Cara Menggunakan Soda Api Untuk WC Mampet

06 May 2022 by Laruan, Last edit: 09 May 2022

Water closet (WC) atau yang juga dikenal dengan istilah toilet/kakus/jamban merupakan tempat khusus yang digunakan untuk melakukan pembuangan, baik buang air kecil (BAK) maupun buang air besar (BAB). Oleh karena fungsinya yang vital, keberadaan WC sangat diperlukan, tidak hanya di rumah, tetapi juga di tempat-tempat umum, seperti sekolah, kantor, pasar, pom bensin, dan lain-lain.

Namun, fungsi WC kadang-kadang mengalami gangguan, terutama jika digunakan secara serampangan. Salah satu gangguan yang kerap terjadi ialah tersumbatnya saluran WC. Situasi ini tentu sangat menyulitkan, terutama jika kamu tiba-tiba memiliki ‘hajat’, tetapi WC di rumahmu tidak dapat digunakan. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi WC mampet yakni dengan menggunakan soda api. Natrium hidroksida atau yang lebih umum dikenal sebagai soda api merupakan suatu senyawa berbentuk padatan putih yang memiliki rumus kimia NaOH. Selain digunakan mengatasi masalah kloset mampet, soda api juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain, seperti menghilangkan karat besi, bahan pembersih dinding kamar mandi, dapat digunakan untuk mengelupas cat, menghilangkan perak pada panci serta wajan, dan lain sebagainya.

Artikel ini akan membahas seputar cara menggunakan soda api untuk mengatasi WC mampet. Sebagai catatan, kasus WC mampet yang bisa diatasi dengan soda api adalah penyumbatan yang disebabkan oleh kotoran dan barang-barang organik, seperti tisu dan kertas. Oleh karena itu, soda api tidak dapat digunakan untuk kasus penyumbatan yang disebabkan oleh barang asing yang sifatnya nonorganik ya, guys! Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Yuk Belajar Dasar Kunci Gitar Untuk Pemula

Sekilas tentang Soda Api, Manfaat dan Bahayanya

Sebagaimana telah dijelaskan dalam uraian di atas, soda api merupakan sejenis senyawa dengan nama kimia natrium hidroksida (NaOH). Senyawa ini terbentuk dari natrium yang berupa ion positif dan hidroksida dalam bentuk ion negatif.

Soda api merupakan senyawa alkali yang bersifat korosif. Dalam penggunaannya, senyawa ini kerap dicampurkan dengan air atau asam klorida. Soda api banyak digunakan dalam industri tekstil, kertas, serta menjadi campuran bahan deterjen, sabun, dan pembersih saluran. 

Meskipun memiliki segudang manfaat, soda api juga memiliki serangkaian bahaya bagi tubuh dan lingkungan, lho! Berikut kami rangkum manfaat dan bahaya soda api (natrium hidroksida)

  1. Manfaat Soda Api

Salah satu kegunaan soda api yang paling umum yakni dapat digunakan sebagai bahan pembersih. Beberapa produk sabun dan detergen yang dijual di pasaran memiliki kandungan senyawa ini. Kamu juga dapat meracik sendiri pembersih dari bahan soda api, lho. Caranya dengan mencampurkan natrium hidroksida dengan air.

Racikan pembersih tersebut misalnya dapat kamu gunakan untuk membersihkan dinding kamar mandi. Soda api memiliki kemampuan untuk menghancurkan kotoran yang membandel sehingga pembersih dari bahan satu ini dapat membantu mengangkat kerak atau kotoran yang menempel pada dinding dan sudut-sudut kamar mandi.

Selain itu, soda api juga dikenal sebagai bahan yang ampuh untuk menghilangkan kerak hitam yang memenuhi permukaan bawah panci dan wajan. Saat memasak dengan durasi yang lama, apalagi jika menggunakan kayu bakar, bagian bawah wajan dan panci sangat rentan berkerak. Kerak berwarna hitam ini memang relatif susah dihilangkan. Tetapi jangan khawatir, dengan bantuan soda api, kerak membandel akan dengan mudah terurai dan panci-pancimu akan kembali berpenampilan “baru”.

Penggunaan soda api lainnya yang paling umum yakni untuk mengatasi penyumbatan saluran kloset sebagaimana yang akan dijelaskan secara lengkap dalam sub-bahasan berikutnya.

  1. Bahaya Soda Api

Beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan dari penggunaan soda api, antara lain sebagai berikut. Pertama, oleh karena sifatnya yang korosif, senyawa ini berisiko menimbulkan sensasi terbakar ketika terkena kulit. Oleh karena itu, sebelum menggunakan soda api, pastikan kamu selalu menggunakan sarung tangan. Soda api juga akan sangat berbahaya jika mengenai area mata. Selain menimbulkan rasa panas, kontak secara langsung dengan soda api juga dapat merusak kulit dan menyebabkan terjadinya pembengkakan.

Selain bersifat korosif, senyawa dengan nama natrium hidroksida ini juga memiliki sifat destruktif yang mana dapat merusak benda-benda yang dikenainya sehingga ketika hendak menggunakan bahan ini untuk membersihkan saluran yang tersumbat, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu keadaan pipa pembuanganmu.

Adapun dampak soda api bagi lingkungan sekitar ialah senyawa ini dapat menghambat proses penguraian bakteri pada limbah sehingga limbah menjadi lebih sukar terurai. Oleh sebab itu, disarankan untuk tidak melakukan pencucian baju menggunakan detergen di sungai karena kandungan natrium hidroksida pada detergen dapat mencemari arus sungai dan membuat bakteri koloni mati

Baja juga: Cara Mengatur Margin di Word dan Google Docs

Cara Menggunakan Soda Api Untuk Mengatasi Water Closet (WC) Mampet

Setelah mengetahui informasi seputar soda api, manfaat, dan bahayanya, berikutnya akan diuraikan penjelasan terkait cara menggunakan soda api untuk membersihkan water closet (WC) dengan baik dan benar. Simak panduan berikut.

  1. Sebelum menangani masalah wc tersumbat dengan menggunakan soda api, pastikan kamu melakukan upaya perlindungan diri terlebih dahulu. Jangan lupa mengenakan sarung tangan berbahan dasar karet atau bahan lainnya yang tidak memungkinkan cairan menyerap. Kenakan juga masker dan kacamata bila perlu untuk menghindari area mata dari percikan soda api.
  2. Sebelum memutuskan untuk mengatasi masalah kloset tersumbat dengan soda api, cek terlebih dahulu keadaan pipa pembuanganmu. Jika pipa pembuanganmu sudah berumur tua dan hampir rusak, disarankan agar tidak melanjutkan cara ini karena memasukkan soda api ke dalam pipa justru akan memperparah kondisi pipa pembuangan.
  3. Tunggu air yang tergenang dalam mangkuk WC surut sampai batas normal. Setelah itu, masukkan soda api dengan takaran kurang lebih setengah cangkir ke dalam lubang kloset secara hati-hati. Kamu bisa menggunakan sendok atau alat perantara lainnya untuk memasukkan soda api ke dalam lubang kloset. Pastikan agar tidak terkena kulitmu secara langsung, ya!
  4. Apabila setengah cangkir soda api telah masuk secara menyeluruh ke dalam lubang kloset, diamkan senyawa tersebut bereaksi selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Kamu tidak perlu menyiram dengan air karena air pada lubang kloset telah cukup untuk melarutkan soda api.
  5. Setelah 15 menit, siram kloset dengan air secukupnya dan amati apakah penyumbatan sudah berhasil teratasi atau masih nihil. Jika tidak terjadi perubahan, ulangi cara di atas sebanyak 2 sampai 3 kali.
  6. Pastikan untuk tidak menambahkan soda api secara berlebihan.
  7. Jika soda api mengenai kulit, segera bersihkan dengan menggunakan air mengalir.

Demikian panduan cara menggunakan soda api untuk membersihkan kloset yang tersumbat. Semoga informasinya bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam pemakaiannya, ya!

Baca juga: Mudah dan praktis, Begini Cara Buat Kop Surat di Word

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download