Ini Cara Menghilangkan Flek Hitam

30 Oct 2021 by Laruan

Sudahkah Sobat Pintar mengetahui bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah? Pada dasarnya, flek hitam yang ada di wajah tidaklah berbahaya. Akan tetapi hal ini sering kali membuat banyak orang merasa tidak percaya diri karena dapat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, mungkin banyak dari Sobat Pintar yang mencari tahu cara menghilangkan flek hitam di wajah. 

Mengganggu Penampilan? Ini Cara Menghilangkan Flek Hitam

Untuk mengatasi flek hitam yang mengganggu pada wajah ini, Sobat Pintar bisa menggunakan cara medis hingga dengan alternatif yang mengandalkan bahan-bahan alami. Untuk lebih jelasnya lagi, simak terus penjelasan mengenai cara menghilangkan flek hitam di bawah ini. 

Penyebab Flek Hitam Di Wajah

Sebelum Sobat Pintar mengetahui bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja hal yang dapat menyebabkan terjadinya flek hitam di wajah. 

  1. Penggunaan Kosmetik

Tak banyak diketahui, ternyata penggunaan kosmetik dapat menjadi salah satu penyebab munculnya flek hitam di wajah. Hal ini karena, kosmetik memiliki bahan kimia tertentu yang dapat memicu produksi melanin yang berlebih. Tidak hanya itu, beberapa produk kosmetik diketahui dapat memicu terjadinya fotosensitivitas atau kondisi kulit sensitif terhadap sinar matahari bahkan saat berada di dalam ruangan sekalipun. 

  1. Faktor Genetik

Faktor genetik ternyata juga dapat menjadi penyebab munculnya flek hitam di wajah. Bahkan faktor genetik memiliki persentase 20% hingga 70% sebagai penyebab munculnya flek hitam. Tidak hanya itu, ras juga memiliki pengaruh terhadap munculnya flek hitam di wajah ini. Hal inilah yang membuat mereka yang berasal dari golongan kulit gelap dan keturunan hispanik sering mengalami flek hitam. 

  1. Kekurangan Asupan Vitamin

Penyebab munculnya flek hitam di wajah yang terakhir yaitu karena kekurangan asupan vitamin. Padahal asupan vitamin merupakan unsur terpenting dapat menjaga kulit tetap sehat. Oleh karena itu,  Sobat Pintar perlu menjaga asupan vitamin B12, E dan K agar dapat mencegah munculnya flek hitam di wajah. 

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Lalu bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah tersebut? Mudah saja, ini dia beberapa tips yang bisa Sobat Pintar lakukan, baik secara medis maupun dengan menggunakan bahan-bahan alami. 

  1. Rajin Membersihkan Wajah

Hal pertama yang harus Sobat Pintar untuk mengatasi flek hitam di wajah yaitu dengan rajin membersihkan wajah. Pastikan Sobat Pintar harus membersihkan wajah 2 kali setiap hari, di pagi hari dan sebelum tidur. Pada saat mencuci muka, lakukanlah dengan gerakan yang lembut dan hindari mencuci muka dengan gerakan yang  kasar. Namun perlu diperhatikan, sebaiknya Sobat Pintar tidak mencuci muka menggunakan sabun pencuci muka lebih dari dua kali sehari. Pasalnya, mencuci muka lebih dari 2 kali sehari akan menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit. 

  1. Krim Pencerah Wajah

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan krim pencerah wajah. Sobat pintar cukup mengoleskan krim pencerah pada flek hitam di wajah. Akan tetapi, penggunaan krim pencerah ini dapat menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping yang muncul muncul yaitu kulit kering, iritasi kulit, ruam, kulit sensitif dan lainnya. Oleh karena itu, penggunaan  krim pencerah ini sebaiknya dilakukan dengan berkonsultasi bersama dokter terlebih dahulu. 

  1. Produk Dengan Kandungan Retinol dan AHA

Produk perawatan kulit yang memiliki kandungan retinol ternyata dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan flek hitam. Selain itu produk perawatan yang memiliki kandungan AHA juga dapat digunakan utuk eksfoliasi kulit dan juga mempercepat regenerasi kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat. Akan tetapi, Sobat Pintar perlu berasabar apabila menggunakan cara ini. Pasalnya hasilnya mungkin baru dapat terlihat setelah beberapa bulan ke depan.  

  1. Chemical Peeling

Chemical peeling merupakan cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Chemical peeling itu sendiri merupakan prosedur perawatan kulit dengan cara mengoleskan cairan asam glikolat atau asam trikloroasetat pada kulit agar kulit yang mengalami flek hitam dapat terkelupas. Sayangnya, cara ini pun tetap dapat menimbulkan efek samping seperti kulit terasa perih, iritasi, kemerahan, hingga pembengkakan. 

  1. Perawatan Laser

Selain menggunakan metode chemical peeling, Sobat Pintar juga dapat menggunakan metode perawatan laser. Metode yang satu ini akan dilakukan dengan cara memberikan sinar laser pada kulit yang mengalami flek hitam. Setelah itu, laser akan bekerja dengan cara mengurangi lapisan  kulit yang mengalami flek hitam. Cara yang satu ini dianggap sebagai cara yang cepat dalam menghilangkan flek hitam yang ada di wajah. 

  1. Mengoleskan Lidah Buaya

Tidak hanya melalui prosedur medis, ternyata Sobat Pintar juga dapat menghilangkan flek hitam dengan menggunakan  lidah buaya. Di dalam lidah buaya terdapat kandungan asam salisilat dan juga senyawa aloin yang dapat menghilangkan bintik hitam. Cara menggunakan nya pun cukup mudah yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya langsung ke permukaan kulit yang bermasalah. 

  1. Mengoleskan Madu

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang selanjutnya yaitu dengan mengoleskan madu. Manfaat madu yang satu ini sejatinya hadir berkat kandungan antioksidan di dalam madu yang dapat mencerahkan kulit. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan madu pada permukaan kulit yang bermasalah. Setelah itu diamkan selama 5 hingga 10 menit lalu bilas menggunakan air hangat. Sobat Pintar juga dapat membuat scrub dengan cara mencampurkan gula dan garam lalu mengoleskannya ke permukaan kulit. 

  1. Mengoleskan Yogurt

Yogurt tidak hanya dapat dikonsumsi, namun ternyata juga dapat menghilangkan flek hitam yang mengganggu penampilan. Manfaat ini datang dari kandungan asam laktat di yang diklaim mampu melawan flek hitam. Perlu Sobat Pintar perhatikan, saat akan menggunakan yogurt untuk menghilangkan flek hitam, sebaiknya pilih varian yogurt tanpa rasa. Oleskan yogurt plain ini pada permukaan kulit yang bermasalah, lalu diamkan beberapa menit lalu bilas setelahnya.  

  1. Menggosokkan  Kantong Teh Hijau

Apakah Sobat Pintar langsung membuat kantong teh hijau setelah menyeduhnya? Ternyata kantong teh hijau ini memiliki kandungan epigallocatechin-3-gallate yang dapat menghambat terjadinya proses hiperpigmentasi yang menyebabkan flek hitam muncul. Cara menggunakannya yaitu dengan menggosokkannya kantong teh yang telah diseduh pada area kulit bermasalah. Untuk hasil yang maksimal, Sobat Pintar perlu melakukan perawatan ini sebanyak 2 kali sehari. 

  1. Masker Kunyit

Cara menghilangkan flek hitam yang terakhir yaitu dengan menggunakan masker kunyit. Caranya pun terbilang mudah, yakni dengan hanya melarutkan 1 sendok makan madu dan ½ sendok makan kunyit. Setelah itu aduklah hingga merata sampai membentuk tekstur pasta yang kental. Kemudian  oleskan pasta tersebut dengan merata di seluruh wajah, lalu tunggulah selama 15 hingga 20 menit sampai masker mengering. Langkah terakhir yaitu membilasnya menggunakan air dingin. Demikianlah penjelasan mengenai bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa Sobat Pintar lakukan. Apakah Sobat Pintar merasakan kesulitan untuk melakukan perawatan wajah tersebut karena faktor ekonomi? Sobat Pintar tidak perlu pusing, pasalnya Kredit Pintar hadir untuk mengatasi masalah tersebut. Kredit Pintar dalam hal ini siap membantu Sobat Pintar dengan memberikan pinjaman uang online dengan cepat, tanpa perlu jaminan sama sekali. Efektif dan efisien, bukan?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload