Cara Merawat Bibir Tetap Sehat dan lembab

13 Aug 2021 by Laruan, Last edit: 11 Aug 2021

Siapa bilang hanya kulit wajah yang membutuhkan perawatan. Dari ujung rambut sampai ujung kaki semua perlu perawatan yang berbeda-beda. Termasuk, pada bagian bibir. Meskipun hanya menjadi unsur kecil, tapi cara merawat bibir tidaklah mudah. Bibir menjadi elemen kecil yang tanpa Anda sadari banyak diperhatikan orang-orang.

Pasti Anda tidak ingin memiliki bibir yang kering dan pecah-pecah. Banyak faktor yang membuat bibir terlihat kering dan pecah-pecah. Salah satu faktornya justru datang dari kebiasaan Anda sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu menyimak tips tips agar bibir terawat yang tepat. 

Cara Merawat Bibir Tetap Sehat dan lembab

Cara Merawat Bibir Yang Benar

Meski hanya menjadi elemen kecil pada wajah, merawat bibir tidaklah mudah. Jika Anda tidak tahu tips agar bibir terawat dengan benar, bisa jadi bibir Anda justru akan mengalami iritasi. Berikut ada beberapa tips tips agar bibir terawat dengan benar agar tetap sehat dan lembab :

1.Jangan Kebiasaan Menjilat Bibir

Banyak kesalahpahaman yang timbul di masyarakat. Termasuk soal bibir. Banyak yang mengira bahwa menjilat bibir atau membasahi bibir dapat membuat bibir lembab. Padahal itu adalah tips agar bibir terawat yang salah. 

Kebiasaan menjilat atau membasahi bibir justru akan membuat bibir semakin kering. Akibatnya, bibir Anda justru akan semakin rusak karena kebiasaan tersebut.

2.Jangan Kebiasaan Menggigit Bibir

Masih ada kebiasaan lain yang seringkali tidak disadari saat Anda melakukannya. Bahkan ada wanita yang jika dalam keadaan nervous, justru punya kebiasaan menggigit bibir.

Kebiasaan menggigit bibir harus dihindari jika Anda sudah tahu tips agar bibir terawat dengan benar. Efek dari menggigit bibir bisa membuat lapisan bibir terkelupas. Akibat lebih parahnya bisa menimbulkan luka pada bibir. Hal ini disebabkan oleh lapisan pelindung bibir yang terkelupas hingga membuat bibir jadi luka.

3.Konsumsi Air Putih Yang Cukup

Cara merawat bibir justru dimulai dari hal yang sederhana. Selain menghindari kebiasaan menjilat dan menggigit bibir, Anda juga harus cukup banyak mengkonsumsi air putih.

Jika Anda dehidrasi karena tubuh kekurangan cairan, selain tidak baik untuk organ dalam, juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah dan kering. Idealnya Anda mengkonsumsi air putih 8-10 gelas per hari. Namun, akan lebih baik jika Anda bisa mengkonsumsi lebih dari itu.

4.Asupan Nutrisi Pada Tubuh Harus Tercukupi

Sejatinya tips agar bibir terawat tidak hanya dari luar, tapi juga harus dari dalam. Justru perawatan terpenting adalah melalui nutrisi tubuh Anda sendiri. 

Empat sehat lima sempurna bukan jargon nutrisi semata. Anda harus mengkonsumsi makanan yang berasal dari sayur dan buah-buahan karena bisa membuat bibir menjadi lebih sehat. Kandungan pada sayur dan buah yang kaya akan vitamin C, zat besi, vitamin B dan asam lemak essensial bisa membantu bibir Anda menjadi lebih sehat.

5.Berhati-hatilah Saat Memilih Lipstik

Kosmetik pada bagian bibir atau lipstik ternyata juga bisa jadi pemicu bibir kering dan pecah-pecah lho. Apabila Anda ingin mempraktekan tips agar bibir terawat dengan benar, Anda harus bisa memilih lipstik yang baik untuk kesehatan bibir. 

Anda bisa melihat komposisi pada lipstik terlebih dahulu. Hindari lipstik yang mengandung alkohol sehingga bisa membuat bibir rusak. Kemudian, jika bibir Anda terasa panas, gatal dan mengering setelah 6 jam digunakan, sebaiknya jangan digunakan lagi. Anda bisa mencari produk lipstik lain yang lebih sehat.

6.Gunakan Lip Balm Untuk Melembabkan Bibir

Jika Anda merasa bibir kering dan pecah-pecah, Anda bisa tambahkan lip balm untuk melembabkan bibir. Apalagi jika Anda keluar ruangan, maka sebaiknya gunakan lip balm. Selain untuk melembabkan, lipbalm juga membuat bibir terlindungi dari polusi dan sinar matahari langsung. 

Karena kulit bibir adalah kulit yang paling tipis, maka Anda harus mengetahui tips agar bibir terawat dengan benar. Akan lebih baik lagi jika Anda juga menggunakan lip mask untuk perawatan bibir. Anda bisa membuat sendiri lip mask dari bahan alami seperti madu, tomat dan lemon. Atau Anda bisa membeli produk lip mask yang ada di pasaran.

Anda sudah mengetahui bagaimana tips agar bibir terawat dengan benar. Jika Anda butuh tambahan penghasilan, Anda bisa membuka bisnis berjualan lip balm dan lip mask untuk perawatan bibir. 

Tidak perlu khawatir dengan modalnya, Anda bisa ajukan pinjaman online di Kredit Pintar. Pinjaman online terpercaya yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dana dari Kredit Pintar akan cair dengan cepat, mudah dan aman. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
11 Aug 2021
mobile-closeKredit PintarDownload