Cara Mengkompres File PDF atau CV, Gambar, Serta Zip

22 Oct 2021 by Laruan

Masih ada yang bingung cara mengkompres file sekarang? Terutama bagi Anda yang ingin unggah CV atau lamaran kerja via email? Bisa juga yang sedang mau unggah foto ke website karena ukuran file terbatas? Sebetulnya, kompres file itu tidak sulit sama sekali.

Beberapa website memungkinkan pengguna mengkompres file gambar, foto, pdf atau lainnya dengan mudah secara online. Kompres file memang bisa diartikan sebagai memperkecil ukuran file tersebut sehingga dapat memenuhi kriteria unggah ke situs atau email. Pada umumnya, unggah file ke platform tersebut selalu dibatasi sekitar 25MB saja.

Selain itu, kompres file pun sebenarnya dapat diterjemahkan sebagai proses menyatukan banyak file menjadi satu. Sehingga file-file tersebut dapat berkurang ukurannya. Misalnya saat Anda ingin kirim lamaran beserta CV, keduanya bisa dikompres menjadi satu file Zip. Cara mengkompres file bisa Anda ketahui dari penjelasan di bawah ini. 

Cara Mengkompres File Foto Atau Gambar

Memperkecil ukuran atau kompres gambar sebetulnya tidak sulit sama sekali. Bagi Anda pemilik website, mungkin dihadapkan pada masalah saat akan unggah gambar bukan? Kalau ukurannya terlalu besar, Anda bisa kompres jadi lebih kecil secara online. Beberapa situs yang dapat membantu Anda adalah sebagai berikut. 

  • Tinyjpg & Tinypng

Anda bisa coba akses situs tersebut jika ingin melakukan kompres file bentuk gambar. Format yang bisa dikompres melalui situs ini seperti JPG/JPEG. Sudah banyak yang membuktikan sendiri keandalan situs ini dalam memperkecil ukuran file gambar atau foto.

Bahkan, dengan mengandalkan situs ini, Anda dapat memperkecil ukurannya menjadi 60-70% dari file aslinya. Namun kualitas hasilnya masih tetap bagus. Khusus untuk situs Tinyjpg, dapat membantu kompres file dengan format jpg atau jpeg. Sedangkan bagi Anda yang butuh kompres file PNG bisa pakai situs Tinypng.

Baik situs Tinyjpg maupun Tinypng, keduanya tetap memberikan performa terbaik. Daya tarik dari kedua situs ini adalah pengguna dapat sekaligus upload hingga 20 gambar sekaligus untuk dikompres dalam satu waktu. Dalam sebulan, pengguna pun dibebaskan untuk upload gambar untuk dikompres hingga 100 buah.

Dengan catatan, ukuran file gambarnya tidak boleh sampai melebihi 5 mb. Anda tinggal akses situsnya, unggah gambar yang ingin dikompres lalu download untuk menyimpannya. Apalagi bagi yang punya WordPress atau Magento, kedua situs ini tersedia dalam bentuk plugin serta extension. Sehingga, tidak perlu buka situsnya lagi jika sewaktu-waktu butuh.

  • Compresor.io

Anda juga bisa kompres file foto atau gambar dengan memanfaatkan situs ini. Compresor.io tidak hanya bisa diandalkan untuk memperkecil ukuran file gambar saja. Namun, sama sekali tidak mengurangi kualitas gambar setelah proses kompres selesai. Situs ini bisa melakukan kompres untuk file gambar dengan format PNG, JPEG, SVG, maupun GIV.

Sedikit berbeda dengan situs sebelumnya yang hanya bisa membantu memperkecil ukuran gambar hingga 60-70% dari file aslinya. Pakai situs ini, Anda bisa mengkompres ukuran file gambar sampai 90%. Meskipun harus melakukan satu demi satu, karena situs ini tidak memungkinkan pengguna upload gambar dalam waktu bersamaan.

Cara Mengkompres File PDF

Selain gambar atau foto, file bentuk PDF ini juga paling sering dikompres pengguna. Mungkin untuk kebutuhan pekerjaan, tugas sekolah, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang masih cukup kesulitan untuk kompres file PDF, informasi di bawah ini mungkin akan cukup membantu. 

  • Kompres File PDF Melalui Situs SmallPDF

Apabila ingin mengkompres file PDF, Coba akses situs SmallPDF. Situs ini cukup terkenal di kalangan pengguna. Pasalnya, selain mudah situs ini pun dapat membantu proses kompres file PDF dengan sangat cepat. Pertama, Anda hanya perlu upload file yang ingin dikecilkan ukurannya ke situs tersebut.

Hasilnya akan langsung keluar saat itu juga. Bahkan yang menjadi daya tarik situs ini adalah fungsinya beragam. Tidak hanya pintar mengecilkan ukuran PDF, namun juga mampu menggabungkan dan memisahkan beberapa PDF, mengeditnya, hingga melakukan konversi menjadi format lain.

  • Pakai Software Adobe Acrobat X1 Pro

Memperkecil ukuran pdf sebetulnya bisa langsung dari software komputer atau laptop Anda. caranya adalah memanfaatkan Adobe Acrobat X1 Pro. Caranya pun sangat mudah sekali, pertama coba buka software tersebut setelah memastikan terinstall pada perangkat.

Apabila sudah terbuka, silahkan pilih menu “file” lalu klik “save as other” dan pilih opsi “reduced size PDF”. Nanti akan muncul lagi opsi “make compatible with”, kali ini Anda klik yang pilihan “retain existing”. Terakhir tinggal klik “OK”, dan simpan file PDF dengan ukuran terbaru yang jauh lebih kecil.

  • Melalui Situs PDF Compressor

Anda juga bisa coba mengkompres file PDF melalui website PDF Compressor. Situs ini akan bekerja maksimal untuk mengecilkan ukuran PDF menjadi 70% lebih kecil dari aslinya. Menariknya lagi, situs ini pun dapat mengupload beberapa gambar dalam waktu bersamaan. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang tidak punya butuh waktu untuk sekedar memperkecil file.

Lagipula, situs ini juga memberikan Anda fungsi lain. Tidak hanya membantu mengkompres saja, namun juga sekaligus mengkonversi. Artinya, bagi yang ingin menyimpan file PDF nya dengan format lain pun bisa. Menjadi format DOC, Text, JPG, dan masih banyak lagi.

Cara Mengkompres File Menjadi File Zip

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, kompres file ini punya arti ganda. Tidak hanya memperkecil ukuran file saja. Kompres file pun dapat diartikan menjadi menggabungkan beberapa file menjadi satu dalam bentuk zip. Mengkompres file jadi bentuk ZIP ini cukup mudah. Anda bisa ikuti paduan langkah demi langkahnya di bawah ini. 

  • Pengguna OS Windows

Mengkompres file menjadi format zip pada pengguna OS Windows relatif mudah. Langkah pertama, Anda hanya perlu membuat folder berisi seluruh file yang ingin digabungkan menjadi satu. Jika sudah, jangan lupa beri nama file yang diinginkan. Nama tersebut nanti sekaligus jadi nama file zip kalau sudah jadi.

Setelah buat nama, klik kanan pada folder tersebut dan pilih opsi “send to”. Lanjutkan dengan memilih “compressed (zipped) folder”. Biarkan windows melakukan proses kompres. Apabila jumlah file yang digabungkan tadi cukup banyak, prosesnya pun biasanya agak lama dan sebaliknya.

  • Pengguna OS Mac

Pengguna Mac pun dapat melakukan kompres file menjadi Zip dengan mudah. Sama dengan sebelumnya, setelah buat folder berisi file yang ingin digabung dan beri nama, langsung klik kanan dan pilih opsi “compress zip folder”. Maka, file tersebut akan langsung berubah jadi format zip begitu juga letaknya sama dengan aslinya.

Itu dia tadi cara mengkompres file PDF, foto atau gambar supaya lebih mudah upload ke website, hingga cara membuat file zip. File zip ini bisa Anda andalkan ketika ingin kirim email lamaran kerja dan CV secara bersamaan supaya ukurannya makin kecil. Jangan lupa pakai perangkat yang mumpuni dengan membelinya pakai dana dari Kredit Pintar.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload