Panduan Cara Menghapus Akun Zoom secara Aman dan Cepat

12 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 12 Nov 2021

Zoom adalah salah satu aplikasi yang begitu populer sejak pandemi menyerang. Aplikasi ini digunakan untuk memfasilitasi pertemuan online baik untuk kebutuhan sekolah maupun bekerja. Namun sistem keamanan Zoom ternyata dianggap tidak begitu baik sehingga banyak orang mencari cara menghapus akun Zoom secara aman dan cepat seperti di bawah ini:

Alasan Menghapus Akun Zoom

Sebelum membahas bagaimana cara menghapus akun, cari tahu dulu apa saja alasan seseorang memilih untuk menghapus akun tersebut. Tentu penghapusan akun ini dilakukan bukan tanpa alasan. Berikut adalah beberapa alasan menghapus akun Zoom:

1. Terjadi Zoombombing

Istilah Zoombombing ini artinya kondisi ketika pengguna menemukan adanya kecacatan pada sistem keamanan atau privasi dari aplikasi tersebut. Zoombombing dapat dipakai untuk menggambarkan adanya tindak penyusupan atau peretasan di akun pengguna aplikasi. Tentunya Zoombombing ini akan sangat mengganggu kenyamanan pengguna Zoom.

Kejadian semacam ini bahkan berkembang lebih parah karena beberapa korbannya menyebutkan bahwa pelanggaran privasi yang dilakukan mengarah ke ranah pornografi. Tentunya pengguna tidak akan bisa memberi toleransi jika hal seperti ini terjadi. Akibatnya, pengguna mengambil jalan aman untuk menghapus akun Zoom tersebut.

2. Penjualan Data

Ada fakta yang cukup mengejutkan mengenai Zoom. Pada awal tahun 2020 disebutkan bahwa Zoom telah melakukan penjualan data penggunanya dalam sebuah dark web. Tentunya hal ini juga membuat para pengguna merasa takut dan enggan lagi memakai Zoom. Bahkan disebutkan kurang lebih ada 500.000 data pengguna yang sudah dijual oleh Zoom dan data tersebut meliputi nama, email, juga password.

3. Risiko Peretasan Perangkat

Banyak pengguna memilih untuk menghapus akun Zoom karena disebutkan bahwa ada risiko peretasan perangkat setelah pemakaian aplikasi ini. Ada banyak pengguna yang telah mengatakan bahwa perangkat yang digunakan untuk mengakses Zoom ternyata diretas oleh orang lain. Perangkat tersebut bisa bergerak sendiri dan parahnya lagi adalah mengakses media sosial sendiri tanpa kendali dari pihak pengguna.

Tentunya tindak peretasan ini akan mengancam keamanan juga kenyamanan pengguna. Perangkat bisa saja bergerak sendiri dan melakukan hal-hal yang membawa kerugian. Itulah mengapa tak sedikit yang kemudian memutuskan untuk menghapus akun Zoom dan beralih ke aplikasi lain.

4. Tidak Digunakan Lagi

Sebagian orang juga memutuskan untuk hapus akun Zoom yang dimiliki karena memang sudah tidak digunakan lagi. Bagi orang-orang yang mungkin sudah beralih dengan aplikasi lain atau mungkin tak lagi membutuhkan aplikasi meeting online, maka Zoom ini sebaiknya segera dihapus. Penghapusan Zoom dinilai sebagai keputusan tepat agar memberikan ruang memori lebih besar di perangkat yang digunakan.

Pilihan Cara Menghapus Akun Zoom

Jika memang sudah menemukan alasan yang tepat untuk tidak lagi menggunakan Zoom, maka segeralah menghapus akun ini. Jangan hanya menghapus aplikasinya saja namun hapus juga akunnya secara aman. Langkah ini dilakukan demi menjaga keamanan privasi pengguna sehingga data akun tidak disalahgunakan untuk kepentingan orang yang tidak bertanggung jawab.

1. Menghapus Akun Zoom via HP

Mari bahas dulu bagaimana cara menghapus akun Zoom yang ada di HP, baik itu perangkat Android maupun iOS. Perlu diketahui bahwa Zoom merupakan jenis aplikasi multiplatform. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan Zoom karena bisa diakses dari berbagai jenis perangkat. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan saat ingin hapus akun Zoom yang ada di HP:

  • Langsung masuk ke aplikasi Zoom.
  • Buka browser yang ada di HP kemudian masuk ke situs resmi dari Zoom yaitu https://zoom.us/.
  • Masuk kembali ke akun Zoom dan klik ikon menu yang berupa garis tiga di bagian kanan atas lalu klik opsi Sign In.
  • Masukkan data email serta password yang digunakan untuk masuk ke akun Zoom kemudian tekan Sign In.
  • Masuk ke menu Account Management.
  • Pilih menu Dropdown yang ada di bagian atas kemudian klik opsi Admin lalu klik Account Management dan pilih Account Profile.
  • Begitu masuk ke halaman Account Profile, silahkan pilih menu Terminate My Account yang posisinya ada di bagian bawah.
  • Akan muncul menu pop up yang berisikan pesan konfirmasi apakah pengguna sudah yakin untuk menghapus akun Zoom atau tidak.

Jika sudah berhasil menghapus akun Zoom ini maka selanjutnya langsung saja hapus juga aplikasi Zoom dari perangkat HP. Caranya sama saja seperti proses uninstall aplikasi lainnya. Namun, pastikan juga untuk masuk ke Menu Storage di smartphone dan pilih opsi Clear Cache dan Data yang tersimpan di aplikasi Zoom. Hal ini dilakukan agar semua data yang tersisa benar-benar terhapus bersih.

2. Menghapus Akun Zoom di Laptop

Selain digunakan di HP, Zoom juga biasa diakses melalui laptop. Proses menghapus akun Zoom lewat laptop ini juga sama mudahnya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Masuk ke browser yang digunakan oleh perangkat laptop atau PC dan kunjungi situs resmi Zoom.
  • Lakukan login dengan menggunakan akun yang dimiliki.
  • Setelah berhasil masuk ke akun Zoom, langsung saja klik opsi Account Management dan pilih Account Profile.
  • Langsung klik menu Terminate My Account dan klik opsi Yes apabila muncul pilihan konfirmasi untuk menghapus akun.
  • Setelah akun dihapus, langsung lakukan uninstall aplikasi Zoom di laptop dengan masuk ke aplikasi Control Panel lalu klik Uninstall or Change a Program.
  • Cari nama aplikasi Zoom lalu klik opsi Uninstall yang ada di bagian atasnya.

Pilihan cara kedua ini memang sama mudahnya dengan cara pertama yang dibahas sebelumnya. Cara ini akan membantu pengguna untuk menghapus akun dan aplikasi Zoom dari perangkat komputer secara aman. Setelah proses penghapusan akun dan aplikasi selesai maka pengguna tak perlu takut lagi datanya disalahgunakan.

3. Menghapus Akun Zoom di Perangkat Mac

Bagi para pengguna perangkat Mac, cara hapus akun Zoom ini sedikit berbeda dari yang sebelumnya dibahas. Tapi tenang saja karena sebenarnya proses penghapusannya juga tetap sama mudah. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Pastikan sudah log out dari akun Zoom.
  • Masuk ke aplikasi Zoom yang ada di perangkat Mac kemudian pilih opsi zoom.us yang ada di menu.
  • Langsung klik menu Uninstall Zoom dan klik OK.

Hanya dengan tiga langkah ini akun dan aplikasi Zoom sudah terhapus. Semua data dan dokumen yang ada di dalam aplikasi secara otomatis juga akan ikut terhapus. Langkah ini memang jauh lebih mudah dan praktis tapi hanya bisa berlaku untuk perangkat Mac.

Itulah tadi cara menghapus akun Zoom dari beberapa jenis perangkat. Proses penghapusan akun Zoom ini bisa berjalan dengan cepat dan mudah. Setelah menghapus akun maka pengguna bisa mencoba mencari aplikasi pengganti lain yang sesuai. Pastikan untuk terus menjaga keamanan data dan privasi selama menggunakan aplikasi-aplikasi yang sejenis.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download