Catat! Ini 6 Cara Mengatasi Sembelit Paling Ampuh

06 Aug 2021 by Laruan

Bagaimana cara mengatasi sembelit paling ampuh? Sembelit atau kondisi susah buang air besar jadi persoalan serius saat gejalanya semakin parah dan mengganggu aktivitas normal. Bukan lagi dalam hitungan hari, di beberapa kasus bahkan ada yang juga mengalami kondisi sembelit sampai lebih dari seminggu. 

Cara Mengatasi Sembelit Paling Ampuh

Sebagai pengingat, perlu diperhatikan kalau sembelit tidak semata-mata muncul atau diderita tanpa alasan. Tentu ada cukup banyak penyebab yang membuat penyakit satu ini kerap dialami oleh kebanyakan orang.

Beberapa contoh singkat penyebab sembelit diantaranya kurang mengkonsumsi air putih, makan makanan tidak sehat, bahkan sampai tekanan psikologis seperti stress atau depresi nyatanya juga bisa jadi penyebab dari munculnya sembelit.

Jika sudah mengetahui apa saja penyebab sebenarnya dari munculnya sembelit, maka jawaban dari pertanyaan apa cara mengatasi sembelit yang paling ampuh sudah pasti akan mudah ditemukan, baik dalam bentuk pencegahan maupun pengobatan.

Untuk lebih jelas dan membahas lebih jauh, berikut beberapa tips cara mengatasi sembelit yang bisa dilakukan secara sederhana bagi kamu yang mengalami susah buang air besar.

1. Penuhi kebutuhan cairan bantu mengatasi sembelit

Kekurangan cairan dalam tubuh jadi salah satu penyebab sembelit, yang terjadi karena feses mengeras akibat kurangnya kandungan air selama proses metabolisme dalam tubuh. Karena itu, dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi dan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh yaitu sebanyak minimal 2 liter dalam satu hari, agar proses metabolisme lancar dan proses pencernaan hingga tahap akhir berjalan dengan baik.

2. Konsumsi buah-buahan yang dapat memperlancar buang air agar tidak sembelit

Untuk mengatasi sembelit, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak nutrisi dan dapat membantu melancarkan proses pencernaan, beberapa jenis buah yang dikenal dapat membantu menghilangkan sembelit di antaranya papaya, apel, kiwi, dan pir.

Kebalikannya, penderita sembelit disarankan menghindari sementara makanan dan minuman yang memiliki kandungan gas tinggi layaknya susu dan makanan berlemak, supaya perut tidak terasa kembung dan menimbulkan ketidaknyamanan.

3. Makan-makanan probiotik untuk mengatasi konstipasi

Di dalam tubuh kita tepatnya di bagian usus, ada sejumlah bakteri baik yang disebut probiotik dan memiliki peran penting dalam proses pencernaan, bakteri baik tersebut dikenal dengan nama Bifidobacteria dan Lactobacillus. Mereka yang menderita sembelit biasanya tidak memiliki keseimbangan bakteri baik dalam ususnya, karena itu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik.

Dua jenis makanan dan minuman yang mengandung probiotik dan diyakini dapat membantu melancarkan proses pencernaan di antara yogurt dan tempe.

 4. Banyak berolahraga

Gaya hidup yang tidak sehat berupa jarang bergerak atau berolahraga diyakini menjadi salah satu penyebab dari timbulnya sembelit yang terhambat metabolisme yang kurang lancar. Padahal, rajin berolahraga meningkatkan pergerakan otot di saluran cerna atau usus.

Beberapa ahli kesehatan juga merekomendasikan gaya hidup sehat seperti olahraga supaya feses bisa bergerak lebih lancar untuk sampai di tahap akhir dari proses pencernaan. Tidak harus olahraga berat, bisa mulai berolahraga dari gerakan ringan seperti jalan perlahan di pagi hari, berenang, bersepeda, atau lari secara rutin.

5. Hindari kebiasaan menunda buang air besar

Kebiasaan menunda buang air besar nyatanya juga bisa menjadi penyebab dorongan untuk buang air besar menjadi hilang dan feses jadi tertimbun dalam tubuh sehingga mengeras. Mulai sekarang, sebisa mungkin jangan menunda-nunda ketika keinginan untuk buang air besar datang.

Luangkan waktu sekalipun ada di kondisi mendesak atau lingkungan yang kurang memadai, apabila berada di luar rumah segera mungkin cari toilet yang layak dan jangan terburu-buru.

6. Konsumsi kafein

Kafein diyakini bisa merangsang otot-otot dalam sistem pencernaan untuk berkontraksi dan melancarkan pencernaan serta merangsang dorongan untuk buang air besar.

Namun yang perlu diperhatikan, jangan mengkonsumsi kafein secara berlebihan karena secara bersamaan juga memicu keinginan buang air kecil lebih banyak sering sehingga dapat menyebabkan dehidrasi.

Jangan lupa imbangi juga dengan minum air putih lebih banyak dari biasanya saat mengkonsumsi kafein demi kesehatan ginjal dan menjaga asupan cairan tubuh.Itu dia beberapa tips dan cara mengatasi sembelit yang bisa dicoba dengan mudah dan praktis di rumah tanpa perlu berkonsultasi ke dokter, yang terpenting adalah menjaga asupan makanan sehat dan menjalani pola hidup yang sehat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload