Cara Mudah Screenshot di Laptop

07 Sep 2021 by Laruan

Screenshot merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh seseorang untuk mendokumentasikan sesuatu yang muncul pada layar ponsel atau laptop yang tidak bisa disimpan menjadi dokumen. Biasanya, orang-orang mengambil gambar screenshot untuk mengirimkan bukti transfer, bukti tindakan digital, serta membagikan teks percakapan pada aplikasi chat. Adapun cara screenshot di laptop yang memang sedikit berbeda dengan ponsel.

Seperti kita tahu bahwa banyak sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan sebuah laptop. Dengan sistem operasi yang berbeda, cara untuk melakukan screenshot terhadap layar laptop juga kemungkinan berbeda. Akan tetapi, dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara screenshot di laptop yang menggunakan sistem operasi Windows dan Mac.

Kedua sistem operasi tersebut dinilai paling umum yang digunakan oleh sebagian pengguna laptop. Tentunya, cara screenshot di laptop berbasis Windows dan Mac akan berbeda. Apa saja perbedaannya :

Cara Screenshot di Laptop Windows

Cara screenshot di laptop tidak begitu sulit, hanya berbeda sedikit dengan yang biasa kita lakukan pada ponsel kita. Inilah beberapa caranya :

  1. Menggunakan Tombol “Printscreen” pada Keyboard

Pada jajaran tombol di keyboard paling atas, carilah tombol ‘prtsc’ yang bisa digunakan untuk mengambil gambar layar monitor. Cukup menekan tombol ‘prtsc’, lalu membuka lembar kerja pada aplikasi Ms. Word, Photoshop, atau Paint, lalu tekan ‘Ctrl+P’. Dengan begitu, gambar screenshot pada layar monitor di laptopmu akan muncul.

Untuk menyimpannya, tinggal klik kanan pada gambar tersebut lalu pilih ‘save as picture’ pada opsi yang tersedia. Dengan begitu, kamu bisa menyimpan gambar hasil screenshot di folder yang kamu inginkan.

Perlu diperhatikan kalau ada beberapa laptop yang memerlukan kombinasi tombol khusus untuk melakukan screenshot. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas.

  • Jika kamu ingin hasil gambarnya otomatis tersimpan, tekan tombol ikon Windows+PrtScn. Untuk beberapa laptop mungkin berlaku kombinasi tombol Ctrl+Windows+PrtScn atau Fn+Windows+PrtScn. Dengan begitu hasil tangkapan pada layar laptopmu akan otomatis tersimpan di folder Picture>Screenshots.
  • Jika kamu ingin mengedit hasil screenshot atau memasukkannya ke sebuah dokumen, kamu cukup menekan tombol PrtScn, lalu buka lembar kerja pada aplikasi Photoshop, atau Ms.  Word, tekan Ctrl+P untuk menampilkan gambar hasil screenshot.
  1. Menggunakan Tombol Windows+Shift+S

Ada cara lain yang bisa kamu lakukan selain menggunakan tombol printscreen. Kamu bisa mencobanya dengan menekan kombinasi tombol Windows+Shift+S. Tampilannya akan seperti ini.

Cara Mudah Screenshot di Laptop

Kamu juga bisa memilih area gambar yang ingin kamu ambil screenshotnya. Ada pilihan juga antara kotak dan bentuk random sesuai kebutuhan kamu. Caranya mudah, cukup menarik kursor ke area yang kamu inginkan.

Cara Mudah Screenshot di Laptop

Setelah itu, akan ada notifikasi kalau gambar yang kamu screenshot sudah tersimpan secara otomatis di laptop kamu.

  1. Screenshot dengan Snipping Tool

Snipping Tool adalah program yang biasanya sudah terinstal sejak kita membeli laptop baru. Cara screenshot dengan Snipping Tool terbilang mudah, cukup dengan membuka aplikasinya, lalu mengklik tombol start pada program aplikasinya, setelah itu pilih opsi ‘New’ untuk mulai mengambil tangkapan layar.

Setelah itu, kamu perlu menyimpan hasilnya di folder yang sudah kamu sediakan untuk gambar screenshot.

Cara Screenshot di Laptop MacBook

Cara-cara di atas mungkin berbeda dengan sistem MacBook jebolan Apple ini, begitu juga dengan kombinasi tombol untuk melakukan screenshot.

  1. Cara Screenshot Keseluruhan Layar

Tekan kombinasi tombol Shift+Command+’3’ secara bersamaan. Setelahnya, hasil tangkapan layar yang kamu lakukan akan tersimpan otomatis di desktop MacBook kamu.

  1. Cara Screenshot Sebagian Layar

Kombinasi tombol yang perlu kamu tekan adalah Shift+Command+’4’. Lalu, tarik logo ‘Crosshair’ ke arah atau area yang kamu perlukan untuk di-screenshot. Setelahnya, gambar tersebut akan otomatis tersimpan di desktop MacBook kamu.

  1. Cara Screenshot untuk Satu Jendela

Cukup menekan kombinasi tombol Shift+Command+’4’+Space Bar, setelah itu klik ikon kamera. Dengan begitu, gambar screenshot kamu akan otomatis tersimpan bersamaan ketika kamu menekan ikon kamera tersebut.

Di zaman yang serba online saat pandemi seperti sekarang ini, menuntut banyak orang untuk mengurangi aktivitas tatap muka. Termasuk mengurangi tatap muka ketika belajar di sekolah, kuliah, bekerja, hingga rapat. Tak jarang jika melakukan diskusi atau pekerjaan dengan jarak yang begitu jauh, memerlukan banyak bukti pekerjaan seperti screenshot atau link yang langsung terakses dengan pekerjaan kita.

Maka dari itu, untuk melakukan aktivitas jarak jauh dengan anggota tim atau tenaga pengajar, dibutuhkan gadget atau sarana yang memadai demi kelancaran komunikasi. Salah satu sarana komunikasi yang tepat adalah sebuah laptop yang bisa menunjang pekerjaan kamu.

Dengan Laptop, kamu bisa mengerjakan tugas atau pekerjaan yang lebih mudah dibandingkan menggunakan ponsel pintar. Di laptop, kamu bisa mencari di internet mengenai topik yang kamu cari, memindahkannya ke Ms. Word, lalu membuat ketikan baru tanpa harus keluar masuk aplikasi seperti pada ponsel.

Akan tetapi, harganya yang lebih tinggi dari ponsel membuat laptop hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu. Kini, kamu tidak perlu khawatir karena kamu juga bisa memiliki laptop dambaan kamu sekarang juga. Cukup ajukan pinjaman Online ke Kredit Pintar, dengan begitu kamu bisa membeli laptop impian kamu tanpa menunggu uang terkumpul.

Persyaratan pengajuannya yang mudah serta angsuran bulanan yang ringan, Kredit Pintar bisa membuat kamu mewujudkan mimpi-mimpi kamu. Tak jarang juga Kredit Pintar memberikan diskon pinjaman atau promo-promo lainnya yang bisa kamu manfaatkan.

Kredit Pintar merupakan perusahaan pinjaman online yang sudah terpercaya dan langsung diawasi oleh OJK. Tak perlu khawatir karena Kredit Pintar sudah memiliki jutaan nasabah pinjaman online. Cara mudah mendapatkan pinjaman online tanpa persyaratan yang sulit.

Hanya dalam beberapa menit, kamu sudah bisa mendapatkan dana pinjaman online yang kamu butuhkan. Ayo, tunggu apa lagi? Segera download aplikasi Kredit Pintar, lalu isi data diri kamu sesuai dengan kartu identitas. Setelah itu, isi pertanyaan yang tertera sesuai keadaan atau data-data yang bisa dipertanggungjawabkan. Lalu, mulai ajukan pinjaman setelah akun kamu terverifikasi oleh sistem.Demikian artikel mengenai cara screenshot di laptop. Semoga artikel ini bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload