain halnya dengan itu, bubuk kopi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada kulkas. Bagaimana caranya? Sobat Pintar hanya butuh bubuk kopi murni yang tidak memiliki campuran gula, lalu taburkan pada bagian dalam kulkas, oleskan secara merata dengan lap basah. Maka, bau pada kulkas Sobat Pintar akan tergantikan dengan bau kopi yang menenangkan.

3.Soda Kue dan Lemon

Berikutnya adalah menggunakan campuran soda kue dan lemon. Kedua bahan yang biasa digunakan dalam masakan ini juga dapat membantu menghilangkan bau pada kulkas Sobat Pintar, lho! Sobat Pintar hanya membutuhkan air dalam wadah, lalu campurkan dengan soda kue dan juga lemon. Diamkan semalaman di dalam kulkas, maka kulkas Sobat Pintar akan berbau lebih segar.

4.Garam

Lalu ada bahan dapur lain yang juga bisa menghilangkan bau pada kulkas. Garam bisa menjadi penetral bau tidak enak pada kulkas. Caranya adalah dengan mencampurkan garam, kira-kira satu genggam dengan air bersih. Pastikan bahwa garam yang dicampurkan sudah larut sepenuhnya agar menghindari goresan pada permukaan kulkas. Kemudian, sapukan bagian dalam kulkas dengan larutan garam tersebut.

5.Cuka

Selanjutnya ada cuka yang juga mengambil peran dalam membersihkan barang-barang dan juga menghilangkan bau tidak sedap. Sobat Pintar hanya perlu membersihkan bagian dalam kulkas dengan cuka. Gosok secara merata, dan diamkan selama 30 menit. setelah itu, bau tidak sedap dalam kulkas akan hilang.

Membersihkan Kulkas agar Seperti Baru

Kulkas menjadi barang penting dalam rumah tangga yang digunakan setiap hari. Oleh karena itu, kulkas juga membutuhkan perhatian khusus agar bisa bertahan lama. 

Sebaiknya untuk menghilangkan bau dan menjaga keawetan serta kebersihan kulkas, Sobat Pintar perlu membersihkannya minimal sebulan sekali. Lalu, bagaimana langkah-langkahnya?

1.Mematikan kulkas 

Sebelum membongkar kulkas, cabut kabel kulkas agar tidak menyetrum dan juga menghindari kerusakan. Jika tidak, Sobat Pintar bisa menurunkan suhunya. Sobat Pintar bisa menunggu suhunya stabil dengan membongkar makanan-makanan yang ada di dalam kulkas.

2.Bongkar Isian Dalam Kulkas

Langkah berikutnya adalah membongkar isi kulkas yang berisi makanan-makanan agar memudahkan proses pembersihan. Bersihkan pula bagian freezer agar pembersihan bisa merata.

3.Buang Makanan-Makanan yang sudah tidak layak 

Selagi membongkar, Sobat Pintar bisa memilah makanan-makanan yang sekiranya sudah tidak layak dikonsumsi dan tidak berniat untuk dikonsumsi lagi karena semakin lama disimpan biasanya akan menghasilkan bau yang tidak sedap.

4.Lepas bagian-bagian dalam kulkas

Selanjutnya, copot rak-rak yang ada di dalam kulkas untuk nantinya dibersihkan secara menyeluruh. Ingat juga peletakan rak-rak agar tidak salah pasang.

5.Bersihkan dengan lap basah

Setelah kulkas kosong, Sobat Pintar bisa mulai membersihkannya dengan mengelap setiap sudut kulkas beserta rak-raknya. Gunakan air hangat dan bilas lap secara berkala agar kulkas tetap bersih.

Artikel populer lainnya: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

6.Gunakan Kopi Bubuk

Sobat Pintar bisa mencoba bahan yang sudah disebutkan di atas, seperti salah satunya adalah campuran bubuk kopi yang nantinya bisa dioleskan atau sekadar diletakkan sebagai pengharum kulkas.

7.Biarkan pintu kulkas terbuka untuk beberapa saat

Setelah proses pembersihan selesai, Sobat Pintar bisa membiarkan pintu kulkas terbuka selama beberapa saat agar bau yang ada di dalam kulkas bisa hilang dengan bergantinya sirkulasi udara. Sobat Pintar bisa menyesuaikan berapa lama pintu kulkas akan dibuka tergantung dengan aromanya akan hilang.

8.Pasang bagian-bagian dalam kulkas

Setelah itu, Sobat Pintar bisa memasang rak-rak dalam kulkas seperti semula untuk bisa kembali menyimpan makanan.

9.Masukkan makanan yang sudah dibungkus dengan wadah kedap udara

Sobat Pintar juga harus menggunakan wadah kedap udara untuk menyimpan bahan-bahan makanan. Usahakan untuk menyimpan bahan-bahan makanan secara sendiri-sendiri atau jangan dicampur dan kemudian tutup dengan rapat.

10.Gunakan pengharum kulkas

Langkah terakhir, Sobat Pintar bisa menggunakan produk pengharum kulkas yang tentunya memiliki aroma tidak menyengat. Apabila dikira kulkas masih bau padahal sudah dibersihkan dan dibuka selama beberapa saat, Sobat Pintar bisa menggunakan kopi yang memiliki aroma lebih netral dan menenangkan ataupun pengharum lainnya.

Cara menghilangkan bau kulkas juga bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa hal di bawah ini :

11. Simpan buah dan sayur dalam rak terbuka

Simpan buah-buahan dan sayur-sayuran di rak kulkas yang terbuka untuk menjaga kesegarannya, cek secara berkala apabila terdapat buah atau sayuran yang sudah layu ataupun busuk agar tidak mengotori kulkas.

12. Punya makanan kaleng yang pernah dibuka? Segera simpan di wadah tertutup

Makanan atau minuman kaleng yang belum habis, bisa dipindahkan ke wadah lain yang tertutup agar baunya tidak menyebar di dalam kulkas.

13. Pisahkan bahan mentah dan masakan yang sudah jadi

Simpan bahan-bahan makanan yang memiliki bau menyengat, seperti ikan, daging, atau yang lainnya ke dalam wadah yang kedap udara dan pisahkan dari makanan lainnya.

14. Jangan abaikan tanggal kadaluarsa

Cek tanggal kadaluarsa makanan atau minuman yang akan Sobat Pintar simpan. Apabila memungkinkan, buat pengingat agar Sobat Pintar bisa membuangnya dan aromanya tidak menyebar ke makanan-makanan lain.

Apabila Sobat Pintar mendapati kulkas Sobat Pintar sudah perlu diganti namun mempertimbangkan biaya yang tidak sedikit, Sobat Pintar bisa mencoba menggunakan jasa Kredit Pintar untuk membantu masalah keuangan dalam keluarga Sobat Pintar. Sobat Pintar bisa menemukannya di Playstore ataupun Google. Jadi itu dia informasi mengenai cara menghilangkan bau kulkas dengan bahan alami. Semoga bermanfaat.

Artikel populer lainnya: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
26 Aug 2021
mobile-closeKredit PintarDownload